...
Struktur Organisasi Perusahaan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Struktur Organisasi Perusahaan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Struktur Organisasi Perusahaan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu – Pada dasarnya, setiap perusahaan membutuhkan struktur yang jelas untuk menunjang jalur koordinasi dan komunikasi antar rekan kerja. Struktur organisasi perusahaan juga memegang peran yang penting dalam pembagian dan pendistribusian pekerjaan. Definisi struktur organisasi sendiri adalah sistem yang digunakan untuk mendefinisikan hierarki dalam perusahaan. Struktur ini menjelaskan posisi, tanggung jawab, hak, serta kewajiban setiap karyawan di dalam perusahaan tersebut.

Struktur organisasi perusahaan yang ideal dapat menjadi salah satu penentu efektivitas kinerja dari orang-orang yang menjalankan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dengan memahami struktur tersebut serta tugasnya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Karena perusahaan dapat bergerak secara efektif dan efisien jika setiap bagian berfungsi secara optimal sesuai dengan fungsinya.

Pengertian

Secara garis besar, yang dimaksud dengan struktur organisasi perusahaan merupakan suatu susunan yang berisi pembagian peran dan tugas setiap orang berdasarkan jabatan yang diembannya. Umumnya, disusun dalam bentuk bagan dengan garis hierarki yang berisi deskripsi dari setiap komponen perusahaan. Dengan adanya struktur ini, setiap individu yang bekerja di perusahaan memiliki peran dan tugas masing-masing.

Tujuan utama dari struktur organisasi tersebut adalah agar lebih mudah membagikan tanggung jawabnya kepada setiap individu dalam bekerja. Selain itu, struktur organisasi juga membantu perusahaan untuk menempatkan individu yang memiliki potensi sesuai dengan bidang keahliannya. Di balik sebuah perusahaan yang sukses, umumnya terdapat struktur organisasi yang tertata jelas dan dijalankan sebagaimana mestinya.

Jenis-Jenis Struktur Organisasi

Terdapat lima jenis struktur organisasi perusahaan, yaitu

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur ini susunan organisasinya tersusun berdasarkan pada fungsi masing-masing. Minimal terdiri dari lima divisi utama pada tiap perusahaan. Divisi pertama adalah divisi produksi yang bertugas membuat produk. Kedua adalah divisi pemasaran yang bertugas melakukan promosi dan bertanggung jawab terhadap penjualan. Ketiga ada divisi personalia atau HRD yang bertanggung jawan terhadap SDM di perusahaan. Keempat ada divisi pembelajaran, dan yang kelima adalah divisi umum.

Struktur Organisasi Usaha

Susunan organisasi yang terdapat pada sebuah perusahaan berskala besar. Struktur organisasi ini didasari oleh adanya pengembangan produk dan riset-riset yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga bagiannya menjadi lebih luas.

Struktur Organisasi Proyek

Yaitu sebuah susunan organisasi dalam perusahaan yang dibentuk untuk mengerjakan suatu projek perusahaan. Bagian ini bersifat sementara dan akan dibubarkan ketika projek yang dikerjakan sudah selesai.

Struktur Organisasi Matriks

Dibentuk untuk mengerjakan bermacam-macam project yang dikembangkan oleh perusahaan. Pada organisasi ini yang bertanggung jawab langsung adalah vice president, dan di bawahnya barulah ada manajer-manajer project yang bertugas menyelesaikan project yang sedang dikerjakan masing-masing.

Struktur Organisasi Tim Kerja

Struktur ini ini bersifat temporal karena akan dibentuk saat mendapat project dadakan. Organisasi ini juga biasanya dibentuk untuk kondisi-kondisi yang tak terduga. Susunan ini dibentuk dari karyawan-karyawan yang handal dan bisa menyelesaikan masalah dengan cepat.

Fungsi Struktur Organisasi

Tanpa struktur organisasi perusahaan yang jelas, dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan sulit berkembang. Karena stuktur organisasi berfungsi sebagai pedoman bagi manajemen perusahaan untuk menyusun strategi dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Dengan begitu, fungsi struktur organisasi perusahaan terdiri dari beberapa poin berikut ini :

  1. Menjelaskan Kedudukan Setiap Individu

Setiap individu yang namanya tercantum tentu akan lebih mudah mengkoordinasi kedudukan dan hubungannya dengan fungsi pekerjaaannya. Hal ini menjadi salah satu poin penting untuk menghindari adanya kesalahan informasi atau komunikasi yang berdampak negatif pada perusahaan. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi landasan dalam menyelesaikan pekerjaan yang melibatkan proses diskusi antarjenjang atau jabatan pada perusahaan.

  1. Menjelaskan Hubungan dalam Hierarki

Dalam sebuah struktur organisasi perusahaan, kejelasan hubungan dalam hierarki tentu sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan menjaga efektivitas jalur penyelesaian pekerjaan sehingga dapat memberikan keuntungan pada masing-masing individu dalam perusahaan tersebut.

  1. Menjelaskan Tanggung Jawab Setiap Individu

Masing-masing individu memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Oleh sebab itu, penting untuk memahami struktur tersebut agar implementasi wewenang dapat dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu dalam perusahaan tersebut.

  1. Menjelaskan Uraian Tugas Setiap Individu

Setiap tugas atau deskripsi pekerjaan masing-masing individu tentu akan membantu semua pihak. Bagi rekan kerja dengan jabatan yang lebih tinggi, deskripsi pekerjaan bawahannya akan membantu mereka dalam melakukan pengawasan. Ssementara itu, bagi rekan kerja dengan jabatan yang lebih rendah, deskripsi pekerjaan yang jelas dapat membantu mereka untuk berkonsentrasi dalam menjalankan tugas yang diberikan.

  1. Mengurangi Konflik Internal di dalam Perusahaan

Dengan jelasnya struktur, konflik di dalam perusahaan dapat dihindari karena kemungkinan terjadinya tumpeng tidih pekerjaan atau tidak dikerjakaannya suatu pekerjaan menjadi sangat kecil.

  1. Meningkatkan Motivasi Kerja dengan Adanya Jenjang Karier yang Jelas

Karyawan yang sudah memahami struktur organisasi perusahaannya dengan baik akan dapat melihat dengan jelas bahwa ada jenjang karier yang dapat ditempuhnya. Dengan mengetahui ini, motivasi karyawan pun terpacu.

  1. Membantu Mencapai Target Perusahaan

Perusahaan sendiri akan sangat diuntungkan dengan adanya struktur organisasi yang jelas. Oleh karena masing-masing komponen dalam perusahaan tersebut sudah jelas posisi dan pembagian tugasnya, pekerjaan, dan juga kegiatan perusahaan tentu akan berjalan lebih lancar dan lebih mudah berfokus pada target-target yang mesti dicapai.

Setelah mengetahui fungsinya, lantas apa sajakah manfaat struktur organisasi perusahaan yang perlu Anda ketahui?

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

  1. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

Perusahaan yang menerapkan struktur dengan baik tentu akan membantu meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Hal ini membuat pembagian pekerjaan menjadi lebih mudah dan tepat sasaran, sekaligus menghindari terjadinya duplikasi pekerjaan.

  1. Sistem Operasional Menjadi Lebih Efisien

Perusahaan yang menerapkan struktur dengan baik tentunya sistem operasional dan seluruh kebutuhan dapat tercukupi dengan lebih efisien. Hal ini dikarenakan dalam struktur organisasi terdapat penjelasan tugas setiap individu yang secara tidak langsung dapat mengoptimalkan kinerja.

  1. Meningkatkan Produktivitas Setiap Individu

Jika struktur organisasi serta deskripsi dan panduannya disampaikan dengan baik kepada setiap individu, bukan tidak mungkin tingkat percaya diri mereka semakin meningkat. Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan pun akan membawa hasil yang semakin baik dan produktif.

Sebagai pemilik perusahaan, memahami pengertian struktur organisasi serta manfaatnya itu perlu karena struktur organisasi perusahaan sangatlah penting. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih jauh tentang struktur perusahaan serta berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan.

Jangan ragu untuk memulai langkah Anda sebagai pemilik bisnis dengan mengembangkan perusahaan Anda. Manfaatkan berbagai fitur IPOS yang selalu setia menemani. Yuk, coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off