DAFTAR PEMBAYARAN
Daftar Pembayaran pada menu Konsinyasi masuk berfungsi untuk mencatat pembayaran hutang konsinyasi kepada supplier, hutang konsinyasi akan keluar setelah melakukan tagihan.
Daftar pembayaran juga digunakan untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi pembayaran hutang.
Berikut adalah cara untuk melihat data pembayaran :
1. Klik menu pembelian,
2. Klik daftar pembayaran,
3. Akan tampil daftar pembayaran, untuk informasi detail tentang cara penggunaan dan fungsi dari daftar transaksi klik disini.
Menambah data pembayaran :
1. Klik tombol tambah pada daftar pembayaran,
2. Mulai masukkan Nama Supplier, data Hutang akan tampil apabila terdapat tagihan,
3. Pilih Kode Akun yang dipakai untuk pembayaran, Nilai Akun akan berkurang setelah pembayaran,
4. Pilih Tanggal Pembayaran,
5. Pilih Cara Bayar : Tunai, Cek/BG atau Deposit,
-
- Tunai=Cash (Baik Uang cash atau Transfer bank)
- Cek/BG = Pembayaran melalui Cek atau BG, Jika memilih opsi ini maka anda harus melakukan satu tahap lagi untuk pelunasan pada menu Status Lunas Cek/BG.
- Deposit = Pembayaran Dilakukan melalui deposit yang disimpan pada pelanggan.
6. Masukkan Potongan Jika ada, Masukkan Jumlah,
7. Setelah semua diisi klik tombol “Simpan”.
Mengubah data pembayaran hutang konsinyasi :
- Pilih salah satu data pembayaran dari daftar pembayaran,
- Klik tombol edit,
- Lakukan perubahan data,
- Klik tombol “Simpan”.
Menghapus data pembayaran hutang :
- Pilih salah satu data pembayaran dari daftar pembayaran hutang,
- Klik Tombol “Hapus”.
Mencetak bukti pembayaran hutang :
1. Setelah menyimpan data, klik tombol cetak, maka ada pilihan cetak.
2. Pilih jenis laporan,
3. Klik tombol “Print”.
Berikut adalah contoh laporan bukti pembayaran hutang :