Bersikap Profesional dalam Bekerja, Ini Dia 6 Tipsnya!

Bersikap Profesional dalam Bekerja, Ini Dia 6 Tipsnya!

Bersikap Profesional dalam Bekerja, Ini Dia 6 Tipsnya! – Bekerja dan menjalin hubungan yang baik pada sesama rekan menuntut kita untuk selalu bersikap profesional.  Perbedaan sistem kerja bukanlah sebuah masalah bagi para profesional, mengingat dirinya yang cepat beradaptasi pada lingkungan kerja dan situasi apa pun.

Seiring meningkatnya tugas yang diberikan oleh atasan kepada kita, hanya orang-orang yang bersikap profesional dan berkemampuan saja yang mampu bertahan. Sementara rekan lain yang kurang profesional menjadi lebih mudah untuk tersisih.

Dalam hal ini sikap profesional yang dimaksud termasuk bagaimana kita menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan seprofesi. Jadi peran partner kerja sedikit banyak ikut mendukung kita agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Supaya lebih enjoy dalam bekerja dan tidak menjadikan pekerjaan tersebut sebagai beban. Seorang rekan kerja kadang juga memberi kita rasa nyaman, dengan demikian konsentrasi tidak terganggu karena suasana kerja sangat mendukung.

Berikut ini enam tips bersikap profesional dalam bekerja.

Hindari Bergosip

Tentu saja Anda perlu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Namun jika ada rekan kerja yang mulai menceritakan gosip, sebaiknya Anda simpan gosip itu sendiri dan jangan biarkan orang yang lainnya mengetahuinya.

Agar bisa bersikap profesional dalam bekerja, usahakan untuk tidak menjadi biang gosip di kantor. Memang, godaan untuk bergosip itu sulit untuk ditolak, namun menjadi tukang gosip bisa merusak karir Anda. Jangan rusak citra Anda hanya karena suka bergosip. Semakin Anda dikenal sebagai biang gosip, semakin diragukan pula kepercayaan Anda oleh tim kerja lainnya.

Baca Juga :   Biaya Pemasaran untuk Bisnis, Ini Cara Mudah Menghitungnya!

Jauhkan Rasa “Menjatuhkan” untuk Bersikap Profesional dalam Bekerja

Sikap kompetitif memang terkadang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tapi jangan sampai sikap tersebut justru memberi kecenderungan untuk menjatuhkan. Selain tidak ada gunanya untuk diri Anda pribadi, malah ada kemungkinan orang lain akan menilai Anda sebagai pribadi yang tidak profesional di bidang kerja.

Menjadi Pribadi yang Positif

Membangun pribadi yang positif dan berkarakter bisa kita mulai dari lingkungan kerja. Pribadi yang positif dan berkarakter sangat membantu kita untuk menghindari semua hal yang bersifat negatif seperti mengeluhkan pekerjaan yang dilakukan, gaji kecil, tidak pernah dipromosikan untuk jabatan yang lebih tinggi dan sebagainya.

Dalam hal ini kita harus menjaga agar tidak menjadi pribadi yang suka mengeluh karena justru hal tersebut membuat kita menjadi rekan kerja yang menjengkelkan di mata rekan kerja yang lain.

Diam itu Emas

Jika ruangan kerja Anda tidak terlalu luas, usahakan untuk berbicara pelan saat Anda sedang dalam pembicaraan di telepon. Perhatikanlah rekan kerja Anda lainnya yang berada di sekeliling Anda. Jangan sampai bunyi telepon Anda mengganggu konsentrasi mereka. Ada baiknya jika  Anda mengubah volume dering telepon dengan tingkat terendah. Untuk bersikap profesional dalam bekerja, jika Anda menggunakan ponsel, pastikan juga bahwa ponsel dalam mode ‘silent’.

Menjadi Partner Kerja yang Baik dengan Bersikap Profesional dalam Bekerja

Teman yang baik adalah teman yang dapat mendukung dan memotivasi sepenuh hati. Cara lain untuk menjadi kolega yang baik tidak hanya terbatas dari menyemangati saja, tetapi juga membantu berbagai hal. Semisal ketika pekerjaan Anda sudah selesai dan rekan belum, tawarkan bantuan Anda walaupun hanya sekadar menemani lembur atau membelikannya segelas kopi.

Baca Juga :   5 Manfaat Software Kasir untuk Swalayan

Bekerjasama dengan Baik

Anda berkarir bukan hanya untuk diri sendiri, namun Anda juga bekerja untuk perusahaan dan memiliki tujuan bersama dengan rekan kerja lainnya. Anda bekerja tidak sendiri, dan tidak jarang Anda membutuhkan bantuan rekan kerja. Jadi jika Anda dapat bekerjasama dengan baik, maka secara otomatis Anda akan disukai oleh tim kerja, sehingga mereka memandang Anda sebagai rekan kerja yang kooperatif.

Itu dia keenam tips untuk bersikap profesional dalam bekerja yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda. Selain bersikap profesional dalam bekerja, dalam menjalankan bisnis juga perlu diperhatikan pengelolaan keuangan bisnis.

IPOS adalah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi, sehingga bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa membantu operasional sehari-hari bisnis Anda.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off