...
Contoh Business Model Canvas Aplikasi Tokopedia

Contoh Business Model Canvas Aplikasi Tokopedia

Contoh Business Model Canvas Aplikasi Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang telah berkembang pesat dengan model bisnis yang terstruktur. Berikut ini adalah contoh Business Model Canvas Aplikasi Tokopedia:

1. Key Partners (Mitra Utama)

  • Penjual dan mitra brand lokal serta internasional
  • Mitra logistik dan ekspedisi
  • Perusahaan teknologi (cloud computing, payment gateway)
  • Lembaga keuangan (bank, fintech, penyedia kredit)
  • Influencer dan mitra promosi

2. Key Activities (Aktivitas Utama)

  • Pengelolaan dan pengembangan platform e-commerce
  • Meningkatkan jumlah penjual dan pembeli melalui pemasaran digital
  • Integrasi sistem pembayaran dan logistik
  • Manajemen hubungan pelanggan
  • Pengembangan fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna
  • Menyediakan layanan keamanan transaksi dan data

3. Key Resources (Sumber Daya Utama)

  • Platform teknologi dan infrastruktur (website, aplikasi)
  • Basis data penjual dan pembeli
  • Tim teknis dan pengembangan platform
  • Hubungan dengan mitra logistik dan pembayaran
  • Reputasi merek Tokopedia

4. Value Propositions (Proposisi Nilai)

  • Marketplace yang user-friendly dengan berbagai pilihan produk
  • Akses ke beragam produk dari penjual lokal dan internasional
  • Transaksi aman dengan sistem perlindungan konsumen
  • Opsi pembayaran dan pengiriman yang fleksibel
  • Promosi dan diskon menarik
  • Dukungan ekosistem digital bagi UMKM untuk memperluas bisnis

5. Customer Relationships (Hubungan dengan Pelanggan)

  • Sistem review dan rating untuk menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli
  • Layanan pelanggan 24/7
  • Loyalty program (Tokopoints)
  • Edukasi pengguna tentang keamanan transaksi online

6. Channels (Saluran)

  • Website resmi Tokopedia
  • Aplikasi mobile Tokopedia (iOS dan Android)
  • Media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, YouTube)
  • Email marketing dan push notifications

7. Customer Segments (Segmen Pelanggan)

  • Konsumen online yang mencari berbagai macam produk
  • UMKM yang ingin menjual produk mereka secara online
  • Pembeli yang tertarik pada produk dengan harga diskon
  • Pembeli yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi online

8. Cost Structure (Struktur Biaya)

  • Biaya pengembangan dan pemeliharaan platform teknologi
  • Biaya operasional (SDM, layanan pelanggan, infrastruktur)
  • Biaya pemasaran digital dan promosi
  • Biaya layanan logistik dan kemitraan dengan mitra pembayaran
  • Biaya teknologi (hosting, keamanan, dan pemeliharaan server)

9. Revenue Streams (Sumber Pendapatan)

  • Komisi dari transaksi penjual
  • Iklan berbayar di platform (Tokopedia Ads)
  • Layanan premium bagi penjual (Power Merchant)
  • Pendapatan dari kerja sama dengan mitra logistik dan pembayaran
  • Pendapatan dari layanan keuangan (misalnya kredit konsumen dan pinjaman bagi UMKM)

Transaksi Kasir Lebih Mudah & Efisien dengan Aplikasi IPOS

Untuk mendukung para pengusaha melakukan transaksi kasir dengan lebih mudah dan efisien, Aplikasi kasir IPOS adalah solusi yang tepat untuk Anda. Aplikasi IPOS adalah aplikasi kasir (Point of Sales) yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Akuntansi.

aplikasi grosir sembako

Fitur Aplikasi IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Aplikasi IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis aplikasi IPOS disini.

Toko Lebih Modern dengan Komputer Kasir Berkualitas

Untuk mendukung para pengusaha menjadikan tokonya lebih modern, Trigonal menyediakan paket komputer kasir yang berkualitas. Silahkan mengontak Sales kami untuk berkonsultasi dengan klik tombol WhatsApp.

 

aplikasi grosir sembako

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off