Cara Menyusun Anggaran Perusahaan yang Benar agar Cuan – Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik ke depannya, maka sebuah perusahaan juga harus membuat perencanaan anggaran belanja yang nyata. Karena anggaran belanja dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui pertumbuhannya. Biasanya anggaran perusahaan dibuat atau disusun untuk satu tahun ke depan.
Selain itu, dengan melihat anggaran, kita juga bisa mengetahui apakah pengeluaran untuk belanja sejalan dengan pendapatan yang masuk dalam tahun berjalan. Karenanya, membuat perencanaan anggaran sebaiknya dibuat oleh pelaku usaha bahkan rumah tangga pun perlu perencanaan anggaran. Sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana cara menyusun anggaran perusahaan yang benar.
Table of Contents
Pengertian Anggaran Perusahaan
Anggaran perusahaan merupakan sebuah rencana keuangan yang disusun sebagai salah satu indikator dan barometer pengeluaran perusahaan selama satu tahun. Anggaran belanja disusun secara terukur dan sistematis sesuai dengan kebutuhan perusahaan satu tahun ke depan.
Biasanya anggaran perusahaan dibuat beberapa bulan sebelum akhir tahun. Pada kasus lain, anggaran perusahaan disebut pula sebagai anggaran belanja perusahaan karena isi dari anggaran perusahaan merupakan rancangan hal apa yang akan dibeli atau dikeluarkan perusahaan.
Untuk membuat anggaran perusahaan ini, Anda memerlukan kecermatan dan ketelitian. Sementara data atau informasi yang digunakan, dapat diambil dari catatan neraca kas yang terdapat di perusahaan.
Pada umumnya, cara menyusun anggaran perusahaan satu dengan perusahaan lainnya sama. Hanya saja, akan terdapat sedikit penyesuaian saja untuk kegiatannya.
Jenis-Jenis Anggaran Perusahaan
Anggaran-anggaran yang telah direncakan tersebut juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis anggaran ini berdasarkan pada fungsi anggaran tersebut. Berikut jenis anggaran perusahaan, di antaranya.
-
Appropriation Budget
Yaitu anggaran yang difungsikan sebagai anggaran yang implementasinya dengan memberikan batasan terhadap pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan. Anggaran yang dikeluarkan yang dimaksud ialah anggaran dengan jumlah maksimum yang telah ditetapkan sebelumnya.
-
Performance Budget
Merupakan anggaran yang dianggarkan pada event atau proyek tertentu saja. Anggaran ini dikeluarkan hanya berdasarkan fungsi proyek yang akan dilakukan. Maka dalam hal ini akan memungkinkan dibuatnya penilaian atas proyek-proyek yang akan dilakukan. Pengawasan pada anggaran ini hanya dilihat dari bagaimana proyek-proyek ini menghasilkan target yang dicapai.
-
Flexible Budget
Yaitu anggaran yang dikeluarkan pada waktu-waktu tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Anggaran fleksibel adalah suatu anggaran yang dibuat dalam rentang aktivitas. Yang artinya beberapa aktivitas dipecah-pecah dari suatu rentang yang relevan.
-
Fixed Budget
Pada kategori fixed budget satu ini, anggaran dibuat hanya pada satu kegiatan atau proyek pada periode jangka waktu tertentu. Artinya, anggaran ini bersifat pasti dan tidak bisa diubah atau dihilangkan akrena menjadi salah satu hal terpenting pada suatu perusahaan.
Cara Menyusun Anggaran Perusahaan
Hal-hal yang biasanya dianggarkan oleh perusahaan adalah biaya administrasi, biaya produksi, operasional, marketing, dan biaya-biaya lainnya yang menunjang tujuan perusahaan.
Sebagai seorang pemimpin perusahaan atau yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, Anda wajib mengetahui cara menyusun anggaran perusahaan. Berikut 4 cara menyusun anggaran perusahaan yang dapat Anda lakukan.
-
Penentuan Pedoman Anggaran
Langkah pertama dalam menyusun anggaran perusahaan adalah menentukan pedoman anggaran. Pedoman ini dapat dibuat berdasarkan anggaran belanja selama satu tahun sebelumnya dengan penyesuaian kegiatan tahun berikutnya.
Anggaran belanja sebaiknya dibuat serta disiapkan beberapa bulan sebelum tahun anggaran baru dimulai. Pada tahap ini, peran manajemen puncak akan sangat berpengaruh. Manajemen puncak dapat menetapkan rencana anggaran perusahaan sebagai dasar untuk menyusun anggaran perusahaan. Adapun rencana tersebut sebaiknya juga meliputi tujuan, asumsi, dan manfaat dari anggaran yang akan dibuat.
Selain itu, manajemen puncak juga harus membentuk panitia untuk menyusun anggaran perusahaan sehingga tugas dan tanggung jawab akan jelas.
-
Persiapan Anggaran
Persiapan anggaran tidak hanya dilakukan oleh manajemen puncak dan staff bagian akuntansi saja, tetapi juga semua divisi yang terdapat di perusahaan juga harus berperan. Pada tahap ini kerjasama yang solid dari semua pihak akan sangat membantu untuk berjalannya kegiatan.
-
Penentuan Anggaran
Langkah berikutnya adalah menentukan angaran. Untuk menentukan anggaran, ada tiga kegiatan yang perlu dilakukan.
Pertama, setiap karyawan dalam setiap divisi merundingkan hasil persiapan yang sudah diilakukan. Anggaran yang dibuat sebaiknya mengakomodasi semua kebutuhan. Kedua, melakukan koordinasi dan penelaahan komponen anggaran belanja yang sudah dibuat. Ketiga, mengesahkan dan mendistribusikan anggaran secara merata keseluruhan divisi.
Namun, sebelum disahkan, direksi dan manajemen perlu melakukan uji kelayakan dan mengkaji anggaran perusahaan yang telah dibuat apakah wajar dan sesuai dengan kebutuhan divisi atau tidak.
-
Pelaksanaan Anggaran
Cara menyusun anggaran perusahaan yang terakhir yaitu melaksanaan anggaran tersebut.
Tahapan ini merupakan keputusan akhir yang harus dibuat. Setelah rencana sudah di-approved oleh dewan direksi, maka artinya setiap divisi mulai melaksanakan anggaran belanja yang sudah dibuat. Sementara itu, manajer akan mengawasi dan melaporkan kepada direksi apakah sudah sesuai dengan perencanaan atau tidak.
Itulah keempat cara menyusun anggaran perusahaan yang harus Anda buat agar anggaran perusahaan yang sudah Anda buat benar.
Untuk menyusun anggaran perusahaan, Anda kini dapat menggunakan IPOS. Dengan IPOS, Anda dapat membuat rencana keuangan secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu dan untuk masa yang akan datang. Anda juga dapat membandingkan anggaran yang telah Anda buat dengan transaksi riil pada laporan laba rugi.
IPOS juga menyediakan fitur lain untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis perusahaan Anda, seperti pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, laporan keuangan perusahaan dengan instan, stock opname, dan masih banyak lagi.
Coba gratis IPOS di sini untuk mencoba cara menyusun anggaran perusahaan yang benar agar mendatangkan cuan!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4