...
Kualitas Pelayanan Bisnis Meningkat dengan 10 Rahasia ini!

Kualitas Pelayanan Bisnis Meningkat dengan 10 Rahasia ini!

Kualitas Pelayanan Bisnis Meningkat dengan 10 Rahasia ini! – Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis, salah satu faktor yang berdampak besar adalah kemampuan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Meskipun program promo atau campaign marketing Anda menarik, tetapi jika pelayanannya buruk, pelanggan tidak akan mau bertransaksi atau bahkan datang kembali ke toko Anda.

Tetapi untuk bisa membuat kualitas pelayanan Anda bagus juga tidaklah mudah. Jika ada satu saja pelanggan yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan, maka efeknya bisa menjadi besar. Salah satunya adlaah stigma negatif bahwa pelayanan dalam bisnis Anda jelek kepada orang-orang. Jadi sebagai pemilik bisnis, Anda harus memberikan kualitas pelayanan yang membuat bisnis Anda berkembang.

Catat, berikut ini adalah 10 rahasia membuat kualitas pelayanan bisnis Anda meningkat!

10 Rahasia Membuat Kualitas Pelayanan Bisnis Meningkat

Pelayanan Cepat dan Tanggap

Sebagian besar pelanggan pastinya ingin dilayani dengan cepat dan tanggap. Tanggap yang dimaksud adalah apa yang Anda sampaikan haruslah sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jangan asal cepat tetapi tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan.

Jika memang terjadi banyak antrian, maka solusinya Anda dapat memberikan nomor antrian yang rapi, tempat yang nyaman, dan beberapa hiburan lainnya agar pelanggan tidak bosan saat menunggu antrian.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan dengan Memiliki Call Center atau Red Desk

Pelanggan yang menghubungi lewat telepon harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena baisanya mereka memiliki urusan yang lebih penting. Jika hanya urusan sepele, pastinya pelanggan akan lebih memilih untuk menghubungi lewat akun sosial media, sms, atau email. Maka dari itu pastikan ada seseorang yang bertugas untuk mengangkat telepon layanan call center yang bisa diandalkan.

Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan adalah salah satu kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi ini sebagai salah satu poin dalam meningkatkan pelayanan bisnis. Terkadang pelanggan yang banyak bicaranya sebagian dari mereka hanya ingin didengarkan, maka tugas Anda adalah mendengarkan pelanggan tersebut dengan penuh perhatian. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan diharapkan. Setelah pelanggan selesai menyampaikan keluhannya, cobalah untuk memberi tanggapan yang baik dan solusi yang menjawab keluhan mereka.

Menjaga Kesabaran

Kesabaran memang ada batasnya, tapi Anda tetap harus menghadapi situasi yang menguras kesabaran Anda. Jangan sampai Anda terpancing emosi yang menyebabkan Anda mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas didengar. Hal ini akan memperburuk keadaan dan menurunkan nilai pelayanan Anda di mata pelanggan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, cobalah menghadapi pelanggan dengan pikiran yang jernih. Karena dengan pemikiran yang jernih nantinya akan menghasilkan suatu hal yang positif.

Menjaga Kesopanan

Pelanggan ibarat seorang raja, maka sudah sepantasnya Anda melayani mereka dengan baik. Komunikasi dengan pelanggan harus dilakukan dengan sikap yang sopan agar mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Kesopanan harus selalu dikedepankan, meskipun yang dihadapi adalah pelanggan yang membuat Anda kesal.  Jika perlu adakanlah training terutama untuk mengajarkan nilai-nilai kesopanan terhadap semua pegawai, terutama yang terlibat langsung dengan pelanggan.

Mencari Solusi  Tepat

Pelanggan yang melakukan komplain pastinya menginginkan suatu penyelesaian masalah. Komplain yang datang dari mereka biasanya diakibatkan pelanggan tidak puas dengan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan solusi yang baik kepada pelanggan sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan baik materil maupun non materil.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan dengan Mengakui Kesalahan

Sesuskses apapun bisnis Anda, pastinya pernah mengalami kesalahan, baik itu kesalahan besar maupun kecil. Oleh karena itu, Anda seharusnya bisa menerima kesalahan tersebut. Jika ada pelanggan yang merasa dirugikan, maka segeralah berikan solusi. Justru dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pelanggan, Anda dapat mengembalikan kepercayaan bisnis Anda.

Tepati Janji

Jika memang Anda tidak bisa menepati janji kepada pelanggan, maka lebih baik Anda jujur saja jika tidak mampu. Karena jika Anda sampai memberikan janji palsu kepada pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis akan hilang. Hal ini akan membuat mereka akan berpaling mencari bisnis dengan kualitas pelayanan lebih baik dari Anda.

Latih Karyawan Anda untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Pastikan karyawan Anda sudah terlatih sebelum mulai bekerja, agar mereka mengetahui tugas dan kewajibannya. Jika perlu, agendakan pelatihan secara rutin setiap beberapa bulan sekali. Untuk karyawan baru, sebaiknya lakukan masa training minimal seulan agar bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Minta Feedback dari Pelanggan

Feedback mempunyai peran yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan adanya feedback ini, Anda bisa mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang sudah diberikan kepada pelanggan. Apakah sudah baik atau masih ada yang perlu diperbaiki lagi. Mintalah pelanggan untuk memberikan feedback atas pelayanan dengan sejujur-jujurnya.

Itu dia sepuluh rahasia meningkatkan kualitas pelayanan dalam bisnis. Jika Anda bisa menerapkan sepuluh rahasia tersebut dengan baik, maka bisa dipastikan bisnis Anda akan semakin sukses. Keuntungan meningkatkan kualitas pelayanan ialah bertambahnya pelanggan yang tentunya menambah profit.

Untuk urusan administrasi keuangan, Anda bisa menggunakan IPOS. IPOS adalah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi yang memudahkan Anda dalam masalah adminnistrasi keuangan secara instan, cepat, aman, dan akurat. Rasakan kemudahan dalam menjalankan bisnis dengan berbagai fitur keren yang IPOS miliki.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4