...
Bisnis Ritel : Klasifikasi, Tujuan dan Kiat Sukses Menjalankannya!

Bisnis Ritel : Klasifikasi, Tujuan dan Kiat Sukses Menjalankannya!

Bisnis Ritel : Klasifikasi, Tujuan dan Kiat Sukses Menjalankannya! – Di era global sekarang, bisnis ritel adalah salah satu metode marketing yang tengah populer di kalangan pengusaha. Bahkan, usaha ini dinilai sebagai bisnis paling menjanjikan dan berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

Dengan kelebihan bisnis ritel tersebut, tidak sedikit pengusaha tertarik mencoba usaha ini. Bagi Anda yang berminat memulai bisnis ritel, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai bisnis ritel. Simak hingga selesai, ya!

Pengertian Bisnis Ritel

Yaitu berupa kegiatan usaha yang melibatkan transaksi penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan maupun eceran untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperjualbelikan kembali.

Kelebihan bisnis retail adalah kegiatan perdagangan terkait penjualan barang secara langsung kepada konsumen terakhir. Adapun, semua barang dagangan tersebut akan dimanfaatkan untuk keperluan ruamh tangga. Selain itu, sistem kerja yang biasa digunakan pada bisnis retail adalah menghubungkan produsen utama (grosir besar) dengan konsumen yang melakukan pembelian barang dalam jumlah kecil maupun bentuk satuan.

Fungsi Bisnis Ritel

Secara umum, hakikat ritel adalah membuat kedua pihak pembeli maupun penjual merasa diuntungkan. Hal tersebut dapat dicapai dengan memahami beberapa fungsi bisnis ritel yang sangat krusial. Berikut ini adalah beberapa fungsi bisnis ritel yang sangat krusial. Berikut ini adalah beberapa fungsi ritel dalam perdagangan.

  1. Mengirimkan barang secara langsung kepada konsumen akhir untuk mempermudah konsumen dalam memperoleh produk dari produsen.
  2. Karena ritel dapat mengambil tugas dalam rantai distribusi barang yang diproduksi kepada pasar. Maka produsen tidak bertanggung jawab secara penuh. Terhadap rantai distribusi tersebut. Dengan demikian, produsen dapat mengalihkan perhatian dan pikirannya pada sumber daya yang lainnya.
  3. Dapat menyeimbangkan permintaan dan penawaran sesuai dengan kebutuhan pasar.
  4. Biasanya ritel juga merencanakan dan menjalankan periklanan dan promosi agar terjadi pembelian. Tentu saja hal ini dapat membantu untuk meningkatkan popularitas produk sehingga dapat menguntungkan produsen.
  5. Dapat mengurangi risiko penyimpanan barnag yang memerlukan biaya.
  6. Dapat memberikan kenyamanan berbelanja kepada setiap konsumen karena karena pada umumnya bisnis ini dekat dengan tinggal konsumen.
  7. Bisnis ritel dapat dijadikan sebagai intelijen pasar yang kritis dan memungkinkan produsen untuk membuat sebuah strategi baru.

Rantai Distribusi & Karakteristik Bisnis Ritel

Berikut ini adalah rantai distribusi pada sebuah retail :

  • Produsen, yaitu mereka yang terlibat secara langsung di dalam proses produk dengan bantuan mesin, bahan baku dan tenaga kerja.
  • Pedagang Grosir, yaitu orang yang membeli produk secara langsung dari produsen. Kemudian menjualnya kembali kepada pengecer dalam jumlah besar dengan harga yang rendah.
  • Pengecer, merupakan rantai pasokan terakhir dimana mereka menjual barang dalam jumlah sedikit atau eceran untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Konsumen, yaitu pengguna produk atau barang dan biasanya mereka berbelanja dengan bisnis pengecer.

Berikut ini adalah beberapa karkateristik bisnis retail yang perlu diketahui :

  1. Ritel merupakan ujung dari rantai pasokan yang menghubungkan produsen dan grosir kepada konsumen terakhir.
  2. Ritel adalah rantai pertama yang dapat mengidentifikasi perubahan tren dan perilaku konsumen karena memiliki hubungan langsung dengan konsumen akhir.
  3. Dapat ditempatkan sebagai intelijen pasar untuk mengetahui feedback dari konsumen tentang produk yang ditawarkan sehingga informasi dapat dikembalikan kembali kepada produsen atau grosir.
  4. Banyak bisnis ritel yang menggunakan banyak sistem penjualan seperti ritel online atau toko offline. Dengan berbagai saluran pemasaran ini memungkinkan mereka dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan efektif.

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Ritel

Pada umumnya, bisnis ritel tidak hanya menjual produk yang dapat dikonsumsi (makanan dan minuman saja), tetapi juga mnjual jasa seperti penyewaan mobil, pakaian, peralatan event, penyedia jasa pangkas rambut dan masih banyak lainnya.

Selain itu, bisnis jenis ini juga tidak harus dioperasikan secara langsung dari toko fisik. Namun Anda dapat menjalankan bisnis ritel melalui internet atau toko online. Untuk mendukung kemajuan bisnis Anda, berikut ini ada beberapa kiat sukses yang dapat diaplikasikan :

Memilih Tempat Usaha yang Tepat

Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana cara untuk menentukan tempat bisnis yang strategis, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkna. Yaitu mudahnya akses untuk  menuju ke lokasi Anda, terletak dekat dengan fasilitas umum, potensi pasar yang tersedia, biaya sewa atau biaya lahan, mudah untuk dilihat, dan kondisi lalu lintas.

Menyediakan Produksi yang Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen

Ada beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan produk apa yang akan dijual. Yaitu dari segi estetika, dari segi fungsional, memiliki pelayanan yang dapat mendukung dan menyertai dalam penjualan produk.

Menentukan Harga Jual

Untuk menentukan harga sebuah produk, Anda harus mempertimbangkan tingkat kerelaan konsumen serta target margin yanga akan dicapai bisnis.

Memberikan Pelayanan yang Cepat

Ketika sebuah bisnis ritel memiliki pelayanan yang cepat, baik, tepat, berkesan dan memiliki nilai potensial yang tinggi maka akan sangat mendukung banyaknya produk inti yang terjual kepada pelanggan.

Software akuntansi merupakan salah satu cara efektif yang paling mudah untuk mengelola proses akuntansi pada ritel. Software ini memungkinkan Anda untuk melakukan otoritas, merekam semua transaksi, mengelola penjualan, biaya operasional hingga memastikan ketersediaan stok barang.

Untuk pengelolaan usaha dengan nyaman dan aman, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan software IPOS untuk ritel Anda.

Software ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pencatatan keuangan pada bisnis ritel. Maka Anda tentu saja akan membuat karyawan menjadi lebih terbantu dan pekerjaan pencatatan juga lebih cepat.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off