...
Kenali Jobdesk Admin Toko, Apa Saja?

Kenali Jobdesk Admin Toko, Apa Saja?

Kenali Jobdesk Admin Toko, Apa Saja? – Ketika Anda ingin atau sedang menjalani usaha sebuah toko, tak jarang Anda akan membutuhkan peran admin di dalamnya. Sekali pun sekilas terkesan sebagai posisi yang kecil, admin ternyata memiliki peran besar dalam sebuah usaha. Anda perlu mengetahui dengan baik apa saja jobdesk admin toko. Hal ini dikarenakan Admin dapat dikatakan sebagai bagian depan dari usaha Anda.

Sekali pun tugas admin terkesan remeh, tapi sebenarnya admin bisa membawa dampak besar terhadap pelayanan toko Anda terhadap konsumen. Sebelum lebih lanjut membahas tentang job desk admin toko, alangkah baiknya Anda mengenal profesi admin itu sendiri terlebih dahulu.

Apa itu Admin?

Admin sebenarnya merupakan singkatan yang diambil dari kata administrator, yang diartikan sebagai penata usaha. Admin sendiri memiliki tugas untuk menangani berbagai urusan administrasi yang terdapat dalam sebuah bisnis.

Menurut KBBI, administrasi dapat diartikan sebagai usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Seorang admin akan berperan mengumpulkan data-data yang ada untuk dimasukkan ke dalam arsip sesuai dengan jenis dan kategori, atau untuk keperluan sebuah laporan operasional.

Dengan adanya admin pada toko sembako yang Anda miliki, otomatis setiap inventori produk yang ada akan dapat terorganisir secara rapid an terdata dengan baik. Ketika Anda butuh data produk dari toko Anda, admin pun akan mampu menyediakannya.

Data yang diberikan pun otomatis akan lebih akurat dan rapi terstruktur, karena admin telah melakukan perannya dalam merapikan data-data tersebut dengan jenis dan kategorinya masing-masing. Maka dapat disampaikan adalah untuk mempermudah karyawan menyelesaikan pekerjaannya.

Jobdesk Admin Toko dalam Usaha

1. Mengurus Penjadwalan

Segala sesuatu diperlukan penjadwalan, apalagi kegiatan dalam sebuah bisnis. Membuat jadwal merupakan hal umum yang dilakukan seorang admin. Apabila dikerjakan dengan benar, semua kegiatan perusahaan akan terorganisir lebih efektif.

2. Merekap Data

Semua bisnis sudah pasti memiliki data-data penting yang tentu jumlahnya tidak sedikit. Sebagai admin, mereka harus menyimpan semua data-data tersebut dengan rapi agar dapat ditemukan dengan mudah nantinya jika akan diolah sebagai laporan kerja.

3. Menyimpan Arsip

Dari mulai dalam bentuk tulisan hingga foto, penyimpanan segala sesuatu yang merupakan dokumentasi proses perusahaan adalah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh admin.

4. Mencatat Daftar Peralatan Kantor

Salah satu jobdesk admin toko adalah melakukan pengecekan terhadap peralatan yang dibutuhkan di perusahaan. Dari tinta printer hingga sisa kertas, semua perlu dilakukan pengecekan dan pendokumentasian secara berkala untuk mengetahui ketersediaan atau kelengkapan peralatan tersebut.

5. Mendokumentasikan Kebutuhan Administratif Pekerjaan

Admin yang bekerja di proyek harus memastikan pelaksanaan proyek berjalan dengan lancar. Mereka miliki tugas untuk menginput data, membuat rekapan biaya operasional, membuat format, da nisi surat jalan, membuat data presensi, menyusun absensi tersebut, serta membuat laporan bulanan juga.

6. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Apabila Anda memiliki bisnis yang berjualan di berbagai platform, tentu Anda perlu menugaskan pegawai Anda untuk menjalankan jobdesk admin toko satu ini, yakni menjawab pertanyaan dari pelanggan. Beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan pelanggan ialah ketersediaan barang, estimasi berapa lama barang akan sampai, dan lain sebagainya.

7. Memberi Solusi atas Keluhan Pelanggan

Keluhan pelanggan adalah hal yang sulit dihindari. Maka dari itu, salah satu jobdesk admin toko adalah harus bisa memberi solusi atas permasalahan atau kesulitan yang dialami oleh pelanggan. Admin toko haruslah merespon dengan cepat, bersimpati terhadap kesulitan yang dihadapi pelanggan, dan memberikan solusi paling tepat agar permasalahan mereka dapat segera teratasi.

8. Menerima dan Memproses Pesanan

Biasanya, admin juga bertugas untuk menerima dan memproses pesanan yang masuk, baik di toko online maupun offline. Anda hanya perlu membuat panduan untuk para admin supaya penerimaan pesanan menjadi lebih cepat, efisien, dan praktis.

9. Menginput Inventaris

Agar semua barang atau inventaris dalam gudang diketahui jumlahnya serta keberadaannya, admin memiliki jobdesk seperti menginput data, membuat laporan barang secara rutin, merekap data pemesanan barang, mengatur sortir serta packing barang tersebut, memesan barang, dan mengatur pembayaran barang.

10. Mengurus Keperluan Toko Lainnya.

Berbeda dengan admin perusahaan, admin toko memiliki jobdesk yang secara umum lebih ringan. Dari memasukkan data penjualan, membuat laporan persediaan toko, melakukan tagihan serta menerimanya, memeriksa absensi karyawan dan gaji mereka, serta mengurus keuangan toko adalah jobdesk admin toko.

Selagi menjalankan bisnis, tentu Anda ingin segala pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat dan tidak menggangu hal penting lainnya, bukan? Ada solusi terbaik untuk membantu Anda.

Apalagi kalau bukan IPOS? Bersama IPOS, Anda dapat membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan aktual. Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Segala pekerjaan admin pun bisa jadi lebih cepat jika Anda memanfaatkan teknologi ini.

Tertarik dengan IPOS? Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off