Bisnis minimarket merupakan bisnis yang menguntungkan. Bisnis minimarket bukan tipe bisnis musiman, sehingga akan tetap selalu laku dalam setiap situasi. Minimarket menyediakan barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari seperti makanan, minuman, peralatan rumah tangga, peralatan mandi, peralatan sekolah, dll. Berikut beberapa tips untuk memulai dan menjalankan bisnis minimarket:
Table of Contents
1. Menyediakan Bangunan yang Nyaman
Bangunan yang nyaman tentu menjadi faktor penting bagi kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Bayangkan ada 2 toko, Bangunan Toko A mempunyai desain interior yang rapi, bersih, terdapat fasilitas AC, lampu yang terang, rak juga tertata rapi. Sedangkan bangunan Toko B kotor, desain interior tidak diperhatikan seperti tembok yang tidak dicat, lampu yang redup, dan rak tidak tertata rapi. Seandainya Anda sebagai konsumen, tentu Anda akan lebih nyaman berbelanja di Toko A, bukan?
2. Lokasi Usaha yang Strategis
Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor penting bagi keberhasilan bisnis minimarket. Karena lokasi yang dekat dengan pasar, pemukiman penduduk, pusat perbelanjaan, tentu lebih besar peluangnya untuk didatangi kosumen dibandingkan dengan minimarket yang lokasi nya jauh dari keramaian masyarakat.
3. Menjalin Kerjasama yang Baik dengan Supplier
Supplier merupakan klient yang penting untuk bisnis minimarket Anda. Anda bisa bekerjasama untuk mendapatkan pasokan barang yang lengkap dengan harga yang lebih murah sehingga minimarket Anda dapat mengadakan promo atau discount rutin bulanan.
4. Mengikuti Trend
Karena minimarket menyediakan kebutuhan sehari-hari konsumen, maka minimarket juga harus mengikuti trend kebutuhan yang berubah supaya tetap relevan. Misalkan ketika pandemi konsumen banyak membutuhkan produk kesehatan, maka sediakanlah produk kesehatan di minimarket Anda.
5. Pelayanan yang Ramah
Pelayanan karyawan yang ramah dapat membuat konsumen merasa nyaman berbelanja di minimarket Anda dan tidak ragu untuk berkunjung kembali. Keramahan kepada konsumen dapat ditunjukkan dengan memberikan sapaan ketika konsumen baru datang, menjawab pertanyaan konsumen dengan detail tentang barang yang dijual jika mereka bertanya dan melayani dengan ramah ketika konsumen membayar di kasir. Jika karyawan minimarket tidak ramah terhadap konsumen, mereka akan sungkan dan tidak nyaman untuk berbelanja kembali.
6. Menyediakan Perlengkapan yang Dibutuhkan
Persiapkan segala perlengkapan seperti PC kasir, printer, rak barang, kulkas, kamera CCTV, mesin pembayaran non tunai, dll. Jika Anda membeli lisensi minimarket dengan sistem waralaba, terdapat keuntungan tersendiri karena biasanya semua perlengkapan tersebut sudah dipersiapkan oleh perusahaan induk.
7. Menggunakan Teknologi
Di era digital, penggunaan teknologi dalam bisnis adalah sebuah keharusan untuk meningkatkan performa bisnis. Kini, pengelolaan keuangan bisnis menjadi simple dengan adanya Program IPOS yang sudah terintegrasi lengkap antara program akuntansi dan point of sales. Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan akuntansi lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola keuangan bisnis minimarket Anda.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4