Serba Serbi Flash Sale Akhir Tahun untuk Menumbuhkan Bisnis – Akhir tahun adalah salah satu momen yang tepat untuk Anda yang ingin memasarkan bisnis. Flash Sale adalah suatu istilah yang digunakan oleh marketplace atau website online shop untuk mengadakan suatu flash sale pada suatu waktu tertentu. Istilah ini pun mungkin sudah sangat akrab di telinga.
Flash sale diklaim mampu membantu penjualan produk yang dimiliki pebisnis lebih cepat habis dan laku di pasar. Sehingga, sudah banyak sekali para perusahaan besar yang menggunakan strategi ini.
Ingin tahu informasi lengkapnya? Simak ulasan tentang serba serbi flash sale di akhir tahun ala Trigonal di bawah ini.
Table of Contents
Pengertian Flash Sale
Dalam Bahasa Indonesia, Flash sale adalah penjualan kilat. Oleh karena itu flash sale merupakan suatu istilah untuk menggambarkan suatu diskon atau promosi yang ditawarkan oleh marketplace atau e-commerce dalam kurun waktu yang singkat dan juga kuantitasnya yang terbatas.
Secara umum, diskon yang terdapat dalam masa flash sale sangat tinggi dan promosinya lebih signifikan daripada diskon atau promosi biasanya. Siasat waktu dan juga kuantitas yang sangat terbatas akan membuat calon pelanggan menjadi semakin tertarik untuk membeli produk yang dijual pada saat itu juga.
Mengapa Flash Sale Akhir Tahun dapat Menumbuhkan Bisnis?
Flash sale dapat menjadi salah satu metode yang efektif untuk menurunkan persediaan barang dengan cepat. Menjual barang secara konsisten memanglah suatu hal yang ideal, akan tetapi merencanakan inventori dan menyesuaikan keperluan pelanggan yang tepat hampir dirasa tidak mungkin.
Reuters, sebuah kantor berita asal Inggris melaporkan bahwa selama musim belanja liburan di tahun 2012, pihak pengecer e-commerce yang menggunakan strategi flash sale mengalami perkembangan produk dua kali lebih cepat daripada pengecer online yang tidak menggunakan strategi satu ini.
Selain itu, flash sale juga mampu memberikan peluang yang besar untuk bisa meningkatkan brand awareness. Flash sale mampu menempatkan toko Aanda pada halaman awal suatu website e-commerce dan tentunya hal tersebut akan semakin memperluas visibilitas produk dan toko Anda.
Flash sale juga mampu menawarkan kesempatan dalam menginformasikan pada pelanggan tentang produk dan juga proposisi nilai yang ada di dalamnya.
Keuntungan Menggunakan Flash Sale Akhir Tahun
Serba serbi flash sale selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah keuntungan menggunakan flash sale di akhir tahun. Sistem penjualan seperti ini tidak selamanya dapat digunakan, karena sistem ini hanya digunakan hanya pada momen-momen tertentu saja. Alasan terbesarnya jelas untuk memberikan keuntungan pada pebisnis.
Seringkali produk yang dijual secara flash sale bisa habis dalam hitungan beberapa menit saja. Hal ini disebabkan karena peminat dari produk ini sangat banyak.
Beberapa keuntungan dalam mengikuti program flash sale antara lain,
-
Strategi Meningkatkan Omzet Penjualan
Keuntungan pertama yang didapatkan ketika mengikuti program flash sale adalah mampu memaksimalkan kinerja toko online dalam hal omset penjualan. Menjual barang dengan harga diskon sudah pasti akan lebih dinikmati oleh konsumen.
Walaupun begitu, Anda harus tetap memperhatikan marginnya agar tidak mengalami kerugian.
-
Peningkatan Transaksi dari Beragam Konsumen
Dengan adanya program flash sale, maka Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan dengan konsumen yang beragam. Hal tersebut akan mempengaruhi status toko Anda, sehingga Anda bisa memiliki predikat toko yang baik. Bila sudah memiliki predikat toko yang baik, maka kegiatan penjualan pun akan menjadi lebih mudah.
-
Toko Online Semakin Dikenal.
Saat ada suatu marketplace besar yang mengadakan program flash sale, pasti terdapat banyak ribuan pengguna yang menantikannya. Waktu berkumpulnya para konsumen ini adalah waktu yang tepat untuk menampilkan profil toko. Jika sudah terpilih di flash sale, maka nama toko Anda akan menjadi sangat luas.
Jika memerhatikan dari sisi produsen atau perusahaan ritel, flash sale hampir tidak memiliki kekurangan. Namun dari sisi konsumen, biasanya mereka akan memperoleh beberapa kendala ketika ada program flash sale, yaitu :
- Situs e-commerce menjadi lebih sulit untuk diakses, hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang ingin membeli produk flash sale sebelum kehabisan.
- Tidak bisa menyelesaikan transaksi. Kerap kali konsumen mengalami gagal transaksi. Misalnya saja saat sudah masuk ke dalam proses check out dan tinggal bayar, namun secara tiba-tiba data belanja hilang karena tidak stabilnya sistem saat melakukan flash sale.
Tips Sukseskan Flash Sale Akhir Tahun
Mengadakan Flash sale bukanlah sebuah perkara mudah, terutama di momen akhir tahun yang sarat dengan promosi dan diskosi besar-besaran. Selain memperhitungkan harga, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah stok produk yang akan dijual pada momen flash sale. Tidak hanya itu, masih ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar program Flash sale berjalan lancar dan tetap menguntungkan.
Berikut tips sukseskan flash sale di Akhir tahun yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya
-
Sasar Pembeli yang Spesifik
Jika berharap dapat untung besar-besaran dalam satu kali momen flash sale, itu tandanya Anda salah besar. Daripada sibuk menargetkan angka besar yang belum tentu tercapai, lebih baik Anda fokus memastikan flash sale berjalan dengan lancar meski pembeli yang ikut serta belum terlalu banyak.
Namun sebelum memulai persiapan flash sale, Anda perlu menentukan terlebih dahulu target dan tujuan dari flash sale yang ingin dilakukan. Apakah Anda ingin menyasar pembeli baru dalam jangka pendek? Atau Anda ingin mencari pelanggan yang memiliki potensi menjadi pelanggan tetap dalam jangka waktu yang panjang? Cobalah spesifikasikan tujuan dan target agar Anda dapat dengan lebih mudah mengeksekusi seluruh persiapan flash sale dengan baik.
-
Perhitungkan Alur Transaksi hingga Pengiriman
Melakukan persiapan sebelum mengadakan flash sale memang penting, namun memastikan alur transaksi setelahnya juga tidak kalah penting, lho! Tentu Anda harus memikirkan bagaimana flow pembelian, pengemasan, hingga pengiriman produk sampai akhirnya tiba di tangan pembeli yang beruntung. Jika alur ini tidak dipikirkan, Anda bisa saja kehilangan rasa percaya atau bahkan kepuasan pelanggan, yang akan membuat mereka enggan berbelanja di toko online milik Anda di kemudian hari.
-
Amankan Jumlah Stok
Saat sudah menentukan produk mana saja yang akan dijual di flash sale, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jumlah stok produk tersebut. Untung meningkatkan urgensi dan ketertarikan pembeli terhadap flash sale, Anda bisa memberikan diskon besar pada jumlah stok terbatas. Dengan begitu, pembeli akan lebih semangat dan tidak akan melewatkan kesempatan berbelanja.
Inilah yang membuat manajemen inventori berperan penting dalam bisnis. Mengelola jumlah stok produk dengan baik dapat membuat Anda lebih mudah untuk mempersiapkan strategi jualan di momen flash sale akhir tahun, maupun di sebelum dan sesudah momen tersebut. Anda juga perlu mengelola stok di toko online maupun offline yang Anda miliki, agar tidak terjadi selisih pada jumlah stok actual yang dapat berujung pada kekecewaan pembeli yang kehabisan stok produk.
Dengan IPOS, Anda akan terbantu dalam proses pembuatan laporan stok tanpa perlu repot. Hanya perlu input nama atau kode barang, jumlah stok di gudang dapat dipantau kapan pun dan dimana pun.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4