...
Error 42883 Pada IPOS 5, Ini Dia Panduan Lengkap Mengatasinya!

Error 42883 Pada IPOS 5, Ini Dia Panduan Lengkap Mengatasinya!

Error 42883 Pada IPOS 5, Ini Dia Panduan Lengkap Mengatasinya! – Software kasir memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas bisnis sehari-hari. Keandalan sebuah sistem sangatlah penting untuk memastikan bahwa proses operasional berjalan lancar, mulai dari membuat transaksi, melihat laporan, hingga mengakses berbagai menu lainnya. Namun, tidak jarang terjadi gangguan teknis yang menghambat kelancaran tersebut. Salah satu error yang sering ditemui pengguna software IPOS 5 setelah melakukan update adalah Error 42883. Error ini biasanya muncul saat membuka laporan, melakukan transaksi, atau mengakses menu tertentu.

Bagi pengguna yang mengalami error ini, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Artikel ini akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengatasi Error 42883 di IPOS 5 agar sistem Anda kembali berfungsi optimal.

Penyebab Error 42883 di IPOS 5

Error 42883 pada IPOS 5 biasanya terjadi akibat pembaruan software yang menyebabkan fungsi-fungsi tertentu tidak dapat dijalankan dengan baik. Biasanya error ini akan muncul saat Anda mencoba membuat transaksi, membuka laporan, atau membuka menu lain dalam aplikasi IPOS. Error ini menunjukkan bahwa ada fungsi-fungsi dalam database yang mengalami masalah sehingga sistem tidak bisa menjalankan perintah yang diminta.

Langkah-Langkah Mengatasi Error 42883 dengan Backup dan Restore Database

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Error 42883 melalui metode Backup dan Restore Database :

  1. Buka menu pengaturan > backup & restore > backup database.
  2. Jika proses backup sudah selesai tutup program IPOS 5.0
  3. Buka kembali program IPOS 5.0 lalu buat database baru.
  4. Silahkan login k database yang baru dibuat lalu buka menu pengaturan > backup & restore > restore database > pilih file backup yang dibuat sebelumnya.
  5. Jika proses restore database sudah selesai. tutup program IPOS 5.0
  6. Buka kembali program IPOS 5.0 lalu login ke database baru.
  7. Coba test dengan membuat transaksi, melihat laporan atau membuka menu lainnya.
  8. Jika tidak muncul error maka proses perbaikan sudah selesai.

Metode Alternatif : Patch Database

Selain menggunakan metode Backup dan Restore, Anda juga bisa memperbaiki Error 42883 dengan Patch Database. Metode ini dikhususkan untuk menangani error yang terkait dengan beberapa fungsi database tertentu, seperti :

  1. updatestok_v3
  2. updatestok3_v3
  3. updatestok2_v3
  4. updatereturjual_v3
  5. update_saldo_perbaikanstok_v3
  6. proses_tko_v3
  7. hpp_im_v3
  8. hpp_im_up_v3
  9. hpp_im_trf_v3
  10. hpp_im_serialupdate_v3
  11. hpp_im_serialupdate_rjflex_v3
  12. hpp_im_serialtambah_v3
  13. hpp_im_serialtambah_rjflex_v3
  14. hpp_im_retur_v3
  15. hpp_ik_v3
  16. hpp_im_up_retflex_v3
  17. hpp_ik_retur_v3
  18. hpp_ik_retur_flex_v3
  19. hpp_ik_kotag_v3
  20. hpp_ik_kotag_serial_v3
  21. getstokakhir_v3
  22. getstok_periode_v3

Berikut cara perbaikan metode patch database :

  1. Download filepatch berikut : https://inspirasi.biz/solusi/PAKET_PATCH_5.0.1.1.i5pch
  2. Buka menu pengaturan > pengaturan database > patch database > pilih file patch yang di download sebelumnya.
  3. Jika proses patch berhasil tutup program IPOS 5.0 lalu buka kembali.
  4. Coba test dengan membuat transaksi, melihat laporan atau membuka menu lainnya.
  5. Jika tidak muncul  error maka proses perbaikan sudah selesai.

Apabila Anda sudah mengikuti kedua metode di atas namun Error 42883 masih muncul, atau jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah tersebut, jangan ragu untuk menghubungi Tim Technical Support Trigonal Software. Tim kami siap membantu Anda untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi agar sistem kasir IPOS 5.0 Anda kembali berfungsi optimal.

Hubungi Tim Kami di sini.

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off