Interpersonal Skill Pebisnis yang Wajib Dimiliki – Memahami pentingnya kemampuan interpersonal dalam kehidupan bermasyarakat merupakan kunci tiap individu dalam menapaki kehidupan sosial dan pekerjaan.
Orang cenderung tertarik dengan individu yang memiliki interpersonal skill yang baik, hal ini tentunya memberikan efek yang bagus bagi individu tersebut untuk membangun relasi dengan sesama, baik di masyarakat maupun di dunia bisnis.
Tapi tahukah Anda apakah sebenarnya Interpersonal Skill itu? Interpersonal Skill adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja. Kemampuan Interpersonal yang tinggi akan meningkatkan kesukesan seseorang karena mereka terbiasa memecahkan konflik dan permasalahan di lingkungan sekitar.
Namun, Interpersonal skill tidak seperti hard skills yang dapat diukur dan pasti. Kemampuan Interpersonal masuk ke dalam golongan soft skills yang tidak kasat mata dan tidak memiliki alat ukur yang pasti. Kemampuan Interpersonal tidak bisa muncul begitu saja. Terutama bagi Anda seorang pebisnis, Kemampuan Interpersonal harus banyak diasah karena akan berpengaruh pada kesuksesan individu dan bisnis.
Sebelum menyelam lebih dalam tentang Kemampuan Interpersonal, sebaiknya mari pelajari terlebih dahulu pengertian dari Kemampuan Interpersonal.
Table of Contents
Definisi Interpersonal Skill
Secara teori, definisi Interpersonal Skill adalah keahlian yang dimiliki seorang individu untuk berelasi dan berinteraksi dengan seksama, hal ini berlaku baik untuk masyarakat maupun individu.
Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa Kemampuan Interpersonal adalah keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak, perasaan, sikap, motivasi, serta keinginan orang lain. Di dalamnya terdapat seni bagaimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon orang lain.
Peran Interpersonal skill sangatlah besar dalam kehidupan bermasyarakat. Kemampuan Interpersonal yang baik dinilai lebih mampu dalam menangani berbagai macam situasi dan kondisi yang ada di lingkungan sekitar.
Peran Interpersonal Skill bagi Pebisnis
Dalam berhubungan sosial dengan orang lain, baik sebagai teman kerja, klien, maupun atasan kepada bawahan. Peran Kemampuan Interpersonal sangatlah penting. Salah satunya adalah menjaga keharmonisan hubungan sosial dalam pergaulan.
Individu yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik mampu memberi dan menerima feedback yang konstruktif tanpa merasa tersinggung. Tidak hanya itu, orang yang memiliki kemampuan ini dengan baik akan mampu mempersuasi orang lain dalam mengikuti suatu kegiatan atau membeli suatu produk. Kualitas ini tentulah sangat penting di dalam dunia karir dan kehidupan berorganisasi.
Apa Saja Interpersonal Skill yang Harus Dimiliki Pebisnis?
Ada berbagai macam jenis Kemampuan Interpersonal yang dapat ditingkatkan dan dipelajari seiringnya berjalannya waktu. Terkadang kemampuan ini dapat dipelajari dari pengalaman sehari-hari yang memberi nilai dan pelajaran baru untuk setiap individu beradaptasi.
Berikut ini adalah berbagai jenis Kemampuan Interpersonal yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
1. Kemampuan Mendengarkan
Mendengarkan adalah salah satu bagian dari proses komunikasi. Jika seseorang tidak memiliki kemampuan mendengarkan, maka akan sulit mendapatkan kesimpulan informasi yang diperoleh.
2. Memahami Informasi
Kemampuan untuk memahami pesan, perintah dan kebutuhan orang lain adalah bekal untuk berkomunikasi. Anda akan tertarik untuk menggali lebih banyak informasi sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik.
Kemampuan ini dibutuhkan untuk menganalisis informasi agar bisa bertindak dengan tepat. Mendengarkan dan memahami informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yang diterima. Pengaruhnya terhadap bisnis Anda tentu banyak sekali. Anda menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang sedang dibutuhkan pasar dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan klien.
3. Memberikan Feedback
Feedback atau umpan balik adalah komunikasi yang disampaik kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut tahu dampak perilakunya terhadap orang lain. Memberikan feedback bukan suatu hal mudah untuk dilakukan. Sering dijumpai bahwa sebagian orang takut mengemukakan pendapatnya, ada juga tidak bisa memberikan feedback karena tidak menyimak pokok permasalahan yang tengah dibahas.
Ini dapat diartikan bahwa memberi feedback berarti Anda memahami apa yang sedang disampaikan orang lain dan berusaha untuk peduli terhadap setiap informasi yang disampaikan. Feedback sekecil apapun akan sangat berguna bagi lawan bicara karena artinya Anda menguasai informasi dan berupaya untuk menjaga hubungan komunikasi yang baik.
4. Memelihara Hubungan dengan Orang Lain
Banyak survei membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengar dengan efektif memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya. Sebaliknya, mereka yang kurang mampu untuk mendengarkan justru akan memperburuk hubungan. Hubungan baik dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Salah satu manfaatnya adalah memiliki jaringan pertemanan yang luas. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memasarkan produk atau jasa yang Anda jual.
5. Keterampilan Membujuk
Persuasing adalah komunikasi yang dilakukan seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela suatu kehendak seseorang. Setiap orang dibekali dengan kemampuan untuk dapat membujuk orang lain. Baik membujuk untuk hal positif, maupun hal negatif. Hanya saja kemampuan masing-masing individu tentu berbeda-beda.
Komunikasi dapat menjadi persuasif dan mempengaruhi jika pemimpin menggunakan cara dan sikap yang tepat. Komunikasi persuasif akan berhasil jika pemimpin mengkomunikasikannya dengan cara mudah dan sesuai dengan karakter pengikutnya.
Meningkatkan Kemampuan Interpersonal mungkin terdengar sulit, namun seiring berjalannya waktu pasti setiap orang akan berubah. Tentunya hal ini bergantung apakah ia berubah menjadi orang yang lebih baik, atau sebaliknya. Lingkup pergaulan yang memberikan efek secara langsung pada Kemampuan Interpersonal ini.
Terlepas dari masalah Kemampuan Interpersonal, jika Anda adalah seorang pemilik usaha yang sedang mencari solusi untuk proses pembukuan atau pencatatan transaksi yang lebih efisien, Anda bisa mencoba menggunakan Program POS terintegrasi dengan akuntansi yang mudah digunakan dan juga memiliki banyak fitur yang cocok untuk kebutuhan usaha Anda.
Salah satunya adalah IPOS, Program toko yang terintegrasi dengan Akuntansi yang mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis dengan segala fitur di dalamnya. IPOS dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis usaha, seperti toko bangunan, toko kue, grosir, supermarket, minimarket, bahkan onlin shop!
Tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini sekarang juga!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5