Indikator Kepemimpinan untuk Menilai Seberapa Baiknya Anda – Umumnya, penilaian seberapa baik dan efektif kepemimpinan leader khususnya CEO hanya diukur dari pencapaian atau kerugian finansial tahun sebelumnya. Tapi, untung-rugi saja tidak bisa digunakan sebagai indikator kepemimpinan secara keseluruhan. Penilaian tersebut hanya bisa menunjukkan kepada kita apa yang terjadi di masa lalu.
Maka dari itu, cara menilai seberapa baik kepemimpinan seseorang seharusnya tidak cukup dengan mengukur kinerja di masa lalu.
Lantas, apa saja indikator kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menilai tingkat keefektifan pemimpin atau manajer di perusahaan? Ketahui jawaban lengkapnya di bawah ini.
Table of Contents
Fungsi Indikator Kepemimpinan
Di dalam perusahaan, tidak hanya karyawan saja yang harus dievaluasi. Pemimpin pun juga harus dievaluasi. Memimpin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh seseorang. Kepimpinan ataupun leadership dan mempertahankan keberlangsungan suatu organisasi.
Untuk itu, pemimpin perusahaan perlu memperoleh feedback. Berbagai kritik, saran, dan juga penilaian ini akan menjadi suatu bahan pertimbangan terkait tipe pemimpin yang tepat untuk lingkungan perusahaan. Melalui hal tersebut, nantinya bisa diketahui gaya kepemimpinan yang selama ini diterapkan sudah tepat atau belum. Selain itu, indikator kepemimpinan ini bisa digunakan juga untuk memprediksi performa pemimpin di masa depan.
Dengan menggunakan penilaian kepemimpinan ini, Anda dan karyawan lain bisa lebih yakin bahwa pemimpin tersebut adalah seseorang yang tepat, siap dan bertanggung jawab atas performa orang lain.
Evaluasi yang baik harus menjadi bagian di dalam program suatu perusahaan dalam menjelaskan arah organisasi, memberikan kesempatan dan peluang, serta mengembangkan calon pemimpin baru untuk masa depan.
6 Indikator Penilaian Kepemimpinan
Sebagian besar pemimpin dan manajer tentu sudah mengetahui peran penting kerjasama tim dalam memberikan hasil yang diharapkan. Tapi, seringkali terdapat kesenjangan antara apa yang dipahami dan apa yang sebenarnya dilakukan dalam kegiatan sehari-harinya.
Berikut ini enam indikator kepemimpinan yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjadi pemimpin yang efektif atau belum.
Indikator 1 : Kemampuan Analisis dan Mengambil Keputusan
Keterampilan dalam melakukan analisis dan membuat keputusan sangat penting untuk bisa dimiliki oleh setiap pemimpin. Dapat dikatakan hal ini menjadi salah satu indikator kepemimpinan paling utama dilihat saat melakukan evaluasi.
Seorang pemimpin yang baik memiliki strategi pribadi yang lengkap dengan rencana dan tujuan dalam mencapainya. Beberapa pertanyaan yang harus dijawab adalah sebagai berikut :
- Apakah pemimpin tersebut mampu memprediksi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari?
- Bagaimana cara dalam menentukan langkah yang harus diambil untuk mencapai suatu target tertentu?
- Hal apa yang harus dilakukan untuk memprediksi hasil dari berbagai langkah tersebut?
- Apakah pemimpin bisa meneliti masalah apa yang terjadi pada pekerjaan dan meneliti sumber masalahnya?
- Apakah pemimpin bisa mengambil keputusan secara musyawarah atau malah bertindak sendiri?
- Terakhir, apakah pemimpin tersebut bisa menyelesaikan masalah dengan tepat?
Pengambilan keputusan adalah salah satu strategi sistematis untuk bisa mempertimbangkan seluruh alternatif yang dihadapi dalam mengambil tindakan yang tepat dan juga berdasarkan dengan perhitungan.
Berdasarkan laman Sands Leadership, gaya kepemimpinan dan budaya perusahaan akan mempengaruhi baik atau tidaknya proses analisis dan cara pengambilan keputusan dari seorang pemimpin.
Indikator 2 : Kemampuan Kepemimpinan untuk Memotivasi
Berdasarkan website resmi Forbes, kemampuan dalam memberikan motivasi adalah suatu prioritas yang penting bagi seseorang yang ingin menjadi seorang pemimpin hebat. Seorang pemimpin yang baik mampu memberikan motivasi dan memberdayakan orang lain dalam mengembangkan dan memanfaatkan kapasitas mereka secara lebih maksimal.
Hal tersebut tentu mampu membantu seseorang dalam melakukan pekerjaannya dengan tanggung jawab penuh. Sehingga, tujuan dan juga target yang sebelumnya telah ditetapkan akan tercapai. Tapi, kemampuan memotivasi dari seorang pemimpin bukan hanya itu saja.
Indikator kepemimpinan yang baik adalah mereka yang bisa melakukan kerjasama dan juga hubungan yang baik dengan bawahannya dalam melaksanakan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing.
Anda sadari atau tidak, kini banyak pemimpin tim yang meminimalisir peluang sukses dengan cara menciptakan lingkungan serta budaya kerja yang salah. Beberapa dari Anda juga mungkin pernah menjadi bagian dari organisasi suatu proyek yang sebetulnya adalah upaya tim bersama.
Tapi, pengakuan dan penghargaan dari atasan justru hanya fokus pada apa yang dilakukan oleh individu saja.
Indikator 3 : Kemampuan Komunikasi dan Mendengarkan
Seorang pemimpin tentu memiliki pengalaman, ide, dan juga keahliannya sendiri. Hal yang menjadi indikator kepemimpinan efektif dalam hal ini adalah apakah pemimpin tersebut mampu menyampaikan gagasan, pesan, atau pikirannya pada orang lain agar mereka bisa memahami maksud sebenarnya atau tidak.
Hal tersebut dapat disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung.
Di sisi lain, jangan lupa juga bahwa orang lain yang berada di dalam tim pun memiliki pengalaman, ide, dan keahliannya tersendiri. Pemimpin tim yang efektif akan selalu mau mendengarkan pendapat dan gagasan dari orang lain.
Pemimpin tim yang kurang percaya diri akan menumpahkan seluruh ide mereka pada tim dan tidak akan mau mendengarkan orang lain.
Indikator 4 : Kemampuan Kepemimpinan Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat
Bagaimanapun juga, sikap, interaksi, dan cara bicara seorang pemimpin mampu mempengaruhi suasana dan iklim bekerja di perusahaan.
Setiap pemimpin memang harus memiliki kemampuan dalam membuat orang lain mau mengikuti keinginannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kekuatan pribadi ataupun otoritas jabatan. Contohnya, bos di kantor yang mungkin saja akan menegur Anda dengan nada menyindir, meminta, atau tegas seakan-akan sedang menyuruh Anda.
Tujuannya adalah agar tugas Anda bisa selesai dengan baik dan menjaga kepentingan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Tapi cara ini harus tetap dilakukan secara efektif dan tepat sesuai tempatnya.
Selain itu, indikator kepemimpinan yang baik pun bisa dilihat dari bagaimana cara menyelesaikan ataupun menangani suatu konflik. Konflik dari dalam tim ataupun perusahaan adalah suatu hal yang wajar dan bisa terjadi kapan saja.
Seorang pemimpin yang baik harus bisa menangani banyak perbedaan dan menyelesaikan konflik secara konstruktif, bukan destruktif. Nah, bila saat ini Anda merasa suasana kantor sedang tidak nyaman, mungkin hal tersebut memiliki hubungan dengan performa pemimpin Anda.
Indikator 5 : Kemampuan Kepemimpinan Mendelegasi Tugas atau Wewenang
Kepercayaan adalah indikator kepemimpinan lainnya yang tidak memiliki bentuk. Kepercayaan di dalam tim pun akan cenderung sulit sekali untuk di bangun dan bisa cepat hancur. Seorang pemimpin yang baik harus mengetahui dan mengenali setiap anggota timnya.
Namun, bukan mengetahui nama dan tempat tinggalnya saja. Pemimpin harus memahami keinginan, keahlian, keterampilan, kemampuan, sampai wawasan nyata terkait apa yang bisa mereka tawarkan untuk perusahaan.
Sehingga, sebagai seorang pemimpin Anda bisa mengetahui bagaimana, kapan, dan pada siapa Anda bisa mendelegasikan tugas.
Indikator 6 : Tanggung Jawab
Bekerja pasti akan ada momen naik atau turun. Indikator kepemimpinan yang baik dalam hal ini adalah pemimpin harus mengenal, bertanggung jawab, serta belajar dari kegagalan dan keberhasilan yang sudah diraih.
Seorang pemimpin yang baik harus bisa bertanggung jawab pada setiap anggota tim. Tanggung jawab dalam hal ini bisa diartikan sebagai kewajiban dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya secara tepat waktu.
Selain itu, bisa juga diartikan sebagai hadir tepat waktu dan memastikan setiap tim bisa menyelesaikan kewajibannya masing-masing. Tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai suatu kesanggupan dalam menanggung berbagai risiko yang mungkin terjadi, sampai akhirnya memberikan jawaban dan menanggung akibatnya.
Demikian penjelasan mengenai indikator kepemimpinan yang harus Anda ketahui. Sebagai seorang pemimpin, tentunya Anda harus bisa memimpin tim dan memenuhi kebutuhan kerja dari tim Anda. Salah satu kebutuhan tim, terlebih lagi di jaman yang sudah berkembang secara digital seperti saat ini adalah penggunaan software toko. Salah satu rekomendasinya adalah IPOS.
IPOS mampu membantu tim Anda dalam menyelesaikan kegiatan penjualan dan pembelian, mencatat dan membuat laporan keuangan secara otomatis, memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, mengurus administrasi perpajakan tanpa telat, dan masih banyak lagi.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4