Prospek Bisnis : Pengertian dan Tips Jitu Memaksimalkannya – Para pebisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah prospek bisnis. Sebelum melakukan sebuah bisnis, pebisnis biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik atau sebaliknya.
Pengertian prospek adalah suatu harapan atau kemungkinan (KBBI). Jika diartikan secara sederhana, prospek berarti suatu potensi yang dimiliki untuk menghasilkan dampak tertentu. Dalam dunia bisnis, dampak yang dimaksud adalah suatu keuntungan untuk bisnis itu sendiri.
Table of Contents
Pengertian Prospek Bisnis
Prospek bisnis adalah calon pembeli/konsumen/pelanggan yang memiliki keinginan terhadap suatu produk atau jasa. Dimana calon pelanggan ini nantinya akan diharapkan dan memiliki kemungkinan untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah bisnis.
Pengertian Prospek Bisnis Menurut Ahli
Beberapa ahli juga memiliki pengertian sendiri mengenai prospek bisnis adalah :
Siswanto Sutojo : 1945
Prospek bisnis adalah suatu gambaran jelas terkait peluang dan juga ancaman dari suatu aktivitas pemasaran dan juga penjualan di masa yang akan datang.
Bilson Somamora : 2001
Prospek bisnis adalah kelompok, organisasi, atau individu yang dinilai memiliki potensi dalam melakukan suatu pertukaran bisnis atau calon pembeli yang memiliki kemauan pada suatu produk ataupun jasa.
M Ridki Zarkasyi : 2013
Prospek bisnis adalah suatu gambaran keberlangsungan suatu ide di masa depan yang berupa peluang yang masih harus diadaptasikan dengan berbagai keterbatasan dan kondisi yang melingkupinya.
Paul R. Krugman
Prospek bisnis adalah peluang yang timbul atas usaha seseorang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meraih kemungkinan.
Djasmin
Prospek bisnis adalah kebijakan yang diambil perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan cara memanfaatkan semua peluang dan mengatasi semua hambatan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.
Istilah prospek lebih sering digunakan dalam dunia bisnis untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan peluang dan risiko yang akan muncul dalam kegiatan pemasaran dan penjualan yang bersifat tidak pasti.
Karena itulah definisi para ahli di atas merupakan definisi berdasarkan sudut pandang bisnis atau perusahaan.
Pengertian Prospek Menurut Penempatannya
Selain di dunia bisnis, istilah prospek juga digunakan di beberapa tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut :
Pekerjaan
Di dalam dunia kerja, dikenal dengan istilah prospek kerja. Prospek kerja adalah peluang kerja yang tersedia di masa depan. Contoh dari prospek ini adalah dokter dimana prospek untuk menjadi seorang dokter adalah mahasiswa jurusan kedokteran saja.
Karir
Prospek karir adalah peluang bagi seorang karyawan untuk mendapatkan promosi dan jenjang karir yang lebih baik di dalam suatu perusahaan di masa yang akan datang.
Usaha
Prospek usaha adalah gambaran tentang keberlangsungan suatu usaha di masa depan yang memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih baik, bertahan di posisi saat ini, atau bangkrut.
Ekonomi
Prospek ekonomi adalah suatu gambaran kondisi ekonomi pada suatu negara pada masa yang akan datang. Contoh prospek ini adalah bila suatu negara dilanda krisis, banyaknya utang, dan sering terjadi peperangan maka prospek ekonomi di negara tersebut sangatlah buruk.
Cara Melakukan Prospek Bisnis yang Baik
Setelah mengetahui pengertian dari apa itu prospek bisnis, maka Anda bisa menerapkan berbagai cara agar bisa melakukan prospek kerja yang baik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Mencari Rekan Kerja yang Tepat
Salah satu strategi yang paling cepat agar bisa mendapatkan prospek yang maksimal adalah dengan cara mencari dan juga menemukan seorang rekan bisnis yang tersedia membantu bisnis Anda.
Tapi dalam menjalankan kerja sama ataupun melakukan arti prospek yang sebenarnya, Anda harus benar-benar mencari rekan kerja yang memiliki karakter pemimpin dan ingin melakukan kerja sama secara sehat dan memiliki bentuk kerja sama yang kuat.
Lakukan Komunikasi yang Baik untuk Mendapatkan Prospek Bisnis
Komunikasi merupakan kontak awal dengan para konsumen. Dengan adanya komunikasi yang baik dan yakin makin hal tersebut nantinya akan menciptakan kepercayaan dari suatu prospek. Anda bisa mulai menjalin komunikasi tersebut melalui jaringan media sosial dan Anda bisa memulai suatu kontak email ataupun telepon.
Jika Anda sudah mendapatkan kontak dari calon konsumen, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menjalin suatu hubungan komunikasi yang baik pada calon konsumen.
Jangan lupa juga untuk mencatatkan data diri calon konsumen Anda dalam suatu dokumen yang Anda miliki. Walaupun calon konsumen tidak jadi melakukan transaksi pada produk yang Anda juga. Jika suatu saat nanti konsumen tersebut kembali melakukan transaksi, maka data konsumen tersebut sudah Anda miliki.
Membangun Sebuah Hubungan yang Personal dengan Prospek Bisnis
Pengertian dari apa itu prospek bisa Anda terapkan dalam bisnis dengan menjalankan suatu hubungan profesional dengan para konsumen. Jika Anda hanya lebih fokus pada relasi antara penjual dengan pembeli secara formalitas, maka bisnis Anda tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana.
Tapi agar prospek ini bisa terus berjalan sesuai dengan kepentingan, cobalah untuk bisa lebih mendekati calon konsumen secara personal. Contohnya seperti dengan menanyakan kebutuhan konsumen, meminta masukan dari calon konsumen, menghafal nama setiap calon konsumen, melakukan suatu perjumpaan atau melakukan suatu meeting online agar bisa menjalin hubungan yang lebih personal.
Jadilah Sumber yang Dapat Dipercaya oleh Prospek Bisnis
Hal yang harus dilakukan agar prospek Anda maksimal adalah dengan membuat setiap konsumen percaya pada produk yang Anda miliki.
Anda bisa memulai dari tingkat pengetahuan Anda terkait suatu bisnis yang dimiliki, mengetahui harga jual pada suatu produk, lebih fokus pada pelayanan, kualitas, dan juga komunikasi dengan pelanggan agar bisa memperoleh kepercayaan agar prospek tersebut bisa sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
Melakukan sebuah Follow Up
Follow up adalah salah satu bagian penting dari pengertian apa itu prospek. Tapi untuk melakukan suatu follow up hingga bisa closing, diperlukan cara khusus untuk bisa melakukannya. Agar prospek ini memiliki hasil yang maksimal, terdapat beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan sampai konsumen potensial Anda benar-benar mau menggunakan produk Anda, yaitu :
- Saat menghubungi konsumen dan memperkenalkan diri. Cobalah untuk membiarkan konsumen Anda dalam beberapa menit untuk mengingat kembali tanpa harus Anda beri tahu. Tapi akan lebih baik lagi bila konsumen Anda bisa mengingat percakapan Anda beberapa waktu lalu. Karena, hal tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam menawarkan penawaran dan bahkan untuk mencapai closing.
- Lalu, buatlah konsumen Anda untuk merasa yakin bahwa tujuan Anda dalam menghubungi mereka adalah untuk menawarkan solusi yang tepat terkait apa yang mereka perlukan.
- Bila memang ada situasi yang tidak memungkinkan dalam suatu transaksi, maka jangan langsung closing pada saat itu. Namun, Anda harus melakukan beberapa tahapan follow up kembali, seperti menelepon dan mengirimkan e-mail untuk melakukan
Melakukan follow up ini tidak bisa diprediksi terkait kapan harus diakhiri. Tapi, Anda juga tidak bisa memaksa ataupun menghubungi calon konsumen Anda secara terus menerus.
Karena jika Anda melakukan hal tersebut dengan cara yang tidak benar, maka akan membuat calon konsumen Anda risih dan juga akan menghindari Anda. Sehingga, prospek pun tidak bisa berjalan dengan baik dan tidak membawa suatu dampak yang baik dalam bisnis Anda.
Membuat sebuah Artikel pada Blog Anda
Selain dengan menggunakan cara di atas, Anda juga bisa melakukan prospek melalui akun media sosial yang Anda miliki. Cara yang paling membantu Anda untuk bisa mendapatkan prospek adalah dengan cara menulis artikel pada setiap blog yang Anda miliki.
Contohnya bila Anda menjual suatu produk pakaian, maka jenis artikel yang sesuai dengan Anda adalah pembahasan terkait dunia fashion. Di dalam blog ini, Anda bisa membahas berbagai hal seputar gaya fashion apa saja yang saat ini sedang menjadi trending, dan fashion apa saja yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang.
Jangan lupa juga untuk membuat link di dalam artikel Anda, yang mana link tersebut nantinya akan terkoneksi dengan halaman produk bisnis Anda. Sehingga untuk para pembaca, mereka bisa mengunjungi halaman ataupun akun bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga bisa membagikan artikel Anda pada akun sosial media lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan juga halaman lainnya. Sehingga Anda tidak hanya bisa menjangkau prospek dan membuat bisnis Anda lebih terekspos.
Demikian penjelasan mengenai prospek bisnis dan cara melakukan prospek bisnis yang baik. Selain melakukan cara di atas, Anda juga harus memerhatikan kondisi keuangan perusahaan Anda. Karena kondisi keuangan akan sangat berdampak pada prospek perusahaan Anda. Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik dalam bisnis, maka perkembangan positif perusahaan pun akan sulit untuk diraih.
Dalam mengelola keuangan perusahaan dengan baik, Anda bisa memanfaatkan software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi seperti IPOS.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4