...
Repeat Order Rendah? Coba Tips Ini, Biar Pelanggan Balik Lagi!

Repeat Order Rendah? Coba Tips Ini, Biar Pelanggan Balik Lagi!

Repeat Order Rendah? Coba Tips Ini, Biar Pelanggan Balik Lagi! – Apa itu repeat order? Repeat order itu adalah pemesanan kembali. Repeat order biasanya dilakukan oleh para pembeli yang puas dengan produk yang dibeli. Istilah repeat order, juga bisa diartikan sebagai aktivitas berbelanja kembali di tempat atau toko yang sama secara berulang kali.

Kalau manfaat repeat order, teman-teman pasti sudah paham, kan? Yak, untuk menambah cuan..!! Setidaknya ada 2 manfaat repeat order.

Pertama, menekan biaya operasional.

Biaya operasional, seperti biaya marketing atau promosi akan terpangkas saat ada repeat order. Biaya promosi untuk memperkenalkan toko atau memperkenalkan produk baru, biasanya membutuhkan budget yang besar dan bisa menguras keuangan usaha teman-teman.

Pelanggan yang puas dan melakukan repeat order, pasti akan dengan suka rela mempromosikan toko teman-teman kepada circle pertemanan mereka. Biasanya mereka akan menyampaikan kelebihan toko teman-teman atau produk yang teman-teman tawarkan melalui media sosial atau dari mulut ke mulut.

Kedua, menjaga stabilitas omzet toko

Pelanggan yang melakukan repeat order, berpotensi menjadi pelanggan setia. Pembelian  dari pelanggan setia ini, adalah salah satu resep menjaga omzet toko.

Teman-teman harus bisa menjaga pelanggan tipe ini, ya. Karena mereka tidak akan sungkan membeli produk baru yang mungkin akan teman-teman tawarkan.

Saat kondisi ekonomi sedang tidak bagus, teman-teman bisa mengandalkan repeat order dari pelanggan. Persentase pendapatan dari repeat order ini, bahkan dikatakan, bisa lebih tinggi, meski sedang terjadi krisis ekonomi.

Nah, teman-teman.. Sudah tergambar, kan, pentingnya repeat order di toko kita? Jadi, apa saja tipsnya supaya toko kita punya angka repeat order yang tinggi? Yuk, kita bahas..

Pertama, buat konten marketing

Hari gini, teman-teman,, hampir semua orang punya medsos, termasuk pelanggan. Nah, teman-teman pun bisa menjangkau pelanggan dengan membuat konten marketing yang menarik.

Konten yang dibuat dan dibagikan, bertujuan untuk membangun merek atau nama toko milik teman-teman, menarik minat pelanggan potensial, dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens.

Para pelaku bisnis, atau pemilik toko, harus rajin membuat konten untuk menarik minat pelanggan potensial. Konten yang dibuat jangan hardselling terus. Selingi dengan konten softselling.

Apa itu konten softselling, teman-teman? Yaitu konten yang menyediakan informasi yang berharga, solusi bagi masalah pelanggan, atau bisa juga konten yang bersifat menghibur.

Kedua, fokus pada kepuasan pelanggan

Memastikan kepuasan pelanggan adalah kunci utama untuk menciptakan repeat order. Pastikan produk atau layanan yang teman-teman berikan, berkualitas tinggi dan memenuhi, atau bahkan melebihi harapan pelanggan.

Perhatikan feed back dari pelanggan dan tanggapi masukan atau keluhan yang diberikan dengan baik. Berikan layanan pelanggan yang baik. Bisa lewat komunikasi yang responsif, pengiriman yang tepat waktu, atau pelayanan aftersales yang ekselen

Teman-teman bisa memantau jumlah  repeat order melalui fitur laporan di aplikasi kasir IPOS.Dari  laporan data pelanggan, temen2 bisa mengevaluasi apakah repeat ordernya sdah sesuai target atau perlu ditingkatkan lagi.

Ketiga, ikat pelanggan dengan program loyalitas

Jadwalkan program loyalitas yang menarik bagi pelanggan toko teman-teman. Ini bisa berupa program poin atau reward yang memberikan insentif bagi pelanggan setia.

Berikan diskon khusus, penawaran eksklusif, atau hadiah sebagai apresiasi atas pembelian dan dukungan mereka. Program seperti ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order dan bahkan menjadi duta toko secara cuma-cuma.

Aneka fitur diskon dan promo untuk pelanggan, bisa teman-teman atur menggunakan aplikasi kasir IPOS, lho. Belum tahu caranya? Teman-teman bisa hubungi tim Support Trigonal Support di jam kerja, untuk detilnya.

Sekarang, coba teman-teman hitung, berapa tingkat repeat order di toko..? Rumusnya gampang.. Pertama, buka aplikasi IPOS-nya dulu, lalu masuk ke laporan penjualan.

Selanjutnya, bagi jumlah pelanggan yang telah membeli lebih dari sekali, dengan total jumlah pelanggan. Lalu, kali seratus. Itulah tingkat repeat order di toko milik teman-teman.

Bagaimana? Mencapai 50 persen, tidak? Kalau belum, yuk coba teman-teman terapkan tips di atas tadi.. ????????

Selamat mencoba, salam sukses!

Pembuatan Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Aplikasi IPOS

Untuk mendukung para pengusaha membuat laporan keuangan yang akurat dan fleksibel, Aplikasi IPOS memiliki fitur Laporan Keuangan yang dapat menyediakan Laporan Keuangan dengan cepat, mudah dan akurat. Aplikasi IPOS adalah aplikasi Point of Sales yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Akuntansi.

Tips Pelanggan Balik

Fitur Aplikasi IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Aplikasi IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis aplikasi IPOS disini.

Toko Lebih Modern dengan Komputer Kasir Berkualitas

Untuk mendukung para pengusaha menjadikan tokonya lebih modern, Trigonal menyediakan paket komputer kasir yang berkualitas. Silahkan mengontak Sales kami untuk berkonsultasi dengan klik tombol WhatsApp.

Tips Pelanggan Balik

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off