Daftar Pesanan Konsinyasi

DAFTAR PESANAN KONSINYASI

Konsinyasi Masuk adalah proses Item Masuk / Barang masuk yang dititpkan oleh supplier, Item tersebut dibayarkan ke supplier apabila telah dilunaskan.

Menu Konsinyasi Masuk terdiri dari pesanan konsinyasi masuk, daftar konsinyasi masuk, daftar konsinyasi, daftar tagihan, daftar pembayaran, status lunas bg/cek, retur konsinyasi masuk.

Urutan Proses Konsinyasi Masuk sama seperti pada gambar dibawah yaitu dari Pesanan sampai Pembayaran Hutang (Kiri ke Kanan), Khusus untuk Pesanan, Retur dan Status Lunas BG/Cek dapat dilewatkan apabila tidak dibutuhkan.

Menu Konsinyasi hanya terdapat pada Edisi Ultimate.

Pesanan Konsinyasi berfungsi untuk mencatat aktivitas pemesanan item/barang konsinyasi kepada supplier, Pada proses pesanan ini stok item konsinyasi tidak akan bertambah.

Apabila proses pesanan ini tidak diperlukan maka dapat diabaikan dan langsung ke proses Konsinyasi Masuk.

Daftar pesanan konsinyasi juga digunakan untuk menampilkan data pesanan konsinyasi, menambah, mengubah dan menghapus transaksi pesanan konsinyasi.

PENTING : Apabila item konsnyasi tidak tampak pada pencarian, maka anda harus menambahkan opsi “Konsinyasi” untuk tiap item pada menu Master Data Item.

Berikut adalah cara untuk melihat data pesanan konsinyasi :

1. Klik menu konsinyasi masuk,

2. Klik daftar pesanan konsinyasi, 

3. Akan tampil daftar pesanan konsinyasi masuk, untuk informasi detail tentang cara penggunaan dan fungsi dari  daftar transaksi klik disini klik disini.

Menambah data pesanan konsinyasi :

  1. Klik tombol tambah pada daftar pesanan konsinyasi masuk,
  2. Mulai masukkan informasi data pesanan dari tanggal, supplier, masuk ke dept/gudang ?,
  3. Kemudian Masukkan KodeItem atau barcode atau apabila anda tidak mengetahui kode item bisa memasukan potongan dari kata nama item, Contoh = Nama Item lengkap “INDOMIE AYAM SFC 70G”, pada kode item ketik potongan kata “mie”, Atau jika ingat beberapa kata depan dan belakang gunakan pemisah “%”, contoh “INDO%70G”,Lalu masukkan Pajak, dan Keterangan jika diperlukan.
  4. Masukkan Jumlah, Satuan, Harga, Potongan Harga jika diperlukan,
  5. Lalu masukkan Pajak, dan Keterangan jika diperlukan.
  6. Setelah semua diisi klik tombol “Simpan”.

Keterangan :

  • PPN : Berupa Pilihan Non, Include, Exclude.
    • Non = Supplier tidak menerapkan pajak
    • Include = Supplier menerapkan pajak pada barang tetapi barang tersebut sudah termasuk pajak.
    • Exclude = Supplier menerapkan pajak pada barang tetapi barang belum termasuk pajak. Pajak ditambah pada total akhir semua barang.

PPN dan nilai Pajak dapat dibuat secara default jika disetting pada master data Supplier.

Mengubah data pesanan konsinyasi:

  1. Pilih salah satu data pesanan konsinyasi dari daftar pesanan konsinyasi,
  2. Klik Tombol Edit,
  3. Lakukan perubahan data,
  4. Klik tombol “Simpan”

Menghapus data pesanan konsinyasi :

  1. Pilih salah satu data pesanan konsinyasi dari daftar pesanan konsinyasi,
  2. Klik Tombol “Hapus”.

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off