Pemasaran Konversi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Pemasaran Konversi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Pemasaran Konversi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis – Saat ini, tidak cukup bagi bisnis dengan hanya mengandalkan situs web yang memiliki traffic tinggi. Anda jelas inign pengunjung mem-bookmark situs web Anda, berlangganan via email bisnis dan terus membeli produk Anda.

Dengan kata lain, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang bisa meningkatkan konversi bisnis Anda. Namun, banyak bisnis kompetitor yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan Anda.

Pengertian Pemasaran Konversi

Pemasaran konversi mengacu pada taktik yang mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu. Dengan kata lain, Anda berusaha ‘mengubah’ seseorang yang mengunjungi situs web Anda untuk menjadi pembeli produk atau jasa bisnis Anda.

Dalam konteks Pemasaran online dan digital marketing, Pemasaran Konversi tidak hanya melibatkan tindakan promosi dagang, tetapi juga desain dan layout situs web dan beberapa tindakan khusus. Misalnya, Anda bisa memberikan penawaran khusus untuk mereka yang mengabaikan shopping cart ketika mereka sedang mengunjungi situs web Anda. Tingkat konversi yang tinggi menandakan penjualan bisnis meningkat, sedikit pelanggan yang mengabaikan produk bisnis Anda dan pengembalian investasi iklan yang lebih besar.

Dengan mengonversi pelanggan potensial, Anda tidak perlu lagi menjangkau prospek baru untuk menghasilkan volume penjualan yang sama. Berikut adalah strategi pemasaran konversi yang bisa meningkatkan konversi pemasaran bisnis Anda.

Menerapkan Smart Pop-Up

Terdapat sejumlah Smart Pop-Up yang telah terbukti secara signifikan meningkatkan daftar surel pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi iklan web Anda. Beberapa jenis pop-up yang paling umum digunakan adalah : delayed pop-ups, pushdown pop-ups, pushup pop-ups, exit-intent pop-ups, dan sign-up forms.

  • Delayed Pop-ups adalah Pop-Up yang muncul ketika pengunjung menghabiskan beberapa menit berkunjung di situs web bisnis Anda.
  • Pushdown dan Pushup Pop-Up, Pushdown adalah Pop-Up yang muncul di bagian atas situs web. Yang ketika pengunjung meng-klik Pop-Up tersebut, pengunjung akan dibawa ke konten terkait yang berada di bagian bawah. Sedangkan Pushup bekerja sebaliknya.
  • Entry Pop-Up merupakan jenis Pop-Up ini muncul segera setelah pengguna baru mengunjungi situs web. Ingatlah bahwa Anda mesti berhati-hati ketika menggunakan Entry Pop-Up, karena jika digunakan tanpa pertimbangan yang tepat, Pop-Up ini dapat menyebabkan konversi menurun, pengunjung akan merasa tidak nyaman, dan berujung pada penurunan pendapatan.
  • Exit Intent Pop-up adalah Pop-Up yang muncul ketika pelanggan mulai meninggalkan situs web Pop-Up ini dapat digunakan untuk mendapatkan perhatian pelanggan dengan penawaran khusus, promo, dan diskon di menit-menit akhir saat pengunjung ingin meninggalkan situs web Anda.
  • Sign-Up Forms adalah Pop-Up yang digunakan untuk mendorong pengunjung agar berlangganan dan mendapatkan item gratis seperti e-book, software trial, dan penawaran khusus lainnya.
Baca Juga :   Sistem Informasi Manajemen Meningkatkan Efisiensi Bisnis!

Buat Konten Video Menarik untuk Promosi Brand

Sebagian besar konsumen adalah pembeli yang menitikberatkan tampilan visual. Berapa kali Anda melihat produk yang Anda inginkan secara online dan kemudian mencarinya di Youtube?

Video berdurasi satu menit dapat bercerita dan mengirimkan pesan pemasaran lebih baik daripada seluruh halaman web yang diisi dengan teks merupakan salah satu strategi pemasaran konversi yang baik. Menggabungkan konten video dan postingan blog dapat secara drastis meningkatkan tingkat konversi bisnis. Konsumen akan lebih tertarik untuk menambahkan produk ke shopping cart setelah menonton konten video pemasaran.

Bermodalkan video berdurasi beberapa menit, Anda dapat dengan cepat menjelaskan penggunaan, fitur, manfaat, dan keunggulan produk Anda dari produk kompetitor. Buat video yang menarik dengan membuatnya secara otentik, informatif, dan menarik. Anda juga bisa memberikan sedikit humor untuk membuat video pemasaran Anda terlihat segar. Selain fitur dan manfaat produk, Anda jga dapat menampilkan testimonial pelanggan di video Anda.

Pemasaran Konversi Menggunakan Konten Email Interaktif

Email tetap menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan konversi. 72% orang lebih memilih untuk mendapatkan konten promosi melalui email daripada social media. Tetapi dengan banyaknya email yang membanjiri kotak masuk pelanggan, bagaimana Anda bisa membuat surel bisnis Anda menonjol? Salah satunya adalah dengan membuat surel Anda lebih menarik dengan konten interaktif.

Orang-orang menyukai berbagai bentuk kuis dan Anda dapat memanfaatkan ini dengan memasukkan kuis di email bisnis Anda. Sebagai feedback-nya, Anda bisa memberikan sedikit penawaran khusus seperti e-book atau layanan dari produk atau jasa bisnis yang bersifat trial.

Selanjutnya dalam pemasaran konversi, Anda juga dapat menawarkan hadiah dan insentif lain melalui surel yang dikirimkan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Yang dimana pelanggan dapat mendapatkan kode diskon penawaran secara terbatas atau gratis ketika mereka membeli dari situs Anda. Hal ini memungkinkan Anda dalam mengembangkan bisnis melalui kiat pemasaran konten email interaktif.

Baca Juga :   Marketplace: Definisi dan Penjelasan

Email pemasaran juga dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan dengan memasukkan survei dan testimoni pelanggan melalui email yang Anda kirimkan. Meskipun tidak semua orang akan tertarik mengisis jenis formulir survei, jika Anda dapat mengemas bentuk survei tersebut dengan menyenangkan dan menghibur. Anda bisa mendapatkan feedback yang berharga yang akan memungkinkan Anda memberikan kepuasan pelanggan.

Pemasaran Konversi dengan Meluncurkan Software atau Aplikasi Bisnis

Mobile App lebih mudah digunakan daripada harus mengunjungi situs web dari PC ataupun laptop. Dan orang-orang yang membuka aplikasi bisnis biasanya lebih memiliki kemungkinan untuk siap membeli produk Anda, yang berujung peningkatan konversi bisnis. Namun terlebih dari itu, Anda juga dapat menampung saran yang relevan berdasarkan info dan testimoni yang diberikan pelanggan Anda di kanal penyedia aplikasi (Umumnya di PlayStore atau AppStore).

Pastikan bisnis Anda menggunakan Software Akuntansi yang bisa membantu mengelola sistem keuangan atau akuntansi Anda secara instan. Anda juga bisa mencoba IPOS, software akun yang memiliki fitur akuntansi lengkap dan mudah digunakan kapan pun dan di mana pun.

Coba gratis IPOS di sini untuk tahu lebih banyak bagaimana IPOS dapat membantu akselerasi bisnis Anda.

 

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off