Laporan Laba Rugi : Definisi, Fungsi dan Unsurnya

Laporan Laba Rugi : Definisi, Fungsi dan Unsurnya

 Laporan Laba Rugi: Definisi, Fungsi dan Unsurnya – Dalam konteks bisnis dan perdagangan, istilah ini laporan laba rugi seringkali menjadi topik umum dan dikenal luas. Hal ini disebabkan oleh pentingnya laporan tersebut dalam memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan dari suatu usaha atau bisnis yang sedang berjalan.

Laporan laba rugi adalah sebuah dokumen yang menggambarkan rincian mengenai pengeluaran, pendapatan, serta keuntungan atau kerugian yang terjadi pada perusahaan dalam suatu periode tertentu. Melalui laporan ini, bisa memperlihatkan kinerja keuangan dari suatu usaha atau perusahaan. Selain itu, laporan ini juga fungsinya sebagai alat memonitor kemajuan dan kekurangan keuangan perusahaan. Biasanya para pengusaha membuat laporan satu ini untuk menentukan profitabilitas dan juga nilai investasi perusahaan.

Laporan ini biasanya dibuat pada akhir tahun atau akhir periode. Adanya laporan laba rugi pada sebuah perusahaan juga akan memudahkan para investor dalam membaca juga memahami kinerja dari sebuah perusahaan.

Definisi Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi (Inggris: Income Statement atau Profit and Loss Statement) merupakan bagian integral dari laporan keuangan suatu perusahaan yang disusun untuk suatu periode akuntansi tertentu. Tujuannya adalah untuk merinci pendapatan dan beban yang dialami oleh perusahaan dalam periode tersebut, sehingga menghasilkan informasi mengenai laba bersih atau rugi yang diperoleh.

Laporan ini dapat dibuat untuk periode waktu yang berbeda, mulai dari satu bulan hingga satu tahun, atau berdasarkan konsep perbandingan yang dikenal sebagai matching concept. Konsep ini mengaitkan pendapatan dengan beban yang terkait sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja keuangan perusahaan. Laporan laba rugi ini termasuk dalam kategori empat laporan keuangan utama perusahan dan berfungsi sebagai penghubung antara dua laporan neraca, memberikan pemahaman menyeluruh tentang posisi keuangan perusahaan dalam satu periode tertentu.

Baca Juga :   7 Tips Bisnis Minimarket Menguntungkan

Selain itu, laporan ini juga bermanfaat untuk hal bisnis lainnya seperti bahan evaluasi pihak manajemen badan usaha dalam hal menentukan strategi bisnis kedepannya, komparasi dengan laporan sebelumnya, hingga mengetahui total pajak pada periode selanjutnya.

Unsur di Dalam Laporan Laba Rugi

Setiap perusahaan atau badan usaha memiliki kebijakan, jenis operasi, dan valuasi yang berbeda. Hal ini juga akan mengarah kepada adanya perbedaan dalam laporan keuangan laba rugi masing-masing badan usaha. Mengingat keuntungan dan pengeluaran bisnis tidak selalu sama.

Meski punya kebijakan yang berbeda sesuai dengan usaha yang dijalankan, ada unsur-unsur mendasar yang sama di dalam setiap laporan laba rugi. Unsur-unsur dalam laporan tersebut meliputi pendapatan (revenue), beban (expense), laba (profit), dan rugi (loss). Berikut penjelasan ringkasnya.

  • Pendapatan (revenue)

Unsur ini adalah peningkatan aktiva atau arus masuk perusahaan yang dihasilkan dari kegiatan operasional. Nilai pendapatan diperoleh dari total pendapatan kotor perusahaan yang telah dikurangi potongan harga atau diskon, retur, dan tunjangan lainnya.

  • Beban (expenses)

Unsur ini merupakan arus keluar atau pemakaian aktiva akan memunculkan liabilitas dalam suatu periode tertentu dikarenakan pengiriman ataupun produksi barang.

  • Keuntungan (profit)

Unsur ini hadir karena adanya peningkatan ekuitas karena terjadi transaksi perusahaan atau yang dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari pemilik perusahaan.

  • Kerugian (loss)

Sementara untuk unsur kerugian, yaitu penurunan ekuitas karena adanya transaksi yang dilakukan oleh perusahaan atau akibat dari beban dan pendistribusian kepada pemilik perusahaan.

Pembagian Laba Rugi dalam Laporan Laba Rugi

Proses penyusunan laporan juga melibatkan beberapa jenis pembagian laba yang penting untuk Anda pahami. Berikut adalah beberapa jenis pembagian laba yang umumnya terjadi, di antaranya :

  • Laba Kotor

Pembagian pertama, laba ini merupakan pengukuran pendapatan langsung perusahaan dari penjualan produk di dalam satu periode akuntansi. Laba kotor sama juga dengan pendapatan dari hasil penjualan bersih setelah dikurangi harga pokok penjualan. Laba kotor biasanya menjadi indikasi seberapa jauh perusahaan mampu menutupi biaya produksinya.

  • Laba Operasi

Untuk laba di laporan ini merupakan selisih antara penjualan dan semua biaya dan beban operasi perusahaan. Umumnya, laba operasi dipakai sebagai alat ukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan dari bisnisnya.

  • Laba Sebelum Pajak

Untuk laba ini adalah jumlah laba sebelum pajak penghasilan yang ditetapkan berdasarkan standar akuntansi keuangan. Laba ini tidak mempengaruhi jumlah pajak penghasilan yang sebenarnya untuk pihak-pihak yang menggunakannya dalam mengambil keputusan.

  • Laba Bersih

Ini merupakan bagian yang penting dalam karena laba bersih biasanya menjadi indikasi dari profitabilitas perusahaan. Laba bersih adalah kelebihan keuntungan dalam penjualan bersih perusahaan terhadap harga pokok penjualan dikurangi beban operasi dan pajak penghasilan. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi laba bersih seperti pendapatan, biaya pajak penghasilan, beban operasi, hingga beban pokok penjualan.

  • Laba Operasi Berjalan

Diperoleh dari kegiatan bisnis perusahaan yang tengah berjalan setelah pajak dan bunga. Laba operasi berjalan ini disebut juga laba sebelum pos luar biasa.

Baca Juga :   program toko ipos 5 professional

Fungsi Laporan Laba Rugi

Membuat suatu laporan laba rugi secara berkala merupakan kewajiban yang penting bagi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh fungsi-fungsi khusus yang dapat diberikan oleh laporan tersebut ketika dilakukan perhitungan secara teratur sesuai dengan periode yang telah ditentukan.

  • Dijadikan Bahan Evaluasi Keuangan

Fungsi yang pertama  yaitu menjadikannya sebagai bahan evaluasi keuangan dari transaksi keuangan yang berjalan selama satu bulan atau satu tahun baik transaksi yang menghasilkan kerugian maupun laba.

Akumulasi dari total finansial tersebut yang akan menjadi laporan laba rugi perusahaan di periode tertentu. Jika keuangan tersebut dicatat lengkap dengan transaksinya akan memudahkan perusahaan mengetahui secara jelas data finansial tersebut. Kondisi bisa memungkinkan untuk dilakukan penghitungan lebih menyeluruh ketika evaluasi.

  • Untuk Mengetahui Perkembangan Perusahaan

Fungsi lainnya adalah laporan bisa menjadi indikator untuk melihat perkembangan sebuah perusahaan. Perkembangan bisa dilihat dari kondisi keuangan di perusahaan tersebut. Jika lebih besar keuntungan atau laba dibandingkan rugi, prospek perusahaan ke depan akan semakin meningkat.

Kondisi ini akan semakin diuntungkan jika dibarengi dengan peningkatan alat produksi, sumber daya manusia dan lainnya. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan, harus diketahui data-data laba rugi perusahaan. Dengan begitu, laporan ini bisa dijadikan tolak ukur perkembangan.

Dengan memahami dengan jelas betapa pentingnya laporan laba rugi, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan bisnis mereka.

Coba gratis Software IPOS disini.

Kata kunci : Aplikasi kasir, Aplikasi kasir terbaik, aplikasi kasir murah, aplikasi kasir android, software toko gratis, software toko grosir, ipos, ipos 4, ipos 5

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off