...
Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan

Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan

Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan – Banyak pertanyaan yang menghampiri pelaku usaha ialah apa yang harus mereka lakukan agar produk disukai dan diminati konsumen? Atau bagaimana trik strategi marketing yang baik untuk bisnis mereka?

Mengetahui cara pemasaran produk yang benar memang menjadi hal terpenting ketika Anda menjalankan usaha, sebab berhubungan dengan performa bisnis. Maka dari itu, pebisnis perlu menerapkan trik marketing produk yang efektif.

Trik marketing yang paling efektif dalam meningkatkan bisnis ialah dengan mengetahui psikologi pelanggan ketika akan membeli sebuah produk. Trik marketing ini lebih dikenal dengan sebutan psikologi marketing.

Psikologi marketing sendiri merupakan pemahaman terkait hal-hal yang mempengaruhi emosi pelanggan dalam membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis. Misalnya, beberapa perusahaan besar menggunakan warna-warna yang mencolok pada logo maupun nama brand yang mereka miliki.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan trik marketing dalam teknik penjualannya. Sehingga, banyak konsumen yang tertarik membeli produk mereka ketika melihat logo ataupun nama brand perusahaan tersebut.

10+ Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan

Dengan memanfaatkan trik psikologi marketing dalam strategi pemasaran Anda, pemasaran Anda akan lebih mudah dan tentunya konversi penjualan Anda akan semakin lancar. Untuk itu, berikut trik marketing yag dapat gunakan agar bisnis Anda lebih cuan!

Beri Kesan Langka dan Penting pada Produk

Trik marketing yang pertama adalah gunakan strategi limited edition pada produk yang Anda jual. Cara ini dipercaya dapat mempengaruhi psikologis konsumen dengan menganggap produk yang Anda jual memiliki nilai dan hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang beruntung.

Hal tersebut diyakini dapat membuat pelanggan tidak ingin ketinggalan ataupun takut kehabisan dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan.

Trik Marketing dengan Launching Produk Baru secara Berkala

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan merasa mendapatkan hadiah setelah menemukan suatu hal yang baru, baik berbentuk informasi atau sebuah barang. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi psikologis mereka dalam membeli sebuah barang.

Contohnya, penambahan kata “new arrival” dapat membentuk persepesi pelanggan untuk segera membeli produk yang baru saja launching. Fenomena ini kemudian menjadi salah satu trik marketing yang dapat meningkatkan sebuah bisnis.

Masukkan Social Proof

Trik marketing satu ini memerlukan testimony dari pelanggan sebelumnya untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat penjualan produk yang memiliki product review jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang penjualannya tidak mencantumkan testimony atau social proof.

Review yang baik dapat membuat pelanggan baru untuk lebih yakin membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan social proof ini dengan membuat konten review dari influenecer atau pelanggan secara online.

Trik Marketing dengan Gunakan Teknik Resiprokal

Trik marketing yang paling banyak diminati oleh pelanggan adalah teknik psikologi resiprokal. Cara melakukan trik marketing satu ini adalah dengan menyediakan produk atau layanan yang dapat dinikmati pelanggan secara gratis.

Dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencoba, hal tersebut akan memberikan kesan yang nyata kepada mereka tentang kualitas produk yang ditawarkan. Jika pelanggan merasa puas, mereka dapat membeli atau memperpanjang produk untuk mendapatkan layanan lebih lanjut.

Misalnya seperti Trigonal Software yang menawarkan layanan demo gratis untuk pelanggan yang ingin merasakan pengelolaan bisnis dengan efisien dengan menggunakan IPOS. Dengan begitu, calon pelanggan dapat mencoba semua fitur yang ditawarkan IPOS melalui akun demo.

Gunakan Event Marketing

Membeli produk dari seseorang yang lebih berpengalaman tentu saja lebih meyakinkan bukan? Sama halnya dengan pelanggan. Mereka akan lebih membeli produk yang ditawarkan jika mereka mengetahui orang yang menjual produk tersebut adalah orang yang telah berpengalaman di bidangnya.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan menggelar sebuah event yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Anda bisa mengundang beberapa pakar ahli terkait topik yang akan dibahas untuk trik marketing yang satu ini. Topiknya pun harus sesuai dengan permasalahan konsumen yang membuat produk yang Anda tawarkan dapat menjadi solusinya.

Dengan begitu, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Highlight Unique Selling Point (USP) pada Produk

USP merupakan salah satu trik marketing yang banyak sekali digunakan oleh para pelaku bisnis. Dalam hal ini, pelanggan selalu ingin mendapatkan value dari produk atau jasa yang mereka beli.

Namun, value yang didapatkan tidak melulu mengenai harga, tetapi kemudahan dalam menggunakan produk yang ditawarkan pun juga dapat menjadi nilai tambah dimata pelanggan. Misalnya, IPOS menawarkan software pengelolaan bisnis melalui perangkat lunak.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan pelatihan agar dapat memahami fitur-fitur yang terdapat di dalam software. Oleh karena itu, IPOS menawarkan layanan demo gratis pada pelanggan agar mereka dapat mencoba semua fitur yang ditawarkan dalam aplikasi IPOS.

Trik Marketing dengan Manfaatkan Goldilocks Effect

Ketika membeli sebuah minuman boba, Anda pasti ditawarkan beragam pilihan topping yang dapat dicampur ke dalam minuman yang Anda pesan. Harga topping yang ditawarkan beragam sesuai dengan jenis topping yang Anda pilih. Fenomen inilah yang kemudian dinamakan sebagai goldilocks effect.

Dengan adanya pilihan topping tersebut, trik marketing ini dimaksudkan dapat membuat pelanggan membeli sesuai dengan selera mereka. Anda juga dapat menaruh “Top Seller” atau “Favorite” pada produk yang paling banyak digemari. Hal ini akan membantu pelanggan untuk lebih mudah membeli produk terbaik yang Anda jual.

Terapkan Strategi FOMO pada Produk

FOMO (Fear of Missing Out) dalam Bahasa Indonesia yang memiliki arti “takut ketinggalan”. Istilah ini f kini telah menjadi ungkapa populer dalam budaya konsumtif seperti sekarang ini.

Istilah ini ditujukan pada orang yang selalu mencari tren/informasi terbaru karena takut ketinggalan informasi.tren tersebut. Trik marketing ini dapat dilakukan dengan menggunakan frasa “jangan lewatkan!” pada iklan produk yang Anda pasarkan atau dengan menawarkan produk “limited edition” pada pelanggan.

Dengan memberitahu pelanggan bahwa produk yang Anda jual memiliki jumlah yang terbatas atau membuat urgensi penjualan suatu produk hanya dalam jangka waktu satu hari., Anda dapat meyakinkan konsumen bahwa waktu yang tepat untuk membeli produk Anda adalah “sekarang!”. Misalnya Anda dapat membuat kampanya Flash Sale atau dengan menawarkan kupon diskon untuk waktu yang terbatas.

Tunjukkan Company Branding

Dengan memperlihatkan image yang baik di mata pelanggan, Anda dapat menarik perhatian mereka untuk membeli produk yang Anda jual. Dengan image yang baik inim pelanggan akan berpikir bahwa kualitas produk yang dijual merupakan kualitas yang bagus dan membuat mereka percaya pada brand Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan company branding untuk meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan yang berpotensi

Trik Marketing dengan Permainan Warna

Walaupun kelihatannya sepele, trik marketing satu ini dipercaya mampu menguggah perhatian pelanggan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan. Sebuah penelitian marketing terkait Dampak Warna Pada Marketing menunjukkan bahwa 62% – 90% orang akan membeli sebuah produk berdasarkan warna.

Dalam dunia marketing sendiri, warna seringkali digunakan untuk membujuk atau mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual. Maka dari itu, Anda dapat memainkan warna untuk proses pengiklanan atau pemasaran, bentuk logo, atau produk Anda sendiri.

Dalam meningkatkan bisnis, diperlukan proses marketing yang efektif. Untuk mendapatkan proses marketing yang efektif tentunya membutuhkan beberapa trik yang dapat membantu proses pemasaran. IPOS menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan lebih efketif dan efisien. Karena dengan bantuan IPOS, proses transaksi dapat lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnsi Anda dengan tips marketing yang sudah disebutkan di atas.

Tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off