Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis UKM – Untuk Anda yang sedang menjalankan suatu bisnis, pasti ingin meraih kesuksesan, bukan? Namun, untuk bisa menjalankan bisnis hingga sukses pasti akan membutuhkan perjuangan. Anda harus melakukan berbagai macam upaya agar bisnis laris manis di pasaran. Salah satu upayanya adalah dengan menentukan target market yang sesuai dengan bisnis Anda.
Untuk bisa melakukannya, maka Anda perlu mengetahui dnegan benar tentang target market. Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini :
Table of Contents
Pengertian Target Pasar?
Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan target pasar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu pengertiannya. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya, target pasar ialah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen.
Dalam menetapkan target pasar, perusahaan harus lebih dulu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri yang hampir sama. Biasanya, mempunyai rentan umur, sifat, dan karakter yang hampir sama.
Hal ini penting karena perusahaan tidak mampu melayani semua konsumen atau pembeli di pasar karena beragamnya kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani.
Pentingnya Menentukan Target Pasar
Dapat dikatakan bahwa target pasar adalah standar kualitas produk. Dengan melakukan target pasar, Anda dapat menciptakan produk sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen, juga harga yang sesuai kantong mereka. Jika tidak, bisa jadi produk Anda sulit bertahan di pasaran. Mengapa begitu?
Alasannya karena konsumen merasa tidak membutuhkannya, sehingga tidak akan membelinya. Bisa juga karena produk tidak sesuai dengan minat mereka, sehingga tidak tertarik untuk membelinya. Harga yang relatif mahal juga bisa mempengaruhi minat konsumen untuk membeli suatu produk. Maka dari itu, Anda membutuhkan target market sebagai ukuran standar produk pada bisnis Anda.
Tidak hanya itu, target pasar juga akan berfungsi untuk menentukan ke mana produk Anda harus dipromosikan. Apabila target Anda adalah anak-anak muda, maka Anda harus mengikuti tren di antara mereka. Contohnya dengan mempromosikan produk di media sosial, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahuinya.
Kini, Anda telah mengetahui seperti apa target market itu dan bagaimana tips yang baik untuk bisa menentukannya dengan tepat. Tetaplah berjuang dengan gigih untuk mengembangkan bisnis Anda. Prosesnya mungkin tidak instan, tapi jika dilakukan dengan sabar, gigih, dan terus berinovasi, Anda pasti dapat meraih kesuksesan.
5 Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis UKM atau UMKM
Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Anda :
Tentukan Siapa Konsumen Anda
Setelah Anda memiliki ide produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Anda. Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut :
- Geografi
Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand Anda. Misal, penjualan pupuk pada wilayah perkebunan.
Segmentasi ini mencakup lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi, dan wilayah.
- Demographic
Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan penting. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk atau brand yang dipasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.
Seperti contoh, ketika produk yang akan dipasarkan berupa kosmetik untuk menunda penuaan dini, Anda tidak akan memasarkannya kepada perempuan remaja yang berumur 12-17 tahun melainkan kepada wanita berumur 30 tahun ke atas.
- Psikologi
Anda dapat membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi pasar ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan, dan sebagainya. Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya. Segmentasi psikografis berdasarkan pada gaya hidup mereka atau kelas sosio-ekonomi.
Mengetahui Kebutuhan Target Pasar
Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang Anda sasar. Cara menentukan target pasar ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tes produk.
Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan. Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk. Maksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target Anda.
Cara Menentukan Target Pasar dengan Melakukan Evaluasi
Cara menentukan target pasar ketiga adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan. UKM di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen.
Jangan sampai, ketika Anda telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Anda salah. Akibatnya bisnis yang Anda bangun mati di tengah jalan.
Tentukan Strategi Pemasaran
Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena setiap target memiliki gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasrannya. Misalnya, target Anda remaja usia 17-20 tahun, maka target pemasarannya harus melalui social media. Sebab, rentan usia 17-20 sangat dekat dengan social media seperti Instagram.
Evaluasi Respon Pasar
Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang Anda terapkan berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif, Anda dapat mengubah strategi pemasaran produk. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Lakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.
Pentingnya menentukan target pasar memang menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memulai bisnis. Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis Anda terus maju dan berkembang. IPOS merupakan salah satu program toko yang sudah terintegrasi akuntansi dapat memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis.
Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis, tanpa membutuhkan banyak wajtu. IPOS juga menghadirkan fitur database pelanggan sehingga Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda sudah tepat sasaran, atau harus diperluas lagi jangkauan target pasarnya.
Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur IPOS lainnya untuk mengelola keuangan bisnis Anda.
Coba gratis IPOS di sini sekarang juga.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4