Cara Promosi Jualan Online Kekinian, Wajib Coba!

Cara Promosi Jualan Online Kekinian, Wajib Coba!

Cara Promosi Jualan Online Kekinian, Wajib Coba! –  Anda bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Anda bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Anda, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.

Secara umum, tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Namun ternyata promosi bisa menjadi upaya pengenalan produk serta upaya menciptakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Cara Promosi Jualan Online Kekinian.

Meskipun jualan secara online menjanjikan, Anda tetap butuh yang namanya promosi yang tepat sasaran. Berikut beberapa cara promosi jualan online kekinian yang wajib Anda coba!

  1. Memberikan Potongan Harga/Diskon

Saat menjalankan bisnis online, sebaiknya Anda memerhatikan harga yang ditawarkan karena harga adalah faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk order atau tidaknya produk.  Oleh karena itu promo potongan harga atau diskon akan selalu ditunggu. Sudah menjadi sifat konsumen untuk selalu mencari harga termurah dari produk yang akan mereka beli. Semakin murah harga yang Anda tawarkan, semakin banyak pembeli yang akan tertarik.

Di luar negeri, sejumlah event khusus menghadirkan promo potongan harga, di antaranya yang terkenal adalah Online Revolution, Cyber Monday, dan Black Friday. Di Indonesia sendiri, momen promo yang seringkali dilakukan adalah Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Manfaatkan momen-momen tersebut untuk memberikan potongan harga guna mendongkrak jualan online Anda.

  1. Mengadakan Flash Sale

Flash Sale adalah sebuah metode menjual sebuah produk dalam waktu singkat dengan jumlah terbatas dan harga yang murah. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah satu ini dari salah satu marketplace besar di Indonesia besar, bukan? Jenis promosi satu ini terbukti cukup efektif.

Hal ini karena pada sistem flash sale ini, produk akan dijual dalam waktu singkat dengan stok terbatas. Hal ini memicu keinginan calon konsumen untuk tidak melewatkan kesempatan langka tersebut. Alhasil, Flash sale akan akan membuat jualan online Anda untung banyak.

  1. Membebaskan Biaya Kirim Barang atau Free Ongkir

Meningkatnya e-commerce salah satunya karena mendukung kemudahan dalam pengiriman barang. Sudah banyak bisnis ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik mereka. Sayangnya, untuk di beberapa wilayah tarif pengiriman barang masih cukup tinggi.

Baca Juga :   Manfaat Investasi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan promo dengan membebaskan biaya kirim barang untuk menarik konsumen. Penjualan produk bisa Anda tingkatkan dengan pendekatan bebas ongkos kirim.

  1. Beli 1 Gratis 1

Cara promosi jualan online satu ini dilakukan dengan memberikan tambahan produk lain secara gratis. Bagi konsumen, mereka akan merasa senang ketika mendapatkan value tambahan. Anda sendiri bisa menjadikan promo Beli 1 Gratis 1 ini sebagai ajang untuk memperkenalkan produk baru sambil tetap mendapatkan profit yang baik. Hal ini karena Anda justru mampu menjual produk lebih banyak, karena sebenarnya konsumen secara tidak langsung membeli dua produk sekaligus.

  1. Memberikan Gift

Jika promosi sebelumnya dengan memberikan produk sejenis secara gratis, maka promosi satu ini dilakukan dengan memberikan produk yang berbeda sebagai hadiah. Produk yang dijadikan sebagai gift bisa produk Anda sendiri atau produk pihak lain yang sudah bekerja sama dengan bisnis Anda.

Misalnya, ketika melakukan pembelian ponsel, konsumen Anda akan mendapatkan softcase dan pelindung layar sebagai gift. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menerapkan cara promosi jualan online satu ini.

  1. Membagikan Voucher atau Kupon Promo

Cara promosi jualan online satu ini dilakukan dengan membagikan voucher sebagai senjata untuk menarik minat konsumen. Penggunaan e-voucher di era serba digital saat ini mulai menggantikan voucher fisik. Voucher atau kupon promo dapat dibagikan melalui email atau langsung dalam aplikasi yang digunakan konsumen. Dengan beragamnya promosi yang Anda tawarkan, apapun jenis bisnisnya akan berpotensi menaikkan pendapatan.

  1. Memberikan Garansi

Konsumen merasa lebih nyaman ketika membeli suatu produk yang terdapat jaminan garansi. Jenis garansi yang bisa Anda tawarkan sangat beragam, mulai dari keaslian barang, kualitas barang, hingga harga yang bersaing. Hal ini tentu bergantung pada jenis produk apa yang Anda tawarkan.

Beberapa contoh kalimat promosi yang bisa Anda gunakan di antaranya “jika kompetitor memiliki harga lebih murah, kami bayar selisihnya” untuk jenis bisnis yang menawarkan garansi harga.

  1. Menawarkan Cashback

Jangan lupa untuk mengadakan cashback untuk menarik minat konsumen secara efektif. Cara promosi jualan online semacam ini terbukti sangat ampuh dalam hal mendongkrak penjualan. Pada dasarnya strategi cashback ini mirip dengan diskon, hanya saja pengembalian uang diberikan agar konsumen membeli produk lainnya. Cashback sendiri berlaku jika pembelian mengikuti syarat yang telah penjual tentukan. Biasanya mengenai tentang pembelian dengan sejumlah nominal tertentu.

  1. Memberikan Tester atau Sample Produk

Ketika Anda sedang berada di pusat perbelanjaan, pernahkan Anda diminta untuk mencicipi suatu produk makanan? Atau ketika membeli produk kopi, Anda mendapatkan bonus krimmer?

Baca Juga :   Kegiatan Distributor : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Cara promosi ini bertujuan untuk mengetahui reaksi konsumen dengan cara menawarkan para konsumen untuk mencicipi produk tersebut. Promosi dengan memberikan tester atau sample produk dapat diterapkan pada setiap jenis bisnis, termasuk bisnis online.

Anda bisa melakukannya dengan menyertakan produk baru dalam kemasan kecil setiap kali pembelian agar konsumen dapat menjajal produk tersebut. Berbeda dengan Gift, cara promosi jualan online satu ini memang bertujuan untuk mengenalkan produk baru yang akan Anda launching pada masyarakat. Jika respon konsumen pada produk tersebut cukup baik, Anda bisa melanjutkannya dengan cara promosi lain untuk menggebrak pasar.

  1. Pengumpulan Poin Rewards

Poin rewards adalah salah satu contoh cara promosi melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal berhak mendapatkan penawaran khusus. Cara promosi jualan satu ini bisa dilakukan di berbagai jenis bisnis.

Poin rewards akan membuat bisnis Anda mempunyai banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen. Konsumen akan terdorong untuk mengecek jumlah poin misalnya. Sehingga cara promosi satu ini dapat meningkatkan kedekatan Anda dengan konsumen secara lebih intim, hal tersebut tentu bagus untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda.

Untuk membantu Anda menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen, IPOS memiliki fitur poin pelanggan. Fitur poin pelanggan berfungsi untuk memberikan reward kepada konsumen yang berbelanja produk Anda. Reward yang diberikan bisa berupa hadiah atau potongan harga.

Penggunaannya yang mudah tentu akan membantu Anda dalam melakukan promosi jualan online. Sangat penting untuk membuat konsumen nyaman hingga menyukai produk, karena apabila mereka merasa puas, secara otomatis mereka akan membantu untuk promosi bisnis Anda secara gratis.

Manfaatkan fitur poin pelanggan serta fitur-fitur lain yang IPOS miliki sekarang.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off