Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis secara Efektif

Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis secara Efektif

5 Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis secara Efektif – Mengelola keuangan dengan baik adalah salah satu hal yang terpenting saat memiliki usaha. Jika Anda tidak cukup ahli dalam mengatur keuangan, maka bersiaplah bisnis Anda akan mengalami kesulitan dalam berkembang.

Sebuah bisnis yang sehat membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Jumlah pemasukan dan pengeluaran harus dipastikan seimbang, tidak hanya mengelola keuangan pelaku bisnis juga perlu mengatur arus kas dan bagaimana cara menjaga arus kas tersebut agar tetap lancar. Sayangnya, masih ada pebisnis yang menyepelekan pengelolaan keuangan dalam bisnisnya.

Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis secara Efektif

Jika Anda ingin memiliki sebuah usaha yang berjalan dengan mulus dan lebih profitable, maka pastikan setidaknya pengelolaan keuangan perusahaan Anda juga cukup baik. Salah satunya dengan perubahan sederhana pada operasi bisnis sehari-hari Anda.

Karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatur pengeluaran bisnis Anda secara efektif sehingga pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan. Berikut penjelasannya.

1. Efisien Biaya Tenaga Kerja

Pertimbangkan hanya memiliki beberapa karyawan penuh dalam bisnis dan selebihnya pekerjaan diselesaikan oleh pekerja lepas dan magang.

Pekerja lepas dana freelance dapat menangani pekerjaan khusus jangka pendek. Anda dapat membayarnya per proyek. Ketika Anda bekerja dengan freelancer yang benar-benar menonjol menurut Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan mereka di kontraktor biasa atau bahkan mempekerjakan mereka penuh waktu.

Dengan mempekerjakan seseorang yang sudah akrab dengan perusahaan Anda. Anda akan menghemat uang untuk pelatihan.

Baca Juga :   Dompet Elektronik, Solusi Modern Transaksi Tanpa Uang Tunai!

Mempekerjakan pekerja magang bisa menjadi win-win solution. Seorang anak magang akan mendapatkan pengalaman berharga sementara Anda akan mendapatkan tenaga kerja berbiaya rendah.

Satu-satunya masalah yang ada mungkin hanya pelatihan ekstensif mungkin diperlukan untuk mempercepat prosedur dan adaptasi di bisnis Anda. Anda bisa mempertimbangkan biaya dan manfaatnya sebelum mempekerjakan magang.

2. Kurangi Biaya Persediaan

Jika Anda menjalankan bisnis seperti restoran, Anda mungkin melakukan banyak pembelian grosir. Sebagai pemilik bisnis, Anda secara konsisten harus memantau biaya pasokan dengan mencari diskon dan mempertimbangkan sumber alternatif.

Jangan malu untuk meminta diskon. Banyak bisnis yang menawarkan diskon produk dan layanan kepada bisnis lain dengan harapan bisa dibalas di beberapa titik. Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan diskon dengan menempatkan diri Anda sebagai konsumen ‘berharga’ di mata pemasok dan bisnis lain dengan selalu membayar tagihan sesegera mungkin. Beberapa pemasok bahkan menawarkan diskon untuk pembayaran lebih awal.

3. Memotong Biaya Iklan

Bisnis kecil rata-rata menghabiskan sekitar 1 persen dari pendapatan mereka untuk iklan.

Jadi jika sebuah perusahaan menghasilkan sekitar Rp. 500.000.000 dalam setahun, maka setidaknya mereka membelanjakan sekitar Rp. 5.000.000 pertahun untuk iklan. Angka itu mungkin jauh lebih tinggi untuk bisnis berbasis layanan atau bisnis yang baru saja dimulai.

Namun, Anda bisa memangkas pengeluran bisnis untuk iklan dengan memanfaatkan internet. Anda bisa membangun kehadiran online tanpa menghabiskan terlalu banyak uang dengan membuat halaman Facebook atau situs Web. Pastikan juga untuk men-tweet segala hal tentang bisnis Anda di Twitter serta buat Buletin Email. Semua cara tersebut adalah cara yang terjangkau untuk beriklan secara online.

untuk cara gratis, Anda bisa mempraktikan SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari seperti Google.

Baca Juga :   Prospek Kerja Manajemen yang Sangat Dibutuhkan, Apa Saja?

4. Perbolehkan Karyawan Bekerja dari Rumah

Mengizinkan karyawan Anda bekerja dari rumah akan menghemat banyak biaya overhead. Anda akan menghemat perlengkapan kantor, utilitas, dan bahkan mungkin biaya sewa untuk ruang kantor Anda.

Teknologi semakin memudahkan tenaga kerja untuk terhubung dari mana saja dan kapan saja, sehingga tidak perlu lagi terkunci di ruang kantor tradisional.

5. Manfaatkan Teknologi

Teknologi telah membawa kemudahan dan tentunya penghematan dalam pengeluaran bisnis. Anda bisa menggunakan alat atau software yang dapat menunjang profitabilitas bisnis, salah satunya adalah software toko.

Dengan menggunakan software toko terutama berbasis cloud, Anda bisa menghemat kertas, memantau bisnis kapan pun dan dimana pun Anda mau dan memudahkan proses pembukuan dan akuntansi usaha Anda.

IPOS adalah software toko berbasis cloud yang sudah dikembangkan untuk membantu mengelola segala urusan bisnis Anda. IPOS dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis usaha, seperti toko kue, grosir, supermarket,minimarket bahkan online shop.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off