Analisis SWOT : Pengertian dan Mengapa Dibutuhkan – Apakah Anda pernah mendengar istilah analisis SWOT? Perlukah analisis SWOT untuk perusahaan? Strenght, Weakness, Opportunity, Threat adalah analisis yang penting dilakukan pada perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru. Selain digunakan pada perusahaan atau urusan bisnis, sebenarnya analisis ini bisa digunakan pada diri sendiri untuk mengembangkan karir Anda, lho.
Namun kali ini akan fokus untuk membahas lebih dalam mengenai analisis SWOT pada perusahaan. Yuk, kupas tuntas mengapa perusahaan Anda membutuhkan analisis SWOT!
Table of Contents
Pengertian
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, SWOT adalah kependekan dari Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat. Sehingga yang dimaksud dengan Analisis SWOT adalah suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Mulanya, analisis ini diperkenalkan Albert S Humphrey pada tahun 1960-an ketika sedang memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Berikut sedikit penjelasan 4 komponen SWOT.
S : Strength atau kekuatan. Komponen ini adalah suatu karakteristik yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.
W : Weakness atau kelemahan. Salah satu karakteristik yang dapat menentukan kelemahan yang ada pada perusahaan.
O : Opportunity atau peluang. Dengan menggunakan komponen ini, Anda akan mengetahui peluang-peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk perusahaan agar bisa berkembang nantinya.
T : Threat atau ancaman. Komponen ini guna untuk mengetahui ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan. Yang mana dapat menghambat perkembangan dari perusahaan Anda.
Berdasarkan empat komponen dasar yang telah dijelaskan, maka analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal organisasi atau perusahaan dan faktor eksternal organisasi atau perusahaan. Faktor internal meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunity (Peluang) dan Threat (Ancaman).
Manfaat Analisis SWOT
Manfaat analisis SWOT bagi perusahaan adalah sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis. Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misi untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan. Adanya penilaian SWOT membantu untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan. Tanpa adanya informasi dari analisis SWOT, Anda tidak dapat mengetahui potensi pasar, minat dan peluang pasar yang bisa dimanfaatkan. Analisis SWOT juga membantu Anda untuk mengetahui tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha Anda. Maka, sebelum menjalankan bisnis, Anda perlu menganalisa produk atau bisnis Anda.
Tujuan
Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di dalam suatu perusahaan. Dengan mengetahui keempat aspek dasar SWOT, diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan. Perlu diingat bahwa penilaian SWOT ini hanyalah sebuah alat analisis yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi, maka dari itu analisis SWOT tidak bisa dianggap sebagai alat analisis yang mampu memberikan jalan keluar yang tepat bagi semua masalah yang ada di perusahaan.
Bagaimana Cara Menggunakan Analisis SWOT?
Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan analisis SWOT adalah membuat daftar pertanyaan. Setelah itu, Anda harus menjawab daftar pertanyaan tersebut berdasarkan keadaan yang sesuai pada perusahaan Anda. Berikut adalah contoh daftar pertanyaannya.
Strength (Kekuatan).
- Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan Anda?
- Apa yang bisa membuat perusahaan Anda agar lebih baik dari perusahaan lainnya?
- Hal apa yang menyebabkan perusahaan Anda memperoleh penjualan?
- Apa kelebihan perusahaan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen Anda?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
Weakness (Kelemahan)
- Hal apa yang harus ditingkatkan pada perusahaan Anda?
- Hal apa yang harus dihindari oleh perusahaan Anda?
- Apa kelemahan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen dari perusahaan Anda?
- Faktor apa yang dapat menghilangkan penjualan perusahaan Anda?
- Apa yang telah dilakukan pesaing Anda sehingga perusahaan mereka lebih baik dari perusahaan Anda?
Opportunity (Peluang)
- Kesempatan apa yang bisa Anda lihat?
- Tren apa yang saat ini sedang berlangsung yang sesuai dengan bisnis Anda?
Threat (Ancaman)
- Perkembangan apa yang berpotensi menjadi ancaman untuk perusahaan Anda?
- Apa hambatan yang sekarang sedang dihadapi?
- Hal apa yang telah dilakukan oleh pesaing bisnis Anda?
- Apakah ada perubahan dari pemerintah yang bisa mengancam perkembangan bisnis Anda?
- Apakah ada perubahan dari pemerintah yang bisa mengancam perkembangan bisnis Anda?
Contoh Analisis SWOT
Berikut akan diberikan contoh analisis SWOT dari suatu perusahaan yang bisa Anda jadikan gambaran bagaimana cara membuat analisa SWOT untuk perusahaan Anda sendiri.
Perusahaan Bamboo Speaker.
Deskripsi Bisnis : Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara tanpa menggunakan listrik.
Strength
- Praktis digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.
- Unik dan belum ada di pasaran.
- Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai.
- Handmade – nilai seni dengan buatan tangan.
Weakness
- Spesifik untuk merk smartphone
- Suara tidak sekeras speaker listrik
Opportunity
- Belum banyak saingan.
- Meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia
- Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini
Threat
- Ancaman imitasi produk dari pihak luar
- Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
- Model speaker smartphone yang sering berubah.
Apa langkah selanjutnya setelah analisis SWOT selesai dianalisis? Ketika analisis Anda selesai, maka Anda siap untuk mengubahnya menjadi sebuah strategi nyata.
Langkah pertama adalah melihat kekuatan Anda dan mencari tahu bagaimana Anda dapat menggunakan kekuatan itu untuk memanfaatkan peluang. Lalu, lihat bagaimana kekuatan itu bisa memerangi ancaman yang ada di pasar. Gunakan analisis ini untuk menghasilkan daftar tindakan yang dapat dilakukan. Dengan daftar tindakan di tangan, lihat kalender perusahaan dan mulailah menempatkan sasaran di atasnya. Apa yang ingin Anda capai dalam setiap kuartal kalender. Dengan analisis ini juga anda dapat menganalisis bagaimana peluang eksternal dapat membantu mengatasi kelemahan internal. Bisakah meminimalkan kelemahan itu sehingga Anda dapat menghindari ancaman yang teridentifikasi?
Analisis SWOT diperlukan perusahaan Anda agar Anda memiliki daftar tindakan yang ingin diprioritaskan dan dijadwalkan.
Metode ini, bukanlah sebuah jawaban pasti yang mampu memberikan solusi pada setiap masalah yang dihadapi perusahaan. Namun, setidaknya mampu memecahkan persoalan yang ada. Selain itu, Anda juga perlu membuat analisis keuangan karena dengan adanya analisis keuangan yang akurat, Anda akan lebih mudah membuat keputusan untuk keberlangsungan perusahan dan keperluan mengembangkan usaha Anda.
Dengan menggunakan IPOS, Anda tidak perlu risau lagi saat membuat laporan keuangan. Ipos merupakan program toko yang memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, sehingga Anda dapat menganalisa kondisi keuangan perusahaan dengan baik.
Coba GRATIS Trial IPOS, di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5