...
Penyebab Produk Tidak Laku di Pasaran dan Solusinya

Penyebab Produk Tidak Laku di Pasaran dan Solusinya

Penyebab Produk Tidak Laku di Pasaran dan Solusinya – Setiap kali sebuah perusahaan meluncurkan produk atau layanan baru, mereka sangat bersemangat dan yakin tentang keberhasilan produk. Namun, adakalanya produk tidak laku dan justru gagal di pasaran. Lantas apa penyebab produk tidak laku?

Dalam dunia bisnis, tingkat kegagalan produk cukup tinggi yang tentunya dapat dikaitkan oleh beberapa faktor. Faktanya, lebih dari 30% hingga 45% produk yang diluncurkan gagal setiap tahunnya dan menyebabkan kerugian finansial yang besar.

Pada tahun 2021 saja, statistik industri teknologi mengungkapkan bahwa setidaknya ada satu dari tiga produk yang diluncurkan gagal meski telah melakukan penelitian dan perencanaan yang ekstensif. Data pasar juga menunjukkan bahwa dari empat produk yang memasuki tahap pengembangan, hanya ada satu produk yang dibawa ke apsar.

Untuk mengurangi ketakutan yang menghantui ini, mari ketahui berbagai penyebab produk tidak laku dan cara mengatasinya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Kegagalan Produk?

Sebuah produk dianggap gagal ketika gagal memantapkan dirinya di pasar sebagai pilihan utama untuk segmen pasar yang menjadi sasarannya.

Kegagalan produk menyebabkan produk akan ditarik dari pasar karena berbagai alasan. Alasannya tidak terbatas pada produk yang tidak mampu menarik pangsa pasar agar siklus hidup produk tetap berjalan dan bahkan gagal dalam hal profitabilitas. Riset pasar telah menyimpulan bahwa penyebab utama produk baru tidak laku berkisar pada kesesuaian produk dan pemahaman tentang kebutuhan pelanggan.

Sebagian besar produk baru tidak laku karena produk gagal menangkap pasar. Atau jika mampu melakukannya, produk hanya berlaku dalam waktu yang cukup singkat.

7 Penyebab Produk Tidak Laku dan Solusi Ampuh Menanganinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak faktor yang menjadi penyebab produk Anda tidak laku di pasaran. Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis di pasaran.

Jika dua faktor tersebut tidak segera diidentifikasi dan tidak dicara solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam. Berikut ini faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi untuk menanganinya.

Faktor Internal Penyebab Produk Tidak Laku

Kurangnya Perencanaan Strategi Pemasaran

Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Hal ini sering dilewatkan para pebisnis. Padahal perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis.

Solusi penyebab satu ini adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.

Target Pasar yang Lebar Menjadi Penyebab Produk Tidak Laku

Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat saat memasarkan produk. Hal ini sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Solusinya adalah Anda perlu membuat target pasar prioritas. Hal ini dilakukan agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan pastinya tepat sasaran.

Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku

Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahna baku. Hal ini dapat mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku. Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan penjualan.

Harga yang Terlalu Mahal Menjadi Penyebab Produk Tidak Laku

Harga menjadi salah satu penyebab produk tidak laku dijual di pasaran. Kesalahan dalam penentuan harga produk seringkali dilakukan oleh apra pebisnis, terutama pebisnis pemula. Pada era ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya. Terkadang produk dengan kualitas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling.

Solusi mengatasi ini adalah Anda harus melakukan survei harga kompetitor yang menjual produk sejenis. Lakukanlah survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Anda akan memasarkan produk.

Perencanaan Finansial yang Kurang Matang

Finansial merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya suatu bisnis ada di finansial. Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di mana para pebisnis menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang. Sehingga banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal.

Solusi untuk mengatasi permasalaan ini adalah merancang finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang. Buatlah perencanaan dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Anda rencanakan.

Faktor Eksternal Penyebab Produk Tidak Laku

Pesaing Antar Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini, dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual.

Solusinya adalah temukan dan bangun suatu citra unikd dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.

Sumber Daya Manusia yang Rendah

Meskipun produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia. Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70&. Tanpa ada tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual.

Solusinya, carilah sumber daya manusia yang berkualitas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

Selain faktor di atas, melakukan pengelolaan keuangan yang buruk juga bisa berdampak pada tidak lakunya produk yang Anda jual. Karena produk yang Anda jual akan menurun kualitasnya ketika pengelolaan keuangan kacau. Dana pembelian bahan baku produk, dana operasional dan lainnya tidak dicatat dan dikelola dengan baik.

IPOS adalah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi sehingga mampu menyediakan berbagai macam fitur. Fitur-fitur canggih ini dapat membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off