...
Divisi Marketing di Perusahaan Tugasnya Apa Saja?

Divisi Marketing di Perusahaan Tugasnya Apa Saja?

Divisi Marketing di Perusahaan Tugasnya Apa Saja? – Divisi marketing atau pemasaran merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan. Salah satu tugas divisi marketing adalah mengembangkan strategi untuk mempromosikan produk. Divisi pemasaran pun memiliki tuntutan untuk bisa memuaskan keinginan pelanggan. Dengan begitu pelanggan menjadi loyal dan produk yang ditawarkan perusahaan bisa laku di pasaran.

Selain itu, divisi ini juga bertanggung jawab untuk membangun citra perusahaan. Citra perusahaan ini merupakan salah satu aset penting yang harus dipelihara untuk menjamin keberlangsungan perusahaan.

Penasaran tentang apa saja tugas dan tanggung jawab divisi marketing di suatu perusahaan? Berikut penjelasan singkatnya!

Divisi Marketing Terdiri dari Apa Saja?

Product Manager/ Brand Manager

Product ataupun brand manager atau di dalam beberapa perusahaan sering dikenal dengan product executive, adalah mereka yang bertugas di dalam brand dan juga omset penjualan dalam suatu perusahaan. Walaupun memang mereka tidak secara langsung terjun ke dalam proses penjualan.

Biasanya, mereka diberikan tanggung jawab secara langsung untuk memegang anggaran komunikasi perusahaan. Sehingga, mereka harus tahu tentang, apa, kapan, dan bagaimana perusahaan membuat event, iklan, sampai berbagai diskon tertentu. Mereka akan membawahi orang-orang yang bertugas sebagai sales dalam suatu perusahaan. Mereka juga harus bisa membina orang-orang tersebut, karena sales adalah ujung pedang utama perusahaan.

Walaupun tidak secara langsung terjun ke lapangan, bila pemasukan perusahaan sedang turun, umumnya merekalah orang yang pertama kali akan disalahkan.

Karena adanya tanggung jawab yang besar tersebut, maka mereka bisa diberikan gaji pokok rata-rata mulai dari 30 juta rupiah hingga 50 juta rupiah perbulan. Tetapi gaji tersebut khusus untuk senior brand manager saja. Untuk junior, kemungkinan besar bisa mendapatkan gaji pokok dari mulai belasan hingga 20 jutaan rupiah per bulan.

Community Manager atau Engagement Manager

Sama seperti namanya, mereka yang mengisi posisi ini memiliki tugas untuk menjaga hubungan yang baik antar perusahaan dengan pelanggan perusahaan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan secara langsung.

Karena mereka harus melakukan analisis produk yang dijual oleh pihak perusahaan, lalu menerapkan strategi dengan berdasarkan evaluasi tersebut. Sehingga keluhan yang ada akan tertangani dan hubungan yang baik pun akan terjaga dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan atau repeat order dalam bisnis. Umumnya, mereka akan diberikan target pemasukan minimal atau customer engagement minimal oleh perusahana tempatnya bekerja.

Walaupun sama-sama memiliki tanggung jawab yang besar, tapi seorang senior engagement manager dalam satu bulan bisa mendapatkan gaji rata-rata mulai dari 20 juta rupiah hingga 50 juta rupiah.

Area Manager

Jika pada kedua bidang sebelumnya lebih banyak berurusan dengan penjualan yang berorientasi pada pelanggan, maka seorang area manager akan lebih banyak berhadapan dengan penjualan yang berorientasi pada lokasi.

Mereka tidak akan dituntut banyak untuk berpikir mengembangkan brand, iklan, sampai strategi diskon. Karena, hal tersebut sepenuhnya telah diatur oleh brand manager. Namun, mereka akan lebih banyak berkaitan dengan panen produk di pasar dan menghadapi berbagai masalah yang timbul di dalamnya.

Contohnya, mereka membuat suatu strategi tentang bagaimana cara berbagai toko di dalam suatu area yang mereka pegang bisa yakin untuk mendistribusikan barang yang dijual. Jika toko malas untuk mengambil barang dengan 1001 alasan, maka hal tersebut harus bisa diselesaikan oleh area manager. Selain itu, mereka pun harus memiliki ilmu tentang manajemen stok dan juga rantai pasok. Jjika permintaan lebih tinggi dan stok persediaan kosong, maka area manager akan mendapatkan teguran oleh perusahaan.

Penghasilan mereka pun tidak sebesar brand manager dan juga engagement manager, tapi mereka bisa tetap mendapatkan gaji yang lumayan besar, mulai dari 15 juta rupiah hingga 25 juta rupiah per bulan.

Marketing Director

Seorang marketing director memiliki tanggung jawab yang besar dan langsung pada seluruh proses marketing yang terdapat di dalam suatu perusahaan. Semua strategi pemasaran yang diurus berbagai jabatan di atas harus berdasarkan arahan dari seorang marketing director.

Sehingga, marketing director adalah bos besar dari divisi marketing perusahaan. Untuk itu, jangan heran apabila seorang senior marketing director di dalam perusahaan besar bisa memperoleh upah bulanan sebesar 50 juta rupiah sampai 150 juta rupiah per bulan.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kini Anda sudah memahami bahwa divisi dan pekerjaan dari divisi marketing sangat berbeda dengan divisi sales meskipun keduanya memang memiliki hubungan yang erat.

Jika Anda adalah seorang pebisnis, maka Anda harus bisa mengetahui peran keduanya secara baik. Selain itu, Anda juga harus mencatat setiap anggaran yang diperlukan dalam kegiatan marketing dengan baik di dalam laporan keuangan perusahaan.

Namun, mengelola dan mencatatnya secara manual tentu akan sangat memakan banyak waktu dan rentan terjadi risiko kesalahan input data. Nah, sebagai solusi mengatasi tersebut, Anda bisa menggunakan software toko yang sudah terintegrasi akuntansi seperti IPOS.

IPOS bisa bantu memudahkan pencatatan transaksi jual beli yang terjadi dan menyajikannya dalam laporan keuangan secara akurat. Anda bisa mengakses setiap laporan tersebut secara mudah di mana saja dan kapan saja Anda memerlukannya. Lebih dari itu, IPOS juga dilengkapi berbagai fitur keren yang bisa bantu kegiatan operasional sehari-hari bisnis Anda.

Tunggu apalagi, coba gratis IPOS di sini sekarang juga!

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off