DAFTAR PESANAN KONSINYASI KELUAR
Konsinyasi Keluar adalah proses Item Keluar / Barang Keluar yang sifatnya dititip, Dititip kepada Pelanggan yang telah dipercayai.
Barang yang dititip ini baru akan dibayar oleh pelanggan apabila telah laku.
Menu Konsinyasi Keluar terdiri dari pesanan konsinyasi keluar, daftar konsinyasi keluar, cek konsinyasi, daftar tagihan, daftar pembayaran piutang, status lunas bg/cek, retur konsinyasi keluar.
Urutan Proses Konsinyasi Keluar adalah :
- Membuat Pemesanan (Opsional / Jika diperlukan),
- Kemudian Konsinyasi Keluar, atau Daftar item yang akan dikirim ke pelanggan,
- Retur Item Jika ada,
- Cek Konsinyasi, adalah proses membuat catatan item yang telah laku terjual di took pelanggan, Catatan ini akan menjadikan Sebuah tagihan Piutang, Penting : Jumlah item laku dibuat pelanggan.
- Pembayaran Piutang Konsinyasi.
Pesanan Konsinyasi berfungsi untuk mencatat aktivitas pemesanan barang konsinyasi kepada pelanggan, Tidak terjadi pengurangan stok pada proses Pesanan Konsinyasi keluar. Menu ini dapat dilewatkan apabila tidak diperlukan.
Daftar pesanan konsinyasi juga digunakan untuk menampilkan data pesanan konsinyasi, menambah, mengubah dan menghapus transaksi pesanan konsinyasi.
Berikut adalah cara untuk melihat data pesanan konsinyasi keluar :
1. Klik menu konsinyasi keluar,
2. Klik daftar pesanan konsinyasi,
3. Akan tampil daftar pesanan konsinyasi masuk,untuk informasi detail tentang cara penggunaan dan fungsi dari Daftar Transaksi klik di sini.
Menambah data pesanan konsinyasi:
- Klik tombol tambah pada daftar pesanan konsinyasi keluar,
- Mulai masukkan informasi data pesanan dari Tanggal, Nama Pelanggan, Keluar dari Dept/Gudang, PPN,
- Masukkan Kode Item atau barcode atau apabila anda tidak mengetahui kode item bias memasukan potongan dari kata nama item, Contoh = Nama Item lengkap “INDOMIE AYAM SFC 70G”, pada kode item ketik potongan kata “mie”, Atau jika ingat beberapa kata depan dan belakang gunakan pemisah “%”, contoh “INDO%70G”,
- Masukkan Jumlah, Satuan, Harga, Potongan Harga jika diperlukan,
- Lalu masukkan Pajak dan Keterangan jika diperlukan.
- Setelah semua diisi klik tombol “Simpan”.
Keterangan :
- PPN : Berupa Pilihan Non, Include, Exclude.
- Non = Pelanggan tidak menerapkan pajak
- Include = Pelanggan menerapkan pajak pada barang tetapi barang tersebut sudah termasuk pajak.
- Exclude = Pelanggan menerapkan pajak pada barang tetapi barang belum termasuk pajak. Pajak ditambah pada total akhir semua barang.
PPN dan nilai Pajak dapat dibuat secara default jika disetting pada master data Pelanggan.
Mengubah data pesanan konsinyasi :
- Pilih salah satu data pesanan konsinyasi dari daftar pesanan konsinyasi,
- Klik Tombol Edit,
- Lakukan perubahan data,
- Klik tombol “Simpan”.
Menghapus data pesanan konsinyasi :
- Pilih salah satu data pesanan konsinyasi dari daftar pesanan konsinyasi,
- Klik Tombol “Hapus”.