Iklan Gratis Bisa Meningkatkan Penjualan, Kenapa Tidak Coba? – Periklanan dapat menempatkan bisnis di depan audiens targetnya, serta juga dapat mempengaruhi mereka untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan. Selain sebagai alat pemasaran, fungsi lain dari iklan sendiri bisa juga digunakan untuk membangun brand atau citra perusahaan. Sebuah iklan yang dikemas dengan gambar dan kata-kata menarik serta didistribusikan melalui media yang tepat, pastinya akan terus diingat sebagai salah satu bentuk keunggulan suatu brand.
Meski sebagian besar platform membebankan biaya kepada pengusaha untuk menjangkau audiens mereka. Namun, Anda dapat memperoleh iklan gratis untuk bisnis. Taktik seperti kampanye dari mulut ke mulut, daftar direktori online, dan bulletin e-mail memungkinkan untuk menjangkau calon pelanggan tanpa mengeluarkan uang.
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai iklan gratis yang bisa meningkatkan penjualan.
Table of Contents
Pengertian Iklan Gratis dan Berbayar
Iklan gratis merupakan iklan yang tidak membutuhkan biaya apa pun dalam pelaksanaannya. Jenis iklan satu ini sangat cocok untuk bisnis baru yang memiliki modal terbatas. Sehingga tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk melakukan promosi. Meskipun gratis, jika Anda melakukannya dengan tepat, iklan gratis tersebut menjadi sangat efektif.
Bagi perusahaan berkembang dengan anggaran promosi yang cukup, tidak ada salahnya menggunakan iklan berbayar. Tingkat efektifitasnya tentu saja akan lebih tinggi daripada iklan gratis. Karena dapat memapar audiens atau calon konsumen yang lebih luas atau tersegmentasi. Contoh dari iklan berbayar adalah iklan yang ditayangkan di TV, radio, surat kabar, dan reklame.
Bagaimana Cara Mengukur Efektifitas sebuah Iklan?
Salah satu kiat yang harus diterapkan dalam mengiklankan produk adalah mengukur efektifitas iklan. Lalu, bagaimana kita bisa menilai efektifitas iklan yang telah dibuat?
Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengetahui tingkat efektifitas iklan :
- Mengajukan pertanyaan pada para konsumen mengenai beberapa hal. Seperti dari mana ia bisa mengetahui produk menanyakan bagian mana yang menarik dari iklan Anda, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih setiap kali berkomunikasi dengan para konsumen.
- Jangan lupa untuk mencatat atau mengumpulkan data mengenai komentar konsumen tentang iklan Anda.
- Buatlah kesimpulan dari data-data yang telah Anda kumpulkan. Dari data-data tersebut Anda akan mengetahui tingkat efektifitas iklan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.
Cara Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Pemasaran Bisnis
Usaha kecil hingga menengah dan jenis bisnis lain biasanya beroperasi dengan anggaran pemasaran terbatas sehingga tidak memiliki porsi untuk menyewa iklan yang mahal. Banyak pemasar UMKM mungkin menjadi frustrasi dengan pilihan iklan berbayar.
Karena anggaran mereka seringkali dapat membatasi jumlah calon konsumen yang dapat mereka jangkau dengan iklan berbayar. Jadi, apakah ada opsi iklan bisnis gratis?
Ada banyak pilihan iklan bisnis gratis secara online yang memungkinkan bisnis untuk bisa lebih berkembang tanpa harus mengkhawatirkan masalah anggaran. Cara gratis ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas, mendorong penjualan, dan meningkatkan konversi. Dengan memasukkan 10 tips ini ke dalam strategi pemasaran digital, Anda dapat mengurangi biaya dan menghemat lebih banyak anggaran.
Pasang Selebaran (Flyer) atau Poster di Papan Buletin Komunitas
Apakah Anda memiliki pusat komunitas di daerah terdekat?
Jika demikian, manfaatkan papan buletin yang tersedia. Tempel poster dan selebaran menarik yang meningkatkan eksistensi bisnis Anda. Biasanya, komunitas di kampus-kampus sering terbilang aktif untuk mengadakan berbagai acara dan hal ini bisa menjadi sasaran empuk bagi pengiklanan gratis.
Anda memiliki kesempatan untuk menarik perhatian mereka. Untuk melakukan ini, sampaikan pesan yang sangat relevan dari bisnis dengan jenis komunitas yang ditargetkan.
Dukung Komunitas Lokal, Cara Efektif Iklan Gratis
Ketika mencoba membuat dampak positif di komunitas, iklan gratis adalah hasil yang terkesan alami. Aktif mendukung acara yang dibuat suatu komunitas lokal akan membantu mengangkat nama bisnis Anda di area komunitas tersebut. Dan mungkin saja Anda bisa menghasilkan penjualan langsung dari acara yang dibuat komunitas tersebut.
Ketika orang-orang memiliki persepsi positif tentang bisnis Anda, mereka akan merekomendasikan tempat bisnis Anda kepada orang lain-lain dibilang, teknik word-of-mouth teraplikasikan di sini. Anda bisa mensponsori acara sekolah atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kampus-kampus tertentu. Menjadi relawan bagi komunitas-komunitas tersebut menjadi alasan penting untuk meningkatkan nilai bisnis sekaligus pemasaran atau pengiklanan gratis.
Kirim Press Release ke Koran Lokal
Apakah bisnis Anda memiliki informasi menarik dan layak diberitakan?
Jika demikian, jangan lewarkan kesempatan untuk menyebarkan informasi tersebut ke khalayak luas! Kirim press release bisnis Anda ke koran-koran lokal. Biasanya, koran-koran akan menawarkan space iklan secara gratis. Jadikan bisnis Anda terkenal di depan mata lebih banyak orang di luar area yang bisa Anda jangkau.
Mulai Blogging secara Teratur, Pasang Iklan Gratis di Tulisan Anda!
Blogging terkait informasi produk bisnis Anda dapat menarik orang yang sebelumnya tidak mengenal bisnis Anda.
Jika Anda tidak memiliki anggaran cukup untuk menyewa jasa pengatur Search Engine Optimization (SEO), Anda bisa mulai blogging sendiri secara konsisten dan teratur. Dengan hal ini diharapkan banyak orang akan mengenal bisnis Anda dan mendapat manfaat dari konten yang Anda buat di Blog.
Ketika mereka mendapatkan manfaat dan inspirasi dari konten yang Anda buat, mereka akan memberikan rasa hormat dan kepercayaan pada bisnis Anda. Akhirnya, jenis iklan gratis ini akan terbayar penuh ketika mereka menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.
Bergabunglah dan Tetap Aktif dalam Grup atau Forum Online
Gunakan forum dan grup media sosial tertentu untuk keuntungan pemasaran bisnis Anda.
Anda tidak perlu menjual atau terus-menerus berbicara tentang bisnis secara agresif. Cukup dengan ikut dalam percakapan yang relevan dengan kegiatan bisnis Anda dapat mendatangkan calon pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Salah satunya, LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menerapkan strategi ini.
Daftarkan Bisnis di Beberapa Direktori Online untuk Memasang Iklan Gratis
Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Direktori online populer seperti Google My Business, Yelp, Bing, Yellowpages, dan Angie’s List.
Namun, ada juga banyak direktori lokal lainnya yang bisa Anda coba daftarkan. Ini akan mempertajam tingkat kompetisi bisnis dan memudahkan kiat pengiklanan bisnis Anda. Dan untuk menghasilkan hasil terbaik, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda pada campuran kedua jenis direktori tersebut.
Tulis dan Bagikan Pengalaman Bisnis, Gratis Tanpa Iklan
Sebenarnya, tips ini masih terkait dengan poin nomor empat.
Pertanyaannya, apa yang telah Anda pelajari dari data internal bisnis Anda dalam kuartal atau tahun-tahun terakhir? Sudahkah Anda memperoleh wawasan berharga mengenai penjualan, pemasaran, keuangan, atau sumber daya manusia?
Jika begitu, bagikan pengalaman terkait hal-hal tersebut dengan maksud untuk membantu orang lain. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca Blog Anda dan tentunya mendatangkan calon pelanggan baru.
Menulis Konten Guest Blog di Blog Populer Lain
Menulis blog tamu atau guest blog di blog populer lainnya dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan baru secara online dan gratis.
Tidak peduli apa jenis bisnis Anda atau apa jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, ada banyak peluang bagi bisnis Anda ketika mem-posting konten blog tamu di blog yang relevan dengan jenis bisnis Anda dan cukup populer. Salah satu manfaat paling signifikan dari menulis guest blog adalah Anda dapat menjangkau pelanggan baru.
Jika Anda mem-posting konten di blog terkenal yang memiliki pembaca setia dan berjumlah banyak, Anda bisa memperoleh kelompok konsumen baru yang akan mencari tahu produk atau layanan bisnis Anda.
Bekerja Sama dengan Influencer
Membangun hubungan dengan influencer di area bisnis Anda dapat membuka pintu bagi kiat pemasaran gratis. Bisnis Anda dapat ditampilkan di media sosial mereka, diundang ke postingan tamu di blog mereka, dan sebagainya.
Masih ada influencer yang bisa Anda ajak kerja sama dengan biaya nol rupiah atau hanya dengan memberikan merchandise dari produk bisnis Anda kepada mereka. Dan tentunya peluang seperti itu akan meningkatkan popularitas bisnis Anda.
Mengadakan Giveaway atau Kontes Media Sosial
Hadiah giveaway atau konteks yang Anda buat di media sosial seperti Instagram atau Twitter akan menghasilkan kegembiraan bagi pelanggan bisnis. Anda bahkan bisa meminta followers Anda untuk menandai atau memberikan tag ke orang lain sebagai bentuk konteks yang Anda buat.
Mereka yang ikut kontes secara otomatis akan mengaplikasikan word-of-mouth dengan membagikan Tag media sosial bisnis Anda ke keluarga atau sahabat-sahabat mereka. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan promosi bisnis gratis.
Itu dia sepuluh tips cara memanfaatkan iklan gratis yang bisa digunakan. Anda berhasil menghemat anggaran dengan memanfaatkan iklan gratis, sisa anggaran bisa Anda gunakan untuk menyewa software akuntansi bagi keperluan pengelolaan keuangan bisnis. Anda bisa mencoba salah satu software akuntansi yang memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau yaitu IPOS.
Dengan IPOS, Anda bisa mencatat segala transaksi bisnis di mana pun dan kapan pun secara mobile melalui IPOS. Demi membantu meningkatkan penjualan, pemilihan jenis iklan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, apakah iklan gratis atau iklan berbayar. Pemilihan iklan akan sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk menentukan media periklanan yang paling sesuai dengan kemampuan perusahaan.
Coba gratis IPOS di sini agar bisnis Anda berkembang di masa depan.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau