Kesalahan Marketing Properti yang Harus Dihindari – Bekerja sebagai marketing properti atau yang lebih dikenal dengan istilah broker sebenarnya cukup menjanjikan. Anda hanya cukup menjual satu unit properti untuk mendapat penghasilan puluhan juta.
Namun, dibalik kemudahannya mendatangkan nilai nominal yang besar, menjadi seorang marketing properti juga memiliki tantangan yang tidak mudah. Hal ini karena Anda harus meyakinkan seorang klien agar siap membelanjakan uangnya untuk memperoleh nilai properti yang sepadan.
Untuk mengantisipasi kegagalan dalam menjalankan profesi marketing properti yang Anda impikan, berikut ini akan kami bahas 5 kesalahan marketing properti yang harus dihindari.
Table of Contents
Kesalahan Marketing Properti Bersikap Pasif
Seorang marketing properti yang pasif biasanya akan menghabiskan waktunya hanya untuk menunggu telepon masuk. Mereka berpikir sudah memasang iklan dan tinggal menunggu respon, hal ini tentunya kurang efektif karena sebenarnya Anda memiliki banyak pesaing sebagai marketing properti di luar sana.
Cobalah sesekali menjadi sales, di mana seorang sales harus menjual dan tidak hanya menunggu. Seorang sales akan aktif mendekati target pemasaran, tidak hanya menunggu telepon untuk menanyakan pesanan. Bagi seorang sales, tidak ada penjualan, berarti tidak ada uang untuk hidup. Itu sebabnya untuk bisa menghasilkan banyak uang, Anda harus mengubah mentalitas diri. Ini berarti Anda harus aktif memasarkan dan tidak hanya sekadar memasang iklan.
Lakukan panggilan telepon ke database yang sudah Anda miliki, tanyakan pada beberapa klien lama, apakah mereka masih membutuhkan properti baru.
Lakukan follow up secara aktif. Jangan hanya jadi perantara. Jadilah sales yang aktif.
Terlalu Membatasi Usaha
Kenapa hanya menjual rumah jika banyak lahan properti lain yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Cobalah menjual apartemen, tanah, tempat usaha, tidak hanya menjual properti baru, Anda juga bisa menjual properti second.
Gali segala jenis potensi di bidang properti di sekitar Anda dan teruslah menginformasikan proyek properti yang Anda miliki, agar kegiatan marketing Anda tidak sempit dan terbatasi.
Kesalahan Marketing Properti Terlalu Sedikit Beriklan
Banyak media iklan yang bisa Anda gunakan saat ini, dari yang berbayar maupun yang gratis, kedua media iklan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Media iklan gratis biasanya hanya terbatas dan memberi fasilitas iklan yangs edikit, sedangkan media iklan berbayar biasanya memberikan fasilitas yang lebih banyak. Lakukan kegiatan beriklan secara teratur, jangan malas melakukannya.
Jika Anda sudah lama menggeluti dunia marketing properti dan telah meraih beberapa keuntungan, maka tidak ada salahnya untuk berinvestasi membuat website khusus properti maupun membayar iklan di beberapa tempat situs penjualan rumah.
Dengan memasang iklan secara teratur, Anda akan memiliki personal branding yang kuat sehingga banyak calon klien yang akan melihat dan memercayakan kebutuhan propertinya kepada Anda.
Terlalu Fokus pada Pembeli
Kesalahan marketing properti yang biasa dilakukan lainnya adalah terlalu fokus pada pembeli. Fokus pada pembeli memang berurusan dengan uang yang bisa langsung dihasilkan. Tetapi pembeli itu cenderung tidak loyal, karena tidak memiliki ikatan.
Pembeli bisa mencari properti melalui banyak agen. Dan seringkali hasilnya adalah agen berulang kali menunjukkan properti tetapi tidak pernah terjadi transaksi.
Tidak Menyediakan Informasi secara Profesional
Ketika Anda dihadapkan pada sebuah sikap pelayanan untuk memperoleh penjualan, maka layanan terbaik adalah salah satu hal yang bisa diandalkan, termasuk informasi secara profesional. Gambarkan peta lokasi, buatlah tanda penunjuk yang menginformasikan beberapa public area yang mudah dijangkau dari properti tersebut. Gambarkan secara jelas tentang kelebihan dan kekurangan properti, jangan hanya membagi gambar rumah atau lokasi tanah saja kepada klien Anda. Semakin banyak informasi yang Anda bagikan, makin terlihat profesional Anda di mata klien.
Dengan adanya 5 kesalahan marketing properti di atas, Anda pastinya memiliki gambaran untuk meraih sukses di bidang marketing properti. Namun, yang tidak boleh dilupakan, bisnis properti tidak selalu memberi pemasukan secara teratur maka ada Anda harus mengatur keuangan dengan baik.
IPOS adalah aplikasi toko yang akan membantu Anda untuk memiliki pengelolaan keuangan secara mudah dan simpel. Tanpa perlu instalasi dan memiliki kemudahan untuk diakses secara mobile, akan membantu Anda mengetahui kondisi terkini kapan saja di mana saja.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau