FAQ PROGRAM TOKO IPOS 5
Note : Untuk memudahkan pencarian, tekan tombol ctrl+f pada halaman ini, kemudian ketikan kata kunci yang ingin anda cari di halaman ini, kemudian klik enter.
Q : Error saat klik Modul ( Modul sedang terbuka di PC lain)
A : Silahkan Masuk ke Menu Pengaturan – Daftar Modul Terbuka. Kemudian “Reset Semua” .
Q : Pak kenapa di menu saldo awal tidak ada, tombol tambah saldo ?
A : Silahkan klik langsung pada menu “Kode Item”
Q : Ketika saya ingin import data pelanggan kenapa tampilan nya seperti ini ?
A : Silahkan klik CTRL + R
> lalu ketikan %Temp%
> Hapus semua yang ada di folder %Temp%
Q : Berikut tidak bisa membuka program Mobile Service dan selalu stopped working, sehingga tidak bisa mengakses No Team Cloud nya karna service nya juga tidak aktif.
A : Coba di cek pada event viewer nya, seharus nya ada info kenapa aplikasinya tertutup.
Q : Pak, untuk input nilai atau qty, tidak perlu pakai koma atau bisa juga pakai koma, contoh : 7000 atau 7.000
A : Bisa diubah di bagian pengaturan umum — desimal digit.
Q : Untuk melihat rekap saldo kas dimana ya ?
A : Bisa cek di menu Akuntansi – Buku Besar
Q : Saya sudah memasukan saldo piutang, kemudian konsumen melakukan pembayaran piutang nya. Untuk melakukan input pembayaran nya di menu apa ya?
A : Di menu penjualan -> pembayaran piutang. Atau lebih lengkapnya bisa simak video berikut https://www.youtube.com/watch?v=Dp3wP43SdaY&t=20s&ab_channel=TrigonalSoftware
Q : IPOS 5 apakah support pembayaran via debit card ?
A : Bisa.
Q : Untuk potongan pembelian apakah bisa diatur potongan setelah ppn ?
A : Potongan hanya bisa pakai harga sebelum ppn
Q : Terjadi error saat instal net framework errornya clr20r3
A : Jika errornya clr20r3 biasanya ada masalah pada windowsnya misal seperti ada file sistem yg hilang karena malware, dsb
Q : Bagaimana cara melihat total nilai barang kita saat ini.?
A : Dari menu laporan – laporan persediaan – nilai dan mutasi item – sesuaikan periodenya – preview/cetak
Q : Bagaimana jika barang yang kita jual sudah kadaluarsa ?
A : Jika stoknya ingin dibuang, keluarkan dari persediaan – item keluar .
Tapi jika ingin di return stoknya maka masuk ke penjualan – return penjualan
Q : Untuk melihat berapa harga beli ke supplier yang lampau bagaimana caranya ?
A : Bisa dari pembelian – history harga dan sesuaikan suppliernya
Q : Kenapa harga pokok dan harga jual ada di daftar item, sedangkan di datasheet tidak keluar harga pokok dan harga jual ?
A : Pada datasheet ada pilih satuan harga dibagian atas, jika tidak tampil harga biasanya yang terpilih tanpa harga.
Q : Untuk menggunakan Cloud team, apakah harus merubah ip address dan DNS server juga ?
A : Jika ingin menggunakan Team Cloud, IP addressnya tidak perlu dirubah, yang penting internetnya aktif.
Q : Apakah instalasi IPOS 5 boleh diletakan di drive D; yaitu tidak di drive C:/program file/xxx/IPOS ?
A : Bisa saja saat install di arahkan installasinya,hanya saja menurut kami akan lebih rentan terkena virus
Q : Setiap saya transaksi laci terbuka tetapi print tidak mencetak, malah aplikasi langsung tertutup sendiri
A : Coba hilangkan tanda centang pada logo mini printer dari pengaturan – mini printer – simpan, kemudian coba tes print transaksi kembali
Q : Sudah dipotong piutang kenapa tidak otomatis ke potong ya? harus manual dan di customernya terdapat kredit
A : Coba cek returnya dari nomor nota berapa dan cek juga pada laporan piutang per transaksi untuk lihat detail piutang untuk nomor nota tersebut.
Q : Kalau item barang nya multi satuan gimana ya? misal pcs, pak, dus ?
A : Yang perlu dimasukkan hanya 1 satuan saja misal pcs dan otomatis terkonversi untuk satuan lainnya
Q : Kenapa saat saya membuat satuan dasar tidak bisa ?
A : Untuk kendala tersebut bisa masuk ke menu pengaturan > kelompok akses user >, (ceklis ) user bisa ubah satuan item
Q : Bagaimana cara mengetahui total nilai persediaan barang yang kita miliki saat ini ?
A : Dari menu laporan > laporan persediaan > Laporan nilai dan mutasi item > preview
Q : Cara memindahkan database ke komputer lain/pindah server
A : Backup database dari komputer lama, kemudian restore database di komputer baru.
Q : Saya kan pemula pakai ipos 5 standar dan ingin beralih ke ipos 5 profresional lisensi dongle. Pertanyaan nya untuk database nya apakah bisa langsung di restore data.
A : Database dari versi standar bisa langsung digunakan di versi yg lebih tinggi seperti profesional ataupun ultimate.
Kalau install versi pro di pc yg sama dengan standar maka bisa langsung pakai tanpa perlu backup dan restore, tapi kalau mau buat database baru atau dipindah ke komputer lain bisa lakukan backup dan restore.
Q : Apakah IPOS 5 bisa dibuat promo atau tebus murah bedasarkan jumlah belanja minimum ?
A : Saat ini setting diskon hanya bisa berdasarkan item yg dibeli kak, belum bisa berdasarkan jumlah belanjanya.
Q : Bagaimana cara membuat akun baru untuk membayar karyawan tapi langsung memotong dari kas saldo utama penjualan, bukan dari kas kecil atau kas bank
A : Dipastikan dahulu setiap penjualan masuknya ke akun KAS mana, kemudian input dari Akuntasi – kas keluar untuk bayar biaya gaji karyawan dan arahkan kode akun kas keluar sesuai akun yang digunakan setiap kali ada penjualan.
Q : Kak, ipos 5 saya tidak bisa klik tombol kasir buat design nota ?
A : Pastikan programnya sudah di aktivasi dan tidak ada keterangan trialnya agar bisa desain, ketika sudah aktivasi lalu buka > pengaturan > (ceklis) > aktifkan design report
Q : Apakah bisa komputer kasir tetap akses ke server dalam keadaan server mode sleep
A : Server harus hidup agar datanya bisa dibuka dari komputer lainnya, sebaiknya setting never sleep.
Q : Kalau membuat item baru saya kombinasi bedasarkan satuan dan bedasarkan jumlah apakah bisa ?
A : Pilih berdasarkan jumlah ataupun level juga bisa pakai beberapa satuan kak. Yang tidak bisa pakai harga jual level + jumlah.
Q : Bagaimana cara kasir mau melihat detail penjualan barangnya? yang terlihat hanya total transaksi.
A : Detail penjualan bisa dilihat dari menu laporan – laporan penjualan – laporan penjualan detail. Bisanya laporan tersebut hanya bisa diakses oleh admin atau user diatas kasir.
Q : Kenapa, setelah print nota keterangan dari imei hp itu tidak keluar ?
A : Pilihnya yang faktur jual & Serial.
Q : Kenapa saya saat melakukan transaksi muncul kode error 23503 accmoney
A : Buka menu pengaturan -> pengaturan database -> patch database -> pilih file “emoney.i5pch” kemudian restart.
Q : kenapa saat transaksi dan saya melakukan pembayaran muncul kode error stok tidak cukup ? Padahal stok nya ada.
A : Dipastikan waktu saat masukan stok lebih awal dari waktu pengeluaran stok. Karena default settingan program IPOS menggunakan FIFO.
Q : Saya desain struk kasir di ipos 5 pro lalu saya salin desainnya untuk ipos 4 dan mengalami error seperti ini.
A : Dikarenakan file desain ipos 4 dan ipos 5 berbeda sehingga tidak bisa disalin.
Q : Berikan penjelasan tentang cara mengelola dan memantau saldo kas agar saldo kas akhir dapat dihitung dengan akurat.
A : Silahkan Setting hak akses user dengan Klik Pengaturan -> Data User -> Kelompok Akses User -> beri tanda centang pada “ Modul Kas = Tampil Saldo Kas Pada Transaksi “
Q : Bagaimana cara membuka kartu stok pada transaksi, dan gimana atur nya agar bisa akses ?
A : Silahkan masuk kemenu pengaturan > Data User > Kelompok akses user > Pengaturan dan lain nya > “Akses tombol buka transaksi”.
Q : Kenapa saya mau rubah satuan dan menghapus satuan tidak bisa ya ? muncul kode error 253505
A : Jika sudah di stock berarti item tersebut sudah melakukan transaksi, dikarenakan saldo awal item sudah termasuk ke transaksi.
Q : Saya sudah melakukan aktivasi, tapi kok tiba-tiba program mode trial dan minta aktivasi ulang.
A : Kadang terjadi aktivasi hilang setelah restart komputer, status lisensi server aktif aktif. Hal ini terjadi tiap kali menghidupkan komputer. ikuti langkah-langkah berikut : buka > command prompt > Run as administrator > lalu ketik >, sc config “Inspirasibiz License Server” depend= Winmgmt
Q : Saya sudah update ke versi paling terbaru, tetapi kenapa saat direstart program ipos balik ke versi yang sebelumya.
A : Pastikan saat update lokasi instalasi sama seperti lokasi yang sebelumnya di install, bisa lokasi nya di cek terlebih dahulu di properties > klik kanan.
Q : Ini saya mau retur kenapa ga bisa ya ? padahal stok masih ada
A : Jika sudah terjual dan di return maka referensi stok tersebut bukan lagi dari pembeliannya sehingga ketika dilakukan retur terbaca stok tidak mencukupi. Harus ubah settingan retur menjadi mode 2 dari pengaturan – pengaturan umum
Q : Kenapa lisensi server tidak ditemukan pada ipos 5 ?
A : Apabila saat login terdapat error disebabkan karena :
- Service lisensi server tidak aktif pada komputer server
- Apabila error terjadi pada komputer client maka kemungkinan karena terblokir pada port TCP 5480
Solusi Untuk Kasus kedua (jika terjadi pada komputer client) :
- Masuk ke Window Firewall
- Coba membuka port tcp 5480,
Berikut link cara membuka port yang dibutuhkan pada iPos 5.0 : https://goo.gl/e95J9h
Q : Kenapa program ter close otomatis setiap satu jam, muncul notif seperti dibawah ini, Padahal komputer baru instal windows.
A : Terdapat opsi untuk menonaktifkan fitur auto backup atau menentukan interval waktu backup yang diinginkan. Silahkan di matikan auto backup database, lalu coba kembali.
Q : Kenapa ya tiba-tiba program ipos 5 saya menjadi “program dalam mode trial”
A : Sesuai dengan ketentuan lisensi untuk ipos 5 mendapatkan jatah 2x aktivasi, 1 serial tidak boleh diaktivasi secara bersamaan pada server yang berbeda.
Jika jatah aktivasi sudah habis maka harus melakukan pembelian baru.
Ada banyak hal yang menyembabkan program ipos menjadi mode trial :
- Update windows
- Install ulang pada windows
- Penggantian hardware seperti : processor, hardisk, mainboard
Langkah perbaikan nya : silahkan aktivasi kembali jika aktivasi masih tersisa, jika tidak silahkan hubungi pihak sales kami untuk aktivasi ulang.
Q : Kenapa saat tambah pelanggan saya input smpai 100 sudah tidak bisa dan harus manual ?
A : Pada menu program ipos silahkan buka “setting nomor”
Lalu di ubah sesuai kenginan nya, pada contoh masalah ini yang ingin ditambahkan “No. pelanggan”
Q :Apa saja Fungsi-fungsi pengaturan database pada menu pengaturan ?
A : Berikut Fungsi-fungsi pada Pengaturan Database :
- Buat Database : Membuat database baru.
- Hapus Database : Menghapus database yang ada. (Database aktif tidak bisa dihapus).
- Vacuum Standard : Merampingkan ukuran database, dengan mengapus hasil proses perhitungan database yang tidak berguna, Sehingga akan dapat mempercepat kinerja database.
- Vacuum Full : Sama seperti vaccum standard, pada facuum full prosesnya lebih lama.
- ReIndex : Membuat Index ulang yaitu mengatur index data sehingga menunjang algoritma dari database agar lebih cepat dalam pencarian data.
- Patch database adalah fungsi/fitur khusus untuk memperbaiki database, fungsi/fitur ini hanya bisa dilakukan apabila ada masalah pada database dan sesuai dari petunjuk kita.
Q : Di kasir saya kenapa tidak memunculkan harga jual item nya ?
A : Pada menu pengaturan, > pilih menu > data user > kelompok hak akses user > (centang) “tampil harga jual pada menu daftar item”
Q : Setiap saya mau cetak struk, kenapa langsung exit program ipos nya ?
A : Untuk kendala tersebut masuk, ke menu mini printer lalu hilangkan ceklis “logo pada mini printer”
Q : Kalau error transfer pada database pusat dan cabang biasa nya kenapa ?
A : Ada beberapa error yang sering terjadi saat melakukan import, contoh: Error transfer data item,Error transfer transaksi,Error transfer item beda lokasi
Berikut cara memperbaikinya:
- Error transfer data item
Error pada transfer data item biasanya disebabkan oleh data item dari database pusat bermasalah, yang paling sering di bagian tipe item dan satuan dasar yang kosong. Untuk memperbaiki satuan dasar bisa langsung dilakukan oleh user, sedangkan tipe item harus dibuatkan patch oleh Tim Support Inspirasibiz
- Error transfer transaksi
Error pada transfer transaksi yang paling sering disebabkan stok tidak cukup untuk transaksi, perbedaan versi program pada pusat dan cabang dan ada masasalah pada struktur database. Perbaikan masalah stok tidak cukup bisa dengan menambahkan stok sebelum tanggal transaksi. Jika versi program pada komputer pusat dan cabang berbeda maka akan muncul error saat import transaksi, untuk memperbaikinya silakan update program ke versi terbaru lalu ulangi proses eksport-import transaksi. Jika ada error dengan keterangan error pada tbl_xxx silakan konsultasikan dengan Tim Support Inspirasibiz
- Error transfer item beda lokasi
Error transfer item beda lokasi biasanya disebabkan oleh masalah yang sama dengan error transfer transaksi, jadi proses perbaikannya kurang lebih sama
Q : Apa yang menyembabkan aktiva dan kewajiban & modal saya tidak sama ?
A : Ada beberapa penyebab neraca tidak balance :
- minus pada kartu stock
- perubahan satuan item
- jurnal tidak seimbang
Untuk memperbaikinya coba lakukan proses analisa kesalahan sistem lalu perbaiki log error yang muncul, tutorial perbaikannya bisa dilihat pada artikel Stok Tidak Cukup Saat Penjualan. Khusus masalah jurnal tidak seimbang harus di cek transaksinya masing masing, berikut caranya:
- Buka menu laporan -> data jurnal -> analisa jurnal tidak seimbang -> proses
- Cek transaksi yang muncul
- Untuk transaksi kasir coba cek pembayarannya, jika ada 2 jenis pembayaran misal tunai + debit, pastikan tidak ada kembaliannya (nominal bayar harus pas tanpa ada kembalian)
- Ada juga jurnal tidak seimbang yang disebabkan desimal digit, coba naikkan desimal digit pada pengaturan umum lalu cek kembali transaksinya
- Jika ada transaksi kasir pending silakan diselesaikan atau dihapus
Q : Kenapa saya mau update program ipos, tombol update nya tidak bisa di klik.
A : Untuk agar bisa terupdate kembali silahkan perpanjang masa aktif. lalu melakukan pembaruan pada lisensi server.
Q : Kenapa saat mau login ke database saya, muncul keterangan erorr berikut ini ?
A : Silahkan buka posgresql.conf yang ada di drive C:\ipgsql\data\ dengan notepad dan edit di bagian max_connections ubah menjadi 1000 –> simpan, lalu restart service ipgsql.