DAFTAR PEMBAYARAN
Pembayaran berfungsi untuk mencatat aktivitas pembayaran hutang barang kepada vendor / supplier,
Daftar pembayaran juga digunakan untuk menampilkan, mengubah dan menghapus transaksi pembayaran hutang.
Berikut adalah cara untuk melihat data pembelian :
1. Klik menu pembelian.
2. Klik daftar pembayaran.
3. Akan tampil daftar pembayaran, untuk informasi detail tentang cara penggunaan dan fungsi dari daftar transaksi klik disini.
Menambah data pembayaran :
1. Klik tombol tambah pada daftar pembayaran,
2. Pilih Nama Supplier, apabila terdapat tunggakan pembayaran maka akan tampil pada bagian bawah,
3. Pilih Kode Akun yang dipakai untuk pembayaran, Nilai Akun akan berkurang setelah pembayaran,
4. Pilih TanggalPembayaran,
5. Pilih Cara Bayar : Tunai, Cek/BG atau Deposit,
- Tunai = Cash (Baik Uang cash atau Transfer bank).
- Cek/BG = Pembayaran melalui Cek atau BG, Jika memilih opsi ini maka anda harus melalukan satu tahap lagi untuk pelunasan pada menu Status Lunas Cek/BG.
- Deposit = Pembayaran Dilakukan melalui deposit yang disimpan pada supplier.
6. Masukkan Potongan Jika ada, Masukkan Jumlah Bayar.
7. Setelah semua diisi klik tombol “Simpan”.
Keterangan :
Tombol Bayar : Bersifat Opsional, Terdiri dari Opsi Bayar Nominal, Bayar Semua dan Kosongkan.
- Bayar Nominal = Bayar sesuai jumlah uang yang diberikan.
- Bayar Semua = Melunasi Semua tagihan.
- Kosongkan = Mengosongkan Jumlah bayar.
Mengubah data pembayaran hutang :
- Pilih salah satu data pembayaran dari daftar pembayaran hutang,
- Klik tombol edit,
- Lakukan perubahan data,
- Klik tombol “Simpan”.
Menghapus data pembayaran hutang :
- Pilih salah satu data pembayaran dari daftar pembayaran hutang,
- Klik Tombol “Hapus”.
Mencetak bukti pembayaran hutang :
1. Setelah menyimpan data, klik tombol cetak, maka ada pilihan cetak.
2. Pilih jenis
3. Klik tombol “Print”.
Berikut adalah contoh laporan bukti pembayaran hutang :