Deadline adalah : Pengertian dan Bagaimana Tips Mengatasinya – Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang akhirnya populer dan dipakai di keseharian. Kata deadline adalah salah satunya. Istilah deadline kini tak ubahnya kata dalam bahasa Indonesia pada umumnya. Kata ini seringkali dipakai sehari-hari dalam beberapa situasi, terutama berkaitan dengan tugas atau pekerjaan. Lantas, apa arti deadline yang sebenarnya?
Kata deadline memang sudah sedemikian populer. Terbukti, kata tersebut sering dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran. Meski sudah sebegitu populer dan familiar di telinga, faktanya masih banyak orang yang asing dengan arti deadline. Bagi sebagian orang yang tidak tahu, deadline tak lebih dari kata populer dari bahasa Inggris yang terdengar keren.
Tapi apa itu sebenarnya deadline? Apa efek buruk yang ditimbulkan bila melakukan pekerjaan yang dekat dengan waktu deadline? Penasaran ingin mengetahui jawabannya? Tenang, kami sudah merangkum jawabannya dalam artikel tentang deadline di bawah ini.
Table of Contents
Pengertian Deadline
Deadline adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mana kata tersebut banyak digunakan di kalangan profesi dan akademisi. Kata ini juga umumnya digunakan oleh para mahasiswa, para pegawai kantoran, dan bidang pekerjaan lainnya. Arti kata dari deadline ini adalah batas waktu atau tenggat waktu.
Berdasarkan kamus Oxford, arti kata dari deadline adalah a point in time by which something must be done. Selain itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia pun turut menjelaskan arti kata dari deadline, yaitu suatu ketentuan dan waktu tertentu untuk melakukan suatu hal yang tidak boleh untuk dilampaui.
Dampak Kebiasaan Berpacu dengan Deadline
Bila Anda terus-terusan melakukan tugas yang selalu berdekatan dengan waktu deadline, maka hal tersebut hanya akan memberikan dampak yang buruk untuk Anda. Walaupun memang dampaknya tidak bisa dilakukan secara langsung, tapi akan datang waktunya ketikan Anda merasakan dampak dari kebiasaan buruk tersebut.
Untuk itu, Anda harus bisa mengetahui apa saja dampak buruk dalam melakukan hal tersebut, sehingga Anda bisa lebih waspada dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas.
Terganggunya Kesehatan Mental
Hal pertama yang akan Anda rasakan adalah terganggunya kesehatan mental. Melakukan suatu hal bila tidak dilakukan dengan manajemen waktu yang baik hanya akan mendatangkan stress pada diri sendiri.
Kondisi stress tersebut bisa dalam bentuk panik dan merasa bahwa waktu akan terus-menerus mengejar. Hal tersebutlah yang akan membuat diri Anda menjadi lebih mudah stress dan bisa mengganggu kesehatan mental Anda.
Kesehatan Fisik Terganggu
Selain kesehatan mental, Anda juga akan memperoleh gangguan fisik. Bila Anda terlalu sering bergantung dengan pengerjaan tugas kebut dalam waktu semalam, maka akan mengganggu kesehatan. Terlalu sering tidur hingga larut malam akan membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Untuk itu, Anda harus memerhatikan hal ini dengan baik.
Meremehkan Waktu
Bila sudah diberikan deadline waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan, kebanyakan dari kita sering kali menunda-nunda pekerjaan tersebut. Hal tersebut tanpa kita sadari telah menganggap remeh waktu. Sehingga, bisa membuat Anda menjadi malah dan terbiasa untuk melakukan hal tersebut.
Tips Menghindari Deadline
Menunda-nunda pekerjaan pada dasarnya sama seperti membuang-buang waktu. Selain itu, kebiasaan yang buruk ini juga bisa membuat suatu pekerjaan menjadi tidak teliti karena dikerjakan dengan terburu-buru.
Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak menunda-nunda pekerjaan.
Memiliki Niat Kuat untuk Menyelesaikan Pekerjaan
Menunda suatu pekerjaan sebenarnya terjadi karena kurangnya niat seseorang. Tanpa adanya niat, maka semua pekerjaan akan terasa sangat berat dan membuat Anda menjadi malas untuk mengerjakannya.
Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan niat dalam melakukan suatu hal. Selain itu, nantinya mungkin ada beberapa penolakan dari diri bahwa lebih baik untuk menunda melakukan pekerjaan tersebut. Namun, Anda harus sadar bahwa hal tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri.
Membuat Jadwal Secara Tertulis
Buatlah jadwal terkait kegiatan yang akan Anda lakukan secara tertulis. Dengan begitu, Anda bisa melihat timeline kerja yang akan Anda lakukan dengan menyeluruh. Dengan menuliskannya, maka Anda akan selalu teringat dengan pekerjaan dan deadline Anda.
Buatlah Deadline Palsu
Dengan membuat tipuan seperti ini, Anda akan lebih terdorong dalam melakukan suatu tugas. Karena pada dasarnya, salah satu penyebab manusia dalam menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang lama. Sehingga, Anda akan merasa bahwa masih memiliki waktu untuk bisa mengerjakan tugas tersebut.
Tidur yang Cukup
Konsentrasi Anda akan lebih mudah terganggu bila Anda memiliki mempunyai waktu tidur yang tidak teratur dan kurang. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur, akan membuat Anda memiliki stamina yang cukup dalam melakukan suatu pekerjaan.
Selain itu, konsentrasi Anda juga akan turut meningkat dan akan berujung pada peningkatan fokus serta semangat dalam bekerja.
Hindari Sosial Media
Media sosial hanya akan membuat Anda menjadi lupa apa waktu. Walaupun memang hal tersebut bisa mengurangi rasa bosan, namun bila terlalu asik melakukannya hanya akan membuang waktu dalam mengerjakan tugas.
Salah satu cara lain untuk mengatasi deadline dalam membuat laporan keuangan adalah dengan menggunakan software toko seperti IPOS.
IPOS hadir untuk memudahkan kegiatan operasional sehari-hari bisnis Anda karena dilengkapi fitur-fitur yang saling terintegrasi. IPOS juga sudah dilindungi dengan sistem keamanan dan tampilan dashboard yang sederhana sehingga Anda bisa menggunakannya dengan aman, nyaman, dan mudah kapan pun di mana pun Anda berada.
Coba gratis IPOS di sini sekarang juga.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4