Cara Membuat Sales Plan dengan Mudah agar Penjualan Lancar – Sales plan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh bisnis, khususnya tim penjualan. Di mana tim sales perlu mengetahui bagaimana cara membuat sales plan yang tepat dan efektif guna mencapai tujuan sales yang ditetapkan.
Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang apa itu sales plan, manfaat dan cara membuatnya di artikel di bawah ini!
Table of Contents
Pengertian Sales Plan
Sales plan adalah rencana terkait penjualan bisnis atau perusahaan Anda. Rencana ini menjabarkan tujuan, strategi tingkat tinggi, target audiens, dan hambatan potensial yang mungkin akan dihadapi.
Apabila business plan menjabarkan tentang tujuan bisnis Anda, maka sales plan bertujuan untuk menjelaskan dengan tepat bagaimana Anda akan mewujudkan rencana bisnis tersebut. Sales plan yang efektif ialah perencanaan yang menyertakan informasi terkait target audiens bisnis Anda, tujuan pendapatan, struktur tim, strategi penjualan dan pemasaran, serta sumber daya yang diperlukan untuk mencapai targetnya.
Manfaat Sales Plan
Membuat sales plan dapat membantu Anda untuk menetapkan target dan strategi penjualan yang tepat untuk bisnis Anda. Selain itu juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk memenuhi target dan tujuan Anda.
Di sisi lain, sales plan juga dapat memberikan manfaat lainnya yang dapat membantu bisnis Anda, seperti berikut ini :
- Menentukan serangkaian target penjualan.
- Memilih pendekatan penjualan yang sesuai dengan target pasar Anda.
- Mengidentifikasi taktik penjualan untuk tim penjualan Anda.
- Meningkatkan motivasi dan fokus tim penjualan Anda.
- Membantu membuat anggaran dan klarifikasi langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapai target Anda.
- Meninjau tujuan Anda secara berkala dan meningkatkan pendekatan Anda untuk penjualan.
- Menetapkan strategi pemasaran yang dapat mengarahkan upaya tim penjualan Anda.
Cara Membuat Sales Plan dengan Mudah
Dirangkum dari laman Pipedrive, Hubspot, dan sumber lainnya, cara membuat sales plan secara mudah adalah sebagai berikut :
Tetapkanlah Tujuan Tim atau Perusahaan
Cara pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat sales plan adalah dengan menguraikan tujuan perusahaan atau tim Anda. Sehingga, seluruh anggota tim sales dapat lebih fokus dalam mengejarnya. Anda harus mengetahui tujuan dibentuknya perusahaan, masalah yang inign diselesaikan oleh perusahaan Anda, dan nilai yang Anda tawarkan pada pelanggan.
Dalam hal ini, Anda bisa mengetahui informasi tersebut dengan berkolaborasi bersama pimpinan perusahaan, tim marketing, dan lain sebagainya.
Selain itu, cobalah untuk melakukan analisis kompetitor. Kenapa? Karena hal tersebut akan membantu Anda dalam memahami posisi perusahaan dan juga unique proposition Anda sendiri.
Cara Membuat Sales Plan : Miliki Target
Jika Anda sudah memahami tujuan umum perusahaan, maka cara selanjutnya dalam membuat sales plan adalah Anda harus menetapkan target penjualan dalam bentuk angka.
Dikutip dari laman Close, cara menentukannya adalah dengan melakukan riset tangka target secara realistis berdasarkan industri, dilanjutkan dengan menanyakan jangka waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu penjualan, lalu menghitung insentif tim secara layak.
Anda dapat meramu ketiga hal tersebut untuk menjadi target yang realistis, sehingga Anda tidak asal dalam membuat target.
Perlu Anda garis bawahi bahwa ada banyak faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Artinya, target angka sales di atas sangat mungkin sekali untuk tidak tercapai. Di sisi lain, target dalam bentuk proses akan lebih mudah untuk diraih. Sehingga, hal tersebut dapat menurunkan tingkat stress anggota tim Anda, karena mereka akan merasa mampu bisa meraih tujuan yang ada.
Tuliskan Struktur Organisasi
Selanjutnya, Anda harus mengetahui seluruh anggota tim Anda dan tanggung jawab mereka. Lalu, catat hal tersebut dalam sales plan Anda. Jabarkan juga tentang adanya rencana penambahan anggota bila memang Anda. Sehingga, Anda bisa membuat rencana penjualan yang lebih berkualitas.
Cara Membuat Sales Plan : Tetapkanlah Target Audiens
Cara membuat sales plan berikutnya adalah dengan mengetahui demografi target atau sasaran pasar Anda. Untuk mengetahui target audiens Anda, Anda dapat membuat buyer persona untuk masing-masing produk yang berbeda.
Berdasarkan laman Hootsuite, buyer persona adalah tokoh fiksi yang memiliki ciri-ciri dari target audiens Anda. Dengan adanya target audiens yang lebih jelas, maka Anda dapat mengetahui kepada siapa produk Anda harus ditawarkan. Sehingga, akan membuat proses penjualan lebih optimal.
Rancang Metode dan Strategi Penjualan
Terdapat tiga strategi penjualan yang secara umum harus Anda tetapkan, yaitu :
- Sales methodology, praktik dan pendekatan yang akan membentuk rencana penjualan.
- Sales stages, berbagai tahapan yang dibutuhkan dalam mengubah prospek menjadi pelanggan.
- Sales playbook, teknik menghubungi audiens di dalam tahap proses penjualan.
Buat Rencana Eksekusi
Perlahan tapi pasti, rencana penjualan Anda akan semakin matang. Anda hanya harus melengkapinya dengan rencana eksekusi yang lebih detail. Cobalah untuk menulis kapan suatu langkah teknis bisa dilakukan. Caranya dengan membuat deadline, sehingga rencana tidak hanya menjadi rencana saja.
Contohnya, Anda harus mencari sumber daya manusia sales baru, tentukanlah waktu perekrutan tersebut. Lalu, Anda harus mengetahui kondisi sumber daya yang sudah ada dan waktu mereka dalam mulai bekerja agar dapat mencapai angka target penjualan.
Cara Membuat Sales Plan : Pikirkan Rencana Evaluasi
Tahapan yang terakhir dalam membuat sales plan adalah membuat rencana evaluasi. Anda harus dapat memastikan berbagai target seperti closing dan sales call dapat tercapai. Jangan sampai terdapat masalah yang harus Anda selesaikan nantinya.
Evaluasi bisa dilakukan pada akhir bulan ataupun kuartal. Anda tinggal menentukan semuanya sesuai dengan kebutuhan.
Demikian penjelasan mengenai cara membuat sales plan dengan mudah yang bisa membantu penjualan Anda naik. Di dalamnya, jangan lupa untuk mencatat setiap penjualan dan kegiatan transaksi yang terjadi agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan dan keuntungan yang berhasil Anda raih.
Jika Anda merasa kesulitan, gunakan IPOS!
IPOS adalah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi sehingga bisa membantu pengelolaan keuangan bisnis. Dengan fitur-fitur canggihnya, IPOS dapat mempermudah proses pembukuan, pencatatan transaksi, membuat laporan keuangan, dan lain sebagainya.
Buktikan sendiri dengan coba gratis IPOS di sini sekarang juga!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau