Hallo… banyak orang yang bingung untuk mendapatkan Program ipos 4 yang tepat. Perlu anda tahu bahwa pertumbuhan bisinis itu dilihat dari sistem keuangannya. Jika sistem keuangannya baik, maka akan memberi dampak pada pertumbuhan bisnis yang sedang anda jalankan.
Artinya sistem keuangan bisnis anda harus di bangun secara prefesional, dan itulah kenapa aplikasi ini dibuat. Ini adalah aplikasi POS yang bertujuan untuk membantu anda para pembisnis agar lebih detail dalam melihat pertumbuhan bisnis anda.
Ada banyak fitur yang bisa anda gunakan sesuai dengan paket ipos yang ingin anda miliki. Fitur -fitur ini lah yang akan membantu anda untuk memudahkan anda bertransaksi pada Program ipos 4.
Table of Contents
MASTER DATA
Fitur :
Menu Utama
Daftar Item. Sistem HPP data item dengan metode FIFO, AVG atau LIFO
Item baru. Pilihan Tipe Item :Barang , Rakitan , Non Inventory , Jasa atau Biaya cost . Item biaya hanya ada di Edisi Ultimate . Biaya yang dimaksud adalah seperti biaya tenaga kerja / overhead dLL
Kartu stok
Barcode
Datasheet
Diskon Periode
Periode Promosi
Daftar Supplier – Daftar Pelanggan . Dapat dipilih apakah menggunakan Pajak atau tidak
Daftar Sales
Grup Pelanggan – Point Pelanggan – Wilayah
Bea kirim expedisi
Satuan barang – Jenis – Bank -Dept/Gudang- Merek
PENJUALAN
Fitur :
Pesanan Penjualan
Daftar Penjualan
Penjualan Kasir
History Harga jual
Tukar tambah : untuk Menukar item yang dibeli oleh pelanggan dan diganti dengan barang yang sama atau berbeda, selain itu juga untuk menampilkan data tukar tambah, mengubah atau menghapus transaksi tukar tambah. Tukar Tambah otomatis akan mengembalikan stok untuk barang yg ditukar dan mengurangi stok barang pengganti.
Daftar Pembayaran Piutang
Status lunas/cek/BG
Retur Penjualan
Point Penjualan
Dft Pembayaran Sales
Status Lunas BG/Cek Sales
Data Pengiriman expedisi: untuk menampilkan data pengiriman/expedisi ke pelanggan dan juga untuk mengedit/menginput status, tgl kirim dan noresi pengiriman/expedisi.
adalah sebuah proses “sederhana” untuk membentuk sebuah item/barang baru dari beberapa sumber atau sub item/barang lain.
Fitur :
Pesanan Perakitan : berfungsi untuk mencatat aktivitas pemesanan perakitan dari pelanggan, pesanan tidak akan menambah stok atau mengurangi stok bahan rakitan.
Daftar pesanan perakitan juga digunakan untuk menampilkan data pesanan perakitan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi pesanan perakitan.
PERAKITAN (Lanjutan-1)
Daftar Proses Perakitan :mencatat item rakitan yang diproses, pada tahap ini bahan-bahan dari item rakitan akan bekurang, tetapi belum menambah stok pada item rakitan.
Pada IPOS, daftar proses perakitan juga digunakan untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi proses perakitan.
Daftar Proses Jadi : mencatat item rakitan yang telah selesai dalam proses perakitan, Pada tahap Proses Jadi ini stok item rakitan akan bertambah.
PERAKITAN (Lanjutan-2)
Daftar proses jadi digunakan untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi proses jadi.
Pada IPOS 5 Edisi Profesional tidak terdapat komposisi biaya pada item Rakitan (Hanya ada pada edisi Ultimate).
Proses ini tidak untuk pemakaian sistem manufaktur besar. Untuk manufaktur besar sebaiknya anda membuat program khusus.
Deposit pelanggan – supplier – Deposit Saldo . Fungsi Deposit : mencatat dana deposit atau titipan para pelanggan, dana ini nantinya dapat sebagai jaminan atau dapat juga untuk membayar saat terjadi transaksi penjualan/Pembelian.
Buyer Persona sebagai Kunci Memahami Target Audiens – Dalam dunia yang kompetitif, memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan adalah kunci untuk menciptakan produk atau layanan yang relevan. Salahs atu cara paling efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan membuat buyer persona. Apa itu buyer persona? Bagaimana cara membuatnya, dan mengapa ini penting untuk bisnis Anda? Artikel …
Cara Mengelola Utang Perusahaan dengan Bijak dan Lebih Efektif! – Utang merupakan suatu hal yang cukup penting bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan operasi usaha atau untuk modal investasi perusahaan tersebut. Sehingga pada dasarnya memiliki utang tidak selalu dapat diartikan suatu perusahaan mengalami kesulitan, hanya saja perusahaan tersebut membutuhkan dana yang besar untuk memenuhi kebutuhannya. Hal …
Panduan Memilih Cash Drawer yang Tepat untuk Toko Anda – Dalam operasional sebuah bisnis, terutama di sektor ritel atau layanan, cash drawer merupakan salah satu perangkat kasir yang sangat penting. Cash drawer berfungsi sebagai laci penyimpanan uang yang terintegrasi dengan mesin kasir atau sistem POS (Point of Sale). Selain menyimpan uang tunai, cash drawer membantu …
Berapa Modal Usaha Toko Kelontong? – Membuka usaha toko kelontong adalah salah satu pilihan bisnis yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Toko kelontong menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, sehingga selalu memiliki permintaan tinggi di lingkungan sekitar. Namun, sebelum memulai usaha ini, penting untuk memahami berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai toko kelontong. …
Lembaga Keuangan Internasional dengan 8 Manfaatnya! – Pada era ketidakpastian ekonomi yang melampaui batas-batas nasional, kehadiran lembaga keuangan internasional menjadi suatu hal yang tak terelakkan dalam menjaga menjaga stabilitas ekonomi global. Dalam konteks ini, lembaga-lembaga seperti Internasional Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia telah menjalankan peran sentral dalam memitigasi risiko-risiko finansial, mengembangkan kebijakan-kebijakan ekonomi yang …
Daftar Artikel Program iPOS 4
– Program iPOS 4 –
ERROR 42P01
Q : Bagaimana kalau restore database Ipos 4 muncul seperti ini ?
(sebelumnya memakai ipos 4 dan sudah melakukan backup, lalu menginstall ipos 5 kemudian ingin merestore database ipos 4 yg lama ke ipos 4)
A : Saat restore juga harus memakai database bawaan ipos 4. Jika sebelumnya pernah install ipos 5 maka instal database ipos 4 dulu baru restore. Kalau tidak bisa berarti backup rusak.
Q : Bagaimana cara instal IPOS 4.0.4.10 di PC user via remote. Spesifikasi Win XP SP3. NET Framework 2.0 dan 3.0 sudah ada. IPOS 4 dan database sudah diinstal. Namun tidak bisa login dengan pesan error Gagal Koneksi ke 127.0.0.1 Anti virus AVG sudah dimatikan. Masih Gagal Koneksi 127.0.0.1 apa lagi yang harus dicek?
A : Cek file initdb lognya di folder ipgsql, Coba juga db instal di nonsistem kalau tidak bisa coba di C:
Q : Logo tidak muncul saat print ?
A : Coba 1 gambar dahulu, pastikan ukuran gambar kecil juga, tdk lebih dari 50×50 pixel, edit dari photoshop set ukuran gambar tdk lebih dari 50×50 pixel
A : Data corrupt, coba dari backup sebelumnya, buat db baru kemudian restore ke db baru tersebut, jangan restore ke db yang sama. Ada beberapa bagian dari db yg rusak, memang tidk semua.
A : Umumnya ada masalah pada windows socket. Paling sering karena malware. Kalau sifatnya ringan coba cari file dgn nama “aneh” yg terdaftar di service, Lalu stop. Coba scan cpu pakai av yg berbayar dan sudah di update.
Jika setelah di restart aktif lagi sebaiknya inul win.
Q : Port 5444,5480,5485, semua tertutup setelah update windows ( 10 ), sudah brp kali tpi tetap tdk mau. Setting ulang pun masih sama.
A : Cek di routernya, antara ip public di router dengan ip di cek port tsb sama/tidak.. sering kejadian jika ip di router di private (ip 10) ketika cek port statusnya closed, dan angka ip publicnya berbeda. Solusinya restart routernya sampai dapat ip tanpa awalan 10
A : Umumnya ada masalah pada windows socket. Paling sering karena malware. Kalau sifatnya ringan coba cari file dgn nama “aneh” yg terdaftar di service, Lalu stop. Coba scan cpu pakai av yg berbayar dan sudah di update. Jika setelah di restart aktif lagi sebaiknya inul win.
9. Setelah stok opname disimpan cek kembali pada kartu stok dengan klik proses lagi, jika jumlah stok opname sudah benar seharusnya sudah tidak ada minus, jika masih silakan lakukan lagi stok opname sampai tidak ada saldo minus pada kartu stok
10. Cek lagi kode item lain yang muncul pada log analisa kesalahan sistem, cara perbaikannya sama seperti sebelumnya
11. Jika semua item sudah diperbaiki lakukan analisa kesalahan sistem kembali
12. Lihat log yang muncul, jika masih ada error lakukan kembali proses perbaikan dan lakukan lagi analisa kesalahan sistem
13. Jika log kosong atau tidak ada pesan error, maka proses perbaikan sudah selesai
B. Perubahan satuan item
1. Backup database
2. Lakukan proses analisa kesalahan sistem sampai selesai, menu pengaturan -> analisa kesalahan sistem -> proses analisa -> mulai
3. Simpan log yang muncul
4. Buka menu master data -> kartu stok
5. Isi kode item berdasarkan hasil log misal 10LELE5K4, periode menjadi selama setahun, gudang disesuaikan dengan yang muncul di log lalu klik proses
6. Cek pada kolom masuk dan keluar, jika data kosong berarti ada perubahan satuan item
7. Untuk memperbaikinya buka transaksi lalu ubah satuan item
8. Cek lagi kode item lain yang muncul pada log analisa kesalahan sistem, cara perbaikannya sama seperti sebelumnya
9. Jika semua item sudah diperbaiki lakukan analisa kesalahan sistem kembali
C. Stok yang dijadikan referensi sudah habis atau tidak cukup (khusus pada penjualan back date)
Contoh kasus :
Penjualan item cola pada tanggal 10/12/2018 sebanyak 3 pcs tidak bisa dilakukan sedangkan pada daftar item stok masih cukup
Transaksi tidak bisa disimpan karena stok yang dijadikan referensi sudah habis atau tidak cukup, untuk mengeceknya :
1. Buka menu master data -> kartu stok
2. Isi kode item yang error, periode menjadi selama setahun, gudang disesuaikan dengan yang digunakan lalu klik proses
Pada penjualan item cola pada tanggal 10/12/2018 sebanyak 3 pcs mengambil referensi stok pada transaksi pembelian 0001/BL/UTM/1218. Saat ini sisa stok dari pembelian tersebut sudah habis dijual pada transaksi 0001/JL/UTM/1218, 0002/JL/UTM/1218 dan 0004/JL/UTM/1218. Agar transaksi penjualan bisa disimpan maka harus menambahkan stok sebelum tanggal dan jam penjualan terlebih dahulu, contoh dengan item masuk pada tanggal 09/12/2018
Ada beberapa penyebab neraca tidak balance, yaitu:
1. Minus pada kartu stok
2. Perubahan satuan item
3. Jurnal tidak seimbang
Untuk memperbaikinya coba lakukan proses analisa kesalahan sistem lalu perbaiki log error yang muncul, tutorial perbaikannya bisa dilihat pada bab Stok Tidak Cukup Saat Penjualan. Khusus masalah jurnal tidak seimbang harus di cek transaksinya masing masing, berikut caranya:
1. Buka menu laporan -> data jurnal -> analisa jurnal tidak seimbang -> proses
2. Cek transaksi yang muncul
3. Untuk transaksi kasir coba cek pembayarannya, jika ada 2 jenis pembayaran misal tunai + debit, pastikan tidak ada kembaliannya (nomonal bayar harus pas tanpa ada kembalian)
4. Ada juga juranl tidak semibang yang disebabkan desimal digit, coba naikkan desimal digit pada pengaturan umum lalu cek kembali transaksinya
Transaksi Yang Sudah Lunas Muncul Lagi Pada Pembayaran Hutang Atau Piutang Baru
Saat input pembayaran hutang atau pitang ada transaksi yang seharusnya sudah lunsa muncul lagi dengan sisa 0, hal ini biasanya disebabkan karena ada selisih desimal antara nilai transaksi dengan pembayaran, berikut cara perbaikan yang bisa dilakukan
1. Analisa kesalahan sistem
2. Jika masih bermasalah coba ubah desimal digit pada pengaturan umum lalu cek kembalidengan input pembayaran hutang atau piutang
3. Cara lain yaitu hapus pembayaran lalu input ulang