Generasi Milenial Datangkan Untung Bisnis, Gimana Caranya? – Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Kini, generasi milenial sudah memasuki usia kerja dan akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Dengan jumlah lebih dari 90 juta jiwa, milenial kini merupakan salah satu target pasar berbagai perusahaan. Meskipun demikian, memasarkan produk kepada milenial memiliki tantangannya sendiri.
Milenial yang tumbuh bersama teknologi kini dapat dengan mudah melakukan riset dan perbandingan produk yang ditawarkan kepadanya. Mereka menjadi lebih percaya pada testimoni di internet, ketimbang iklan yang ditayangkan oleh perusahaan. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Snapcart, milenial merupakan pembelanja online terbesar di Indonesia dengan jumlah lebih dari 50%.
Hal ini yang membuat industri retail terus memutar otak agar dapat survive di tahun-tahun mendatang. Tapi tentu, bukan berarti milenial adalah pasar yang mustahil untuk digeluti. Dengan strategi-strategi yang jitu, Anda pun bisa merau keuntungan besar di pasar milenial ini. Berikut ini tips untuk menggaet keuntungan di pasar milenial.
Table of Contents
6 Cara Menggaet Generasi Milenial untuk Datangkan Keuntungan
Menyiapkan Toko Online Anda
Generasi milenial sangat dekat dengan teknologi internet. Baik melalui komputer maupun smartphone, milenial sangat mengandalkan informasi yang beredar di Internet. Apabila usaha Anda tidak bisa mereka temukan di internet, maka kemungkinan besar hilanglah minat mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.
Untuk mengatasinya maka sebaiknya Anda mendirikan toko online. Saat ini banyak marketplace yang bisa Anda jadikan lapak berjualan. Bagi Anda yang sudah memiliki toko fisik, toko di dunia maya ini merupakan salah satu media pemasaran yang baik. Misalnya Anda memiliki usaha jual pakaian. Memiliki toko fisik merupakan salah satu kelebihan karena pembeli dapat mengetahui bahwa toko Anda dapat dipercaya.
Selain toko online, Anda juga dapat memasarkan produk Anda di media sosial. Generasi milenial menghabiskan banyak waktu di media sosialnya, baik itu Facebook maupun Instagram. Dua media sosial ini merupakan salah satu lahan subur untuk memasarkan produk apapun.
Pemasaran Menggunakan Konten Kreatif
Saat ini, generasi milenial seakan lupa dengan bentuk iklan yang konvensional. Kemajuan teknologi membuat milenial memiliki selera yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk itu, sebaiknya Anda memasarkan produk Anda dengan menggunakan konten yang kreatif.
Dalam memasarkan produk menggunakan konten kreatif, Anda wajib mengembangkan campaign dengan generasi milenial sebagai tolok ukur. Generasi milenial biasanya menyambut baik konten yang mampu menggugah emosi atau imajinasinya. Oleh karena itu, penting untuk membangun brand bisnis Anda di dunia maya.
Selain mampu menarik minat generasi milenial, konten yang menarik juga mampu membuat milenial setia dengan suatu produk. Dengan campaign yang sempurna, produk Anda akan menjadi satu-satunya yang terbesit dalam pikiran para milenial.
Gunakan Influencer Media Sosial
Menurut Google, generasi milenial lebih mempercayai influencer baik Youtube maupun Instagram daripada selebriti biasa. Milenial yang semakin cerdas kini lebih mempercayai review yang diberikan oleh orang-orang di dunia maya. Generasi milenial kini sudah tidak lagi percaya dengan klaim-klaim yang diakui oleh para selebriti pada saat iklan di tayangan televisi.
Maka dari itu, untuk menempatkan prodyk Anda di peta belanja milenial, sebaiknya Anda bekerja sama dengan para incluencer. Para influencer ini biasanya memiliki strategi pemasarannya sendiri. Sheingga, mereka dapat menciptakan konten yang menarik untuk memasarkan produk Anda. Namun para influencer ini juga memiliki reputasi yang ingin dijaga. Jadi beberapa dari mereka cukup selektif soal produk apa yang mereka pasarkan.
Masing-masing influencer biasanya memiliki bidangnya masing-masing. Agar produk Anda terpasarkan dengan baik, maka pilih influencer yang memang sekiranya cocok dengan produk Anda. Hasilnya endorsement yang mereka berikan pun lebih terasa otentik sehingga para pengikutnya dapat lebih percaya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda riset terlebih dahulu mengenai influencer mana yang cocok dengan produk Anda.
Pasarkan Tujuan yang Mulia
Milenial adalah generasi yang peduli dengan tujuan yang mulia. Beberapa kegagalan-kegagalan generasi baby boomer membuat milenial lebih peka dengan isu-isu sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, Anda tidak bisa memasarkan produk Anda tanpa mengemasnya dalam suatu kepedulian terhadap tujuan yang mulia.
Anda pun bisa memilih apakah tujuan mulia ini hanya sebatas sebagai marketing stunt atau menjadi visi perusahaan Anda. Apabila menjadi visi perusahaan Anda, maka produk Anda memiliki citra positif di mata milenial. Artinya mereka paham dengan membeli produk tersebut, berarti ada sumbangsih untuk tujuan yang mulia.
Sebagai contoh, Anda bisa mengemas produk Anda sebagai ramah lingkungan. Misalnya, dengan membeli produk Anda sama saja dengan menanam 1 pohon di hutan Kalimantan. Tentu hal ini dapat menarik minat para milenial. Jangan pernah meragukan viralitas tujuan mulia di kalangan generasi milenial.
Ciptakan Produk yang Merupakan Solusi Bagi Generasi Milenial
Generasi milenial kini menghadapi begitu banyak tantangan dalam hidup. Tantangan-tangan ini terkadang membuahkan masalah yang tidak jarang membuat mereka stress. Tidak heran apabila menurut hasil penelitian, usia produktif saat ini merupakan usia dengan angka stress tertinggi. Oleh karena itu, sebaiknya produk yang Anda tawarkan merupakan solusi bagi para milenial untuk meredakan beban pikirannya.
Dari mindset seperti ini, kini hadir berbagai startup yang menawarkan berbagai produk berbasis aplikasi. Produk ini sangatlah tepat bagi milenial yang menghabiskan sebagian besar waktunya menatap layar handphone. Anda bisa melihat kesuksesan bisnis ojek dan taksi online, kredit konsumen online, dan marketplace online yang berhasil memberikan solusi yang memudahkan kehidupan para milenial.
Permudah Transaksi Pembayaran Generasi Milenial
Mengingat milenial begitu dekat dengan teknologi, Anda juga bisa membuat transaksi mereka menjadi lebih mudah dengan penyediakan beragam cara untuk mereka bertransaksi seperti mobile payment misalnya. Penggunaan software pembukuan seperti IPOS juga akan membuat sistem pembayaran bisnis Anda menjadi lebih efisien. Banyak pemilik bisnis yang sudah pakai IPOS karena memberikan kemudahan dalam berbisnis.
Dari keenam tips menggaet hati generasi milenial, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk meraup keuntungan di pasar milenia perlu strategi pemasaran yang sesuai. Penting juga memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan karena milenial dapat dengan mudah membandingkannya dengan produk lain yang ditemukannya di Internet.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4