Pentingnya Follow Up untuk Perkembangan Bisnis ke Depannya! – Agar dapat bertahan dari persaingan bisnis yang keras, suatu perusahaan perlu menerapkan sistem manajemen yang baik. Follow up menjadi aspek yang berperan penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu bisnis. Tanpa adanya tindakan follow up, maka akan menyebabkan bisnis menjadi tidak ada lagi.
Pada dasarnya follow up memiliki artian yang cukup sederhana, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengenal istilah satu ini. Untuk Anda yang ingin mengetahui pengertian dan pentingnya follow up untuk perkembangan bisnis, berarti Anda harus menyimak artikel ini hingga selesai, ya!
Table of Contents
Pengertian Follow Up
Sebelum mengetahui seberapa pentingnya follow up untuk perkembangan bisnis, Alangkah baiknya Anda mengenali apa itu follow up.
Dilansir dari laman Forbes, follow up adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti tindak lanjut. Maksud dari tindak lanjut dalam hal ini adalah tindakan yang dilakukan setelah memperkenalkan produk pada orang lain.
Perkenalan pada produk atau layanan jasa, atau bisnis ini nantinya akan ditindak lanjuti oleh orang lain. Kegiatan tindak lanjut dari orang lain pada Anda inilah yang dikenal dengan follow up atau sering disingkat dengan FU. Tujuan utama dilakukannya follow up adalah agar bisa memancing respon dari calon pelanggan dan mengingatkan mereka akan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana, seperti dengan menghubungi pihak klien terkait produk yang telah ditawarkan, sehingga bisa memastikan respon dari mereka.
Namun, tindakan ini harus dilakukan secara konsisten. Pasalnya, tindak lanjut dalam dunia bisnis sangat diperlukan agar produk bisa mencapai target dan bisa tepat sasaran.
Selain itu cara tersebut juga bisa membantu perusahaan dalam membangun hubungan dengan klien dan juga memastikan mereka untuk mengenal bisnis Anda. Oleh karena itu, setelah Anda menjalin hubungan yang baik dengan para calon pelanggan, maka Anda harus segera menghubungi mereka secara rutin. Jika Anda gagal melakukannya, maka pelanggan akan melupakan bisnis Anda dan beralih ke kompetitor bisnis Anda.
Pentingnya Follow Up dalam Penjualan Perusahaan
Secara umum, perusahaan yang tidak melakukan FU pada pelanggan memiliki peluang yang lebih besar untuk para pesaing bisnis dalam merebut posisinya. Terlebih lagi bila pesaing bisnis tersebut rutin melakukan FU. Akibatnya, pelanggan yang beralih ke pesaing bisnis akan membuat perusahaan merugi.
Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan follow up yang penting dalam bisnis :
Pentingnya Follow Up untuk Meningkatkan Penjualan
Fokus utama dalam melakukan kegiatan marketing, promosi dan follow up adalah agar bisa meningkatkan nilai penjualan produk. Hal tersebut bisa meningkatkan pemasukan untuk perusahaan. Setiap konsumen yang melakukan transaksi pasti akan lebih menyukai penjual yang mampu memberikan pelayanan terbaik. Jadi, jika Anda rajin dalam melakukan FU, maka bisa dipastikan Anda bisa memiliki banyak konsumen.
Mengingatkan Konsumen tentang Produk
Follow up dilakukan setelah melakukan kegiatan pemasaran dan promosi produk, sehingga follow up memiliki fungsi untuk mengingatkan calon pelanggan dan pelanggan setia Anda.
Saat calon pelanggan atau pelanggan setia Anda belum melakukan transaksi, kemungkinan besar mereka sedang melakukan pertimbangan tertentu. Untuk itu melakukan FU bisa memberikan informasi yang lebih lengkap, sehingga pelanggan tidak merasa ragu untuk membeli produk.
Pentingnya Follow Up dalam Menyampaikan Informasi Terbaru
Manfaat yang selanjutnya adalah memastikan pelanggan setia untuk bisa memperoleh informasi terbaru terkait produk. Dengan melakukan follow up, maka Anda bisa memastikan bahwa mereka bisa mengetahui informasi produk dengan baik.
Contohnya seperti memberikan informasi terbaru tentang produk dan layanan baru, testimoni pelanggan, tips dan trik, informasi rilis produk, dan lain sebagainya. Sehingga, nantinya calon pelanggan akan tertarik dengan produk Anda dan mau melakukan transaksi pembelian.
Membangun Hubungan Bisnis dalam Jangka Panjang
Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, follow up bisa dijadikan sebagai media untuk konsumen dan pebisnis dalam mengembangkan hubungan yang baik. Tapi Anda harus menghindari pola pikir bahwa hubungan yang baik hanya diperlukan untuk membuat pelanggan melakukan transaksi pembelian sekali saja.
Anda juga harus memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan setia agar dapat meningkatkan kepercayaan yang telah tumbuh.
Dengan adanya komunikasi dan juga hubungan baik yang telah terbentuk, maka akan sangat berguna sebagai dasar terjalinnya komunikasi bisnis dalam jangka waktu yang panjang, sehingga saat pelanggan ingin membeli produk, pelanggan tersebut tidak lagi ragu untuk menghubungi Anda secara langsung.
Pentingnya Follow Up untuk Membina Hubungan Konsumen
Pentingnya follow up untuk perkembangan bisnis selanjutnya adalah membangun hubungan yang baik dengan para calon pelanggan. Dengan adanya hubungan yang baik, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dan lebih mudah dalam menawarkan produk atau layanan jasa baru pada calon pelanggan.
Demikian penjelasan lebih lanjut mengenai follow up. Jadi, follow up bukanlah suatu proses yang memakan waktu lama atau kegiatan yang tidak berguna. Selain itu, melakukan kegiatan tindak lanjut ini mampu memberikan manfaat yang besar pada penjualan produk. Dengan melakukan kegiatan FU, maka suatu bisnis memiliki peluang untuk memperoleh calon pelanggan baru dengan menggunakan beragam strategi yang sudah disusun. Sehingga, omset bisnis bisa meningkat dan bisa mencapai tujuan besar perusahaan.
Namun, bisa memastikan adanya kenaikan omset atau tidak diperlukan kegiatan pencatatan laporan yang baik, untuk itu Anda memerlukan software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi yaitu IPOS. Karena dengan menggunakan IPOS, Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.
IPOS pun memiliki berbagai fitur bisnis lengkap dan luar biasa lainnya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan administrasi, dan masih banyak lagi.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4