Guerilla Marketing : Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya Untuk Bisnis – Guerilla marketing atau pemasaran gerilya pertama kali diperkenalkan oleh Jay Conrad Levinson.
Prinsip pemasaran ini membidik target semaksimal mungkin menggunakan peluru seminimal mungkin, seperti melakukan promosi di media-media yang menjangkau banyak viewer. Agar viewer lebih mudah tertarik, promosi berupa iklan harus dibuat kreatif. Guerilla marketing juga menekankan komunikasi yang sporadic, menggunakan berbiaya rendah, dengan hasil yang optimal.
Dalam perjalannya, seiring dengan tingginya penertrasi internet, aktivitas marketing jenis ini telah menjalar ke ranah online atau populer disebut dengan istilah guerilla digital marketing.
Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang guerilla marketing dan bagaimana penerapannya pada bisnis, baca artikel berikut hingga selesai, ya!
Table of Contents
Pengertian Guerilla Marketing
Guerilla marketing merupakan sebuah strategi periklanan yang menggunakan cara yang tidak konvensional dan berbiaya rendah seperti graffiti, sticker bombing, dan flashmobs).
Konsep pemasaran gerilya dikembangkan pertama kali sebagai sistem yang tidak konvensional dari promosi yang bersandar pada waktu, energi, dan imajinasi daripada anggaran marketing yang besar. Tujuan dari konsep pemasaran gerilya ini adalah untuk menciptakan sebuah konsep yang interaktif, komunikatif, unik serta menarik orang untuk berpikir.
Semua itu dilakukan untuk menghasilkan buzz, mendorong orang lebih banyak dan intens membicarakan tentang merek dan bisnis Anda.
Contoh Penerapan Guerilla Marketing
McDonald’s dan BTS
McDonald’s menggandeng idol Korea Selatan yaitu BTS dan menjual BTS cukup sukses. Di tengah menurunnya omzet di kala pandemi, McD melakukan penjualan yang menyita perhatian publik dan viral di media sosial.
Ide kreatif pada momentum yang tepat dan didukung dengan endorsement yang kuat akan memunculkan kejutan dan menarik perhatian publik. Target penjualan akan tercapai dan keuntungan lainnya adalah meningkatkan brand awareness.
SPG Fiji Water di Golden Globes
Salah satu guerilla marketing yang ikonik terjadi pada Golden Globes 2019. Salah satu SPG Fiji Water, Kellen Cuthbert atau #FijiGirl berhasil mencuri perhatian publik karena melakukan photobomb di belakang para bintang di karpet merah.
Cuthbert berdiri dengan gaun biru dan nampan berisi Fiji Water di belakang para bintang yang menghadiri Golden Globes. Alhasil photobomb Cuthbert menjadi meme viral dan menghasilkan publisitas gratis untuk perusahaannya.
UNICEF Finland, “Be a mom for a moment”
UNICEF Finland ingin menyebarluaskan kesadaran tentang hak asasi anak-anak. Mereka menempatkan beberapa keranjang bayi di tempat-tempat yang sering dilewati oleh orang-orang dan memainkan audio bayi menangis dari dalam keranjang bayu tersebut. Orang-orang yang lewat akan mengecek isi keranjang bayi tersebut.
Kemudian mereka akan menemukan note di dalamnya yang tertulis, “Terima kasih sudah peduli. Kami berharap ada banyak orang yang peduli seperti Anda. UNICEF – Be a mom for a moment.”
Kampanye Film IT tahun 2007
Film remake ini telah melaksanakan kampanye guerilla mereka dengan cara mengikatkan balon-balon merah di atas saluran air untuk menarik perhatian para pejalan kaki.
Maksud dari balon merah yang diikatkan di atas saluran-saluran air tersebut adalah untuk mengingatkan orang-orang tentang adegan menyeramkan dari film IT tahun 1990. Dimana seorang tokoh bernama Georgie diserang oleh badut Pennywise dan ditarik ke bawah saluran air. Di dekat display balon merah tersebut diletakkan tulisan “IT lebih dekat dari yang kamu kira, #ITMOVIE akan tayang 7 September.”
Tengkorak Naga Raksasa di Pinggir Pantai untuk Promosi Game of Thrones
Untuk mempromosikan season ketiga serial TV Game of Thrones, Blinkbox telah membangun sebuah patung tengkorak naga raksasa di pinggir pantai di Dorset, Inggris untuk menyebarkan awareness tentang serial TV ini.
Manfaat Guerilla Marketing
Mengutip Ambient, berikut manfaat dari guerilla marketing :
Guerilla Marketing Bagus untuk Anggaran Rendah
Kunci guerilla marketing adalah menggunakan metode promosi yang tidak konvensional untuk terlibat dengan konsumen dengan cara baru dan menarik. Banyak pengalaman bersifat interaktif dan dapat terjadi di tempat yang tidak terduga, memberikan cara untuk menghemat biaya untuk membangun brand awareness (kesadaran merek).
Menjadi Viral
Di masa kini aktivitas kita lekat dengan penggunaan smartphone, media sosial, dan budaya selfie atau aktivitas sehari-hari yang didokumentasikan secara online. Perusahaan bisa memanfaatkan tren ini untuk membuat kampanye menarik yang menjadi viral untuk mengumpulkan jutaan penayangan.
Membangun Kemitraan
Guerilla marketing bisa dilakukan dengan membangun kemitraan atau berkolaborasi dengan pebisnis lokal maupun organisasi atau LSM untuk membuat kampanye. Dengan kemitraan ini, Anda bisa mendatangkan target konsumen yang ideal dengan mudah.
Unik dan Mudah Diingat
Guerilla marketing yang sukses dapat menimbulkan emosi yang kuat dan tidak terlupakan bagi konsumen. Beberapa iklan bahkan dapat memberikan efek kejut atau menakut-nakuti sementara waktu, tentu saja hal ini untuk mendapatkan dampak yang diinginkan.
Melakukan promosi berupa iklan yang kreatif sebenarnya cukup sederhana. Guerilla marketing dapat dikatakan berhasil apabila iklan yang dibuat tidak hanya sekadar mengesankan, tetapi juga dapat di share ke berbagai media sosial. Kelebihan dari konsep pemasaran ini adalah tidak adanya batasan baku yang harus dipenuhi. Tim kreatif dan public relation dapat saling berkolaborasi untuk membuat iklan yang menarik, menjual, dan akan terus diingat dalam benak konsumen.
Hal penting lainnya yang ikut menjadi faktor penentu adalah pengelolaan bisnis secara baik dan benar. Mengelola keuangan bisnis harus dilakukan dengan teliti dan lengkap. Gunakan software toko terbaik sehingga Anda dapat menjalankan bisnis secara lebih mudah dan nyaman.
IPOS hadir untuk menunjang kesuksesan para pemilik UMKM di Indonesia. Coba gratis IPOS di sini dan lihatlah bagaimana fitur-fitur IPOS akan memudahkan operasional bisnis Anda.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau