Emotional Branding, Cara Efektif Mewujudkan Konsumen Loyal! – Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu. Bisa karena harga yang lebih murah, akses yang lebih mudah, atau pilihan yang lebih banyak. Namun selain dari itu ada satu hal lagi yang juga sangat efektif untuk memengaruhi keputusan konsumen dalam mmebeli, yakni emosi. Manusia membeli berdasarkan emosi dibandingkan dengan logika.
Dan kini sudah banyak pengusaha yang memahami bahwa mereka harus memicu pelanggan secara emosional agar mau membeli produk atau menggunakan pelayanan mereka. Hal ini berhasil meningkatkan banyak manfaat dan keuntungan. Di era digital ini interaksi dengan konsumen banyak dilakukan melalui dunia maya.
Memangnya, apa itu emotional branding? Seberapa besar pengaruh emotional branding terhadap kepuasan dan pengalaman pelanggan? Simak penjelasannya dalam artikel ini!
Table of Contents
Pengertian Emotional Branding
Emotional branding adalah strategi yang dipakai untuk menghubungkan suatu brand dengan emosi pelanggan. Faktor emosional inilah yang nantinya akan memperkuat hubungan antara brand dengan pelanggan Anda. Dengan adanya emotional branding juga, brand Anda bisa bertahan dalam persaingan yang sangat ketat seperti saat ini. Tidak mengherankan bila kini mulai banyak pebisnis yang menyertakan emotional branding dalam strategi bisnis mereka.
Produk yang Anda jual bisa ditonjolkan keunikannya melalui emotional branding. Selain itu, emotional branding yang bisa membedakan produk Anda dari produk milik para kompetitor.
Dengan cara ini, konsumen merasa dekat dengan brand Anda dan menghubungkan dirinya dengan produk yang ditawarkan. Untuk mencapai level tersebut diperlukan berbagai cara, karena emotional branding adalah sebuah strategi. Gambaran yang diberikan oleh brand harus autentik dan jujur agar bekerja dengan efektif.
Pengusaha pun harus benar-benar memahami identitas brand-nya sendiri dan konsumen yang akan dituju agar mampu membuat pendekatan yang tepat.
Pengaruh Emotional Branding pada Loyalitas Pelanggan
Dengan adanya emotional branding, pelanggan akan merasa terhubung dengan brand yang Anda miliki. Koneksi ini yang nantinya akan menimbulkan loyalitas dari para pelanggan. Mereka bisa dengan senang hati membeli produk apa pun yang Anda jual bilang sudah memiliki loyalitas tinggi.
Emotional branding adalah hal yang juga dapat meningkatkan rasa percaya pelanggan. Dengan emotional branding yang baik, apa pun yang Anda lakukan dan produk yang Anda tawarkan akan selalu terlihat baik di mata pelanggan. Nah, untuk membangun emotional branding, setidaknya terdapat empat faktor yang penting untuk diperhatikan, yaitu visi, pengalaman, imajinasi, serta hubungan.
Jika keempat hal tersebut terpenuhi, emotional branding akan membentuk ikatan yang kuat secara pribadi. Pelanggan akan merasa produk Anda adalah bagian dari diri mereka. Jadi, mereka tidak akan berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda keluarkan.
Tujuan Emotional Branding
Terdapat tiga tujuan utama dalam membangun emotional branding dalam bisnis.
Menjaga Hubungan
Emotional branding dinilai sangat efektif dalam menjaga hubungan berkelanjutan antara Anda dengan pelanggan.
Menciptakan Rasa Puas Pelanggan
Kepercayaan bahwa produk yang Anda ciptakan dapat menjadi solusi dari setiap permasalahan pelanggan akan menimbulkan rasa puas setiap kali mereka membeli produk. Peluang untuk melakukan pembelian lagi pun akan semakin besar.
Menciptakan Loyalitas
Tujuan emotional branding yang terakhir, tentu saja dua poin sebelumnya dapat menciptakan loyalitas pelanggan secara perlahan namun pasti. Keterhubungan dan kepuasan akan membuat pelanggan kembali lagi kepada Anda untuk membeli produk lain.
Pendekatan dalam Menerapkan Emotional Branding
Berikut ini beberapa materi pendekatan yang bisa digunakan agar emotional branding yang diterapkan berhasil menarik konsumen.
Isu Sosial
Di tengah menipisnya empati masyarakat, rusaknya lingkungan serta permasalahan hidup lainnya, muncul sebagai brand yang peduli adalah pilihan tepat.
Perusahaan yang mendedikasikan keberadaannya untuk isu-isu sosial biasanya mendapatkan perhatian lebih dari konsumen. Konsumen yang memiliki akses sulit untuk membantu sesama lebih cenderung menuangkannya dalam wujud konsumsi. Mereka akan membeli barang atau memakai layanan jasa yang bisa menghubungkan mereka dengan orang-orang yang membutuhkan tanpa repot.
Konsumen akan merasa senang menghabiskan uang kepada brand Anda karena mengetahui hasilnya mengarah ke tujuan yang baik.
Pendekatan ini juga salah satu yang baik karena konsumen juga peduli dengan kehidupannya di masa yang akan datang. Usaha perusahaan Anda untuk tidak merusak lingkungan dan pembangunan berkelanjutan akan sangat dihargai oleh konsumen. Hal ini yang membuat mereka akan kembali menggunakan produk dan layanan Anda.
Inspirasi
Mengasosiasikan brand Anda dengan sesuatu yang menginspirasi juga bisa emnjadi salah satu cara yang ditempuh.
Pendekatan melalui inspirasi di sini bisa ditujukan kepada semangat individu maupun semangat sosial. Merek yang memperlihatkan prestasi seseorang di dalam iklannya dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli. Dengan motivasi konsumen bisa menjadi seperti orang yang digambarkan jika menggunakan produk dan layanan Anda.
Inspirasi ini juga bisa dihubungkan dengan pendekatan sebelumnya yakni isu sosial. Merek yang menampilkan isu manusiawai dan sosial sebagai sumber inspirasi akan banyak mendapatkan perhatian. Mereka akan dengan ringan hati membelanjakan uang untuk sesuatu dengan tujuan akhir yang baik.
Aspirasi
Pendekatan aspirasi membuat brand menyentuh impian, keinginan, dan tujuan konsumen. Dengan ini konsumen merasa cita-citanya terakomodasi.
Aspirasi konsumen cukup banyak, mulai dari menginginkan pendidikan yang berkualitas, kecerdasan, kecantikan, kehidupan yang modern, penampilan yang mewah, pekerjaan yang mudah dan masih banyak lagi. Agar bisa mewujudkan pendekatan ini diperlukan kemampuan untuk benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga brand bisa memenuhi target pelanggan.
Pengusaha juga perlu membangun kisah untuk menghidupkan mimpi tiap orang sehingga merek bisa lebih dekat dengan konsumen.
Ekspresi Kasih Sayang
Cara paling efektif untuk menghidupkan sisi emosional konsumen terhadap brand adalah dengan mengekspresikan kasih sayang.
Ini akan memanusiakan sebuah brand dan membuat sebuah bisnis yang tanpa jiwa menjadi bisnis yang sangat peduli. Tunjukkan sisi brand yang akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik serta memberikan kebahagiaan. Konsumen kelak akan memahami tujuan merek Anda dan lebih peduli.
Ketika sudah sampai ke level ini, konsumen akan loyal karena mereka percaya apa yang Anda berikan membuat kehidupan menjadi lebih baik.
Cerita Hidup
Menghadirkan merek Anda dalam setiap tahap kehidupan konsumen efektif untuk memperkuat hubungan. Konsumen akan melihat brand Anda sebagai sesuatu yang sangat mengerti kebutuhan hidupnya mulai dari awal hingga akhir.
Nyatakan bahwa merek Anda akan berada di dekat mereka untuk semua naik turunnya kehidupan. Ini yang membuat konsumen merasa bahwa produk dan layanan dari brand Anda wajib ada di dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Itu tadi beberapa materi pendekatan yang bisa Anda gunakan agar emotional branding yang diterapkan berhasil menarik konsumen. Anda tidak perlu melakukan semua pendekatan sekaligus atau dalam waktu yang sangat dekat. Coba berbagai materi yang bisa diterapkan dan lihat mana dari semua itu yang paling efektif untuk bidang usaha Anda.
Jika sudah menemukan yang tepat untuk mendatangkan keuntungan, maka bisa berlanjut pada langkah selanjutnya, yakni mengatur keuntungan itu sendiri. Keuntungan dapat berwujud apa saja baik itu konsumen, kerja sama, koneksi ataupun uang. Untuk mengatur keuangan ini membutuhkan sebuah software akuntansi yang akan membantu pekerjaan.
IPOS adalah solusi tepat yang membuat pengaturan keuangan Anda menjadi lebih sederhana. Dengan fitur lengkap yang dapat membuat laporan keuangan sekaligus pencatatan biaya, invoice, perhitungan pajak hingga manajemen aset.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4