Jenis-Jenis Toko, Mana yang Cocok untuk Anda? – Melakukan kegiatan wirausaha memang selalu menjanjikan untuk dilakukan. Salah satu asalannya adalah Modal yang cukup terjangkau. Terdapat banyak sekali jenis kegiatan berwirausaha yang dapat dipilih, salah satunya adalah membuka usaha toko. Untuk memulai usaha toko maka Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan.
Sebelum memutuskan untuk terjun langsung membuka toko, Anda perlu mempelajari beberapa hal mendasar terlebih dahulu sebagai pedomannya. Salah satunya adalah dengan mengenal jenis-jenis toko dan kemudian menentukan mana yang cocok untuk Anda.
Table of Contents
Pengertian Toko
Toko merupakan tempat fisik atau online dimana konsumen dapat membeli barang dagangan dari toko tersebut. Toko sering menargetkan kebutuhan pelanggan tertentu dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Biasanya, toko tidak memproduksi barang yang mereka jual. Mereka mendapatkan produk dari produsen atau toko grosir yang kemudian mereka jual kembali.
Jenis-Jenis Toko
Toko memenuhi beragam kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran mereka. Dengan mengetahui jenis-jenis toko dapat membantu Anda menemukan tempat eceran atau grosir yang sesuai dengan minat, nilai, dan toko mana yang cocok untuk Anda.
Jika Anda berencana membangun sebuah toko, berikut jenis-jenis toko yang perlu Anda ketahui.
Retail Satu Lokasi
Retailer satu lokasi biasanya adalah bisnis milik keluarga, penjual barang artisanal, toko barang bekas, atau pasar. Jenis toko ini cenderung berfokus secara lokal dan dapat mengambil manfaat dari hubungan jangka panjang dengan pelanggan tetap.
Pekerjaan ritel satu lokasi mungkin sangat cocok untuk orang yang tertarik membangun hubungan dengan anggota masyarakat, mendukung ekonomi lokal, atau menjadi bagian dari tim kecil karyawan. Salah satunya adalah warung kaki lima.
Toko Cabang
Toko cabang adalah jenis toko dengan beberapa lokasi yang disatukan oleh merek bersama, manajemen keseluruhan, dan kebijakan bisnis terpusat.
Manajemen toko cabang dapat bersifat lokal, nasional atau internasional. Karena basis pelanggan yang mereka incar yang lebih besar, toko rantai dapat membeli barang dalam jumlah yang lebih besar daripada pengecer satu lokasi. Hal ini untuk membantu mengurangi biaya dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Untuk orang-orang yang merencanakan karir membangun bisnis ritel jangka panjang, toko cabang menawarkan peluang untuk memulai di posisi tingkat awal, pindah lokasi, naik ke manajemen tingkat tinggi, dan mendapat manfaat dari pengenalan merek saat beralih ke pekerjaan baru dalam industri.
Waralaba
Waralaba adalah merek nasional dan internasional yang dimiliki oleh penjual lokal, atau pemegang waralaba. Sebagi bagian dari perjanjian waralaba, penjual harus membayar untuk menggunakan merek dan mobil bisnis untuk jangka waktu tertentu.
Mereka mungkin juga setuju untuk menggunakan pemasok tertentu dan prosedur pelatihan. Bagi mereka yang ingin memperoleh keterampilan ritel, waralaba menyediakan pengenalan merek dari sebuah rantai dan interaksi komunitas dari satu lokasi toko.
Departement Store
Department store menawarkan berbagai macam produk. Secara tradisional, mereka terletak sebagai toko unggulan di mal, mereka terdiri dari berbagai atau departemen yang berbeda, dikhususkan untuk kategori tertentu.
Bekerja atau membangun department store mungkin menarik bagi orang-orang yang ingin berspesialisasi dalam kategori ritel yang berbeda, bekerja bersama rekan di departemen yang berbeda dan menjadi bagian dari tim yang besar dan terampil.
Toko Kelontong, Supermarket, dan Hypermarket
Jenis-Jenis toko ini menyediakan beberapa layanan dasar yang serupa, yang terkadang sangat sulit untuk dibedakan antara ketiganya. Iinilah yang membuat ketiga jenis toko ini unik.
- Toko Kelontong
Toko kelontong fokus pada makanan, minuman, dan beberapa barang rumah tangga. Mereka biasanya milik keluarga dan mungkin toko satu lokasi atau rantai lokal.
- Supermarket
Supermarket terdiri dari beberapa departemen yang didedikasikan untuk berbagai jenis makanan dan bahan minuman. Mereka juga dapat menjual peralatan, pakaian, perabotan rumah tangga, produk bayi, dan makanan panggang segar. Supermarket fokus menawarkan berbagai barang untuk menarik sebagian besar pelanggan.
- Hypermarket
Pada dasarnya hypermarket adalah supermarket yang diperluas. Selain bahan makanan, mereka juga mungkin memiliki montir mobil, pusat foto, bank, klinik mata, dan banyak lagi.
Toko kelontong, supermarket, dan hypermarket bisa menjadi tempat yang bagus untuk meluncurkan karir bisnis ritel Anda. Dengan peluang mulai dari rekanan ritel hingga manajemen toko. Jenis toko ini dapat menawarkan pekerjaan bagi orang-orang dari semua tingkat pendidikan dan pengalaman.
Pengecer Diskon
Pengecer diskon menjual produk kebutuhan sehari-hari dan rumah tangga dengan merek generic dan harga yang lebih rendah daripada harga eceran. Mereka sering membeli barang dagangan yang dihentikan, terlalu banyak menimbun dan dilikuidasi, yang membuat biaya tetap rendah bagi pelanggan mereka.
Sama seperti toko kelontong, supermarket dan hypermarket, pengecer diskon dapat menjadi titik awal yang bagus jika Anda memiliki rekanan dari produk yang akan Anda jual.
Outlet Retailer
Atau yang juga dikenal sebagai pengecer khusus. Toko outlet ini biasanya hanya menjual produk dengan merek-merek tertentu. Misalnya, pengecer outlet mungkin menawarkan berbagai macam barang olahraga dari merek terkenal, pakaian trendi yang diproduksi oleh perusahaan tertentu, atau koleksi wewangian mewah dari merek desainer terkenal.
Pemilik toko outlet ini menggunakan pengetahuan mendalam mereka tentang produk merek untuk memberikan saran yang dapat diandalkan kepada pelanggan. Mereka mungkin menggunakan produk merek dalam kehidupan pribadi mereka, yang berarti bahwa penggemar merek tertentu mungkin cocok untuk bekerja di toko khusus ini.
Warehouse Store
Warehouse stores atau toko gudang memberikan pengalaman grosir bagi masyarakat umum. Dengan memprioritaskan harga rendah untuk barang curah daripada sisi estetika pengalaman berbelanja, toko gudang mengurangi biaya operasional yang menghasilkan penghematan besar bagi pelanggan.
Bagi orang yang menghargai pekerjaan yang baik, tidak keberatan mengangkat beban berat atau senang bekerja di lingkungan minimalis, membangun warehouse stores mungkin cocok.
Convenience Stores
Toko serbag ada menwarkan barang dan jasa untuk pelanggan yang berhenti sebentar. Sseringkali, toko serba ada adalah bagian dari waralaba pompa bensin dan menjual berbagai macam bahan makanan dan suku cadang otomatif. Membangun toko serba ada mungkin menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tertarik dalam manajemen skala kecil dan stok barang yang terbatas.
Internet Retailer
Internet retailer atau pengecer internet, ataupun platform toko online telah menjadi salah satu jenis toko terkemuka untuk beberapa tahun terakhir. Alih-alih mengatur staf dan mempertahankan lokasi fisik, pengecer internet dengan mudah mengirimkan produk langsung ke pelanggan mereka.
Itulah jenis-jenis toko yang dapat Anda pilih. Anda harus memastikan bahwa jenis toko yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan agar rencana Anda tidak mengalami kerugian serta berjalan maksimal. Pastikan juga pencatatan transaksi Anda teratur dengan Program Toko, IPOS!
IPOS memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam pengolahan kegiatan operasional toko Anda.
Tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini.