Langkah Meningkatkan Kredibilitas Bisnis UKM paling Jitu – Kredibilitas adalah salah satu hal paling penting dalam masyarakat. Seseorang yang dapat dipercaya biasanya akan disebut sebagai seseorang yang kredibel. Dengan kata lain, kredibilitas adalah kualitas seseorang yang dapat dipercaya karena perbuatan, kemampuan, dan perkataannya yang sejalan.
Beberapa unsur kredibilitas yang penting adalah kepercayaan yang bisa dilihat dari karakter, keahlian, dan karismatik. Sebagai contoh, seseorang yang kredibel di suatu bidang tentunya menguasai dengan baik bidang tersebut, sehingga perkataannya dipercaya. Sementara itu kredibilitas juga penting dalam bisnis.
Bisnis yang memiliki kredibilitas adalah bisnis yang mendapat kepercayaan dari pelanggan. Jika rasa percaya sudah tumbuh, hubungan bisnis pun dapat berkembang dan bertahan lama. Ketika kredibilitas telah terbangun, mereka akan tetap mendukung dan bekerja sama dengan Anda lebih lama karena rasa kepercayaan yang tinggi.
Jadi bagaimana langkah meningkatkan kredibilitas bisnis UKM itu? Simak artikel berikut hingga selesai yuk!
Table of Contents
7 Langkah Meningkatkan Kredibilitas Bisnis UKM
Membangun kepercayaan atau kredibilitas adalah sesuatu yang perlu proses. Anda perlu mengusahakan banyak hal secara teratur dan terus-menerus untuk waktu yang lama. Berikut ini beberapa langkah meningkatkan kredibilitas bisnis UKM yang bisa diterapkan.
Langkah 1 : Menyediakan Website Profesional
Website merupakan business representative Anda di dunia digital. Dengan memiliki website, konsumen Anda tidak perlu bersusah payah menuju tempat bisnis Anda yang mungkin berlainan kota hanya untuk melihat produk yang dijual. Cukup dengan browsing dan mencari kebutuhan mereka lewat webite, konsumen dengan mudah menemukan produk yang diinginkan.
Karena website ini adalah representative Anda, maka buatlah website memberikan kesan profesional dan berisi informasi lengkap yang selalu ter-update, serta memiliki kualitas gambar yang bagus. Saat ini, sudah banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai budget.
Langkah 2 : Buat Media Sosial yang Terintegrasi
Selain memiliki website resmi, saat ini pemasaran bisnis UKM juga banyak dilakukan melalui media sosial. Di mana, media sosial memegang peran penting bagi kesuksesan sebuah pemasaran, karena melalui media sosial, konsumen dapat berinteraksi lebih dekat dengan bisnis.
Untuk memiliki sebuah media sosial yang mampu meningkatkan kredibilitas bisnis UKM, maka harus diperhatikan beberapa hal di dalamnya, antara lain :
- Menyediakan foto barang atau produk yang berkualitas. Foto produk yang terkesan profesional dan berkualitas akan memengaruhi keyakinan konsumen untuk membeli dan mempercayai sebuah produk.
- Memberi deskripsi yang jelas sebagai salah satu langkah meningkatkan kredibilitas bisnis.
- Memberikan alamat link yang dapat diakses atau dihubungi konsumen untuk lebih memperjelas bisnis. Misalnya dengan mencantumkan alamat toko, nomor telepon yang dapat dihubungi, atau website resmi yang dapat diakses.
Langkah 3 : Menambahkan Kontak Customer Service untuk Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Layanan kontak customer sercive yang dicantumkan dalam website merupakan langkah lain untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Karena kontak customer service tersebut akan mempermudah para calon konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung pada bisnis Anda.
Adanya kontak customer service juga akan menghilangkan keraguan konsumen terhadap kemungkinan bahwa website atau iklan usaha tersebut palsu. Karena biasanya website palsu tidak memiliki kontak customer service yang dapat dihubungi jika terjadi masalah dalam proses transaksi.
Langkah 4 : Cantumkan Alamat Bisnis demi Meningkatkan Kredibilitas
Seringkali Anda menemui website suatu bisnis yang hanya mencantumkan nomor telepon dan menyediakan kolom pesan jika ada yang ingin ditanyakan. Hal ini tidak menutup kemungkinan membuat calon konsumen ragu dengan keberadaan bisnis Anda.
Untuk mengatasi keraguan tersebut, cobalah cantumkan alamat bisnis yang benar dan jelas. Dengan menumbuhkan rasa percaya konsumen pada konsumen Anda sehingga mendorong mereka membeli produk Anda.
Langkah 5 : Gunakan Alamat E-mail Perusahaan
Menggunakan alamat email gratis memang diperbolehkan dalam dunia bisnis. Tetapi sebagai langkah meningkatkan kredibilitas bisnis, tidak ada salahnya membayar untuk memperoleh alamat email dengan nama domain bisnis Anda sendiri.
Memiliki alamat email dengan domain nama perusahaan atau bisnis akan memberi kesan kuat, Anda memiliki bisnis besar dan identitas bisnis yang kuat. Kedua hal tersebut pastinya akan meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda miliki.
Langkah 6 : Kartu Nama yang Representatif untuk Meningkakan Kredibilitas Bisnis
Walaupun kini sudah memasuki era digital. Penggunaan kartu nama sebagai alat pertukaran informasi identitas pemilik bisnis tetaplah dibutuhkan. Gunakan kartu nama yang cukup representative dengan desain elegan yang menggambarkan citra bisnis dan diri Anda.
Cantumkan identitas bisnis di samping identitas pribadi dengan jelas. Pastikan siapapun yang menerima kartu nama tersebut akan selalu ingat antara keterkaitan nama dan bisnis Anda.
Langkah 7 : Tempatkan Diri secara Proporsional
Seorang pemilik bisnis akan dituntut untuk ikut berperan dalam setiap kegiatan bisnisnya. Ada kalanya pemilik bisnis harus ikut turun melayani konsumen maupun menjadi tenaga pemasaran yang ikut menawarkan barang.
Jika sebagai pemilik bisnis Anda masih harus menjalani beberapa tugas di atas, maka pastikan Anda menempatkan diri secara proporsional. Bersikaplah seperti seorang tenaga marketer profesional saat hendak menawarkan barang, dan berikan pelayanan maksimal saat Anda harus ikut melayani konsumen.
Dengan menempatkan diri secara proporsional tanpa harus selalu terikat dengan status sebagai pemilik bisnis, Anda akan membuat klien maupun konsumen Anda merasa nyaman sehingga dapat membantu peningkatan kredibilitas sebuah usaha.
Mengikuti beberapa langkah meningkatkan kredibilitas bisnis agar bisa setara dengan yang sudah mapan bukanlah perkara yang tidak mungkin dilakukan. Asalkan Anda ingin terus belajar dan memiliki keinginan yang kuat untuk berkembang. Satu hal penting yang harus dipersiapkan oleh pemilik bisnis UKM adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan semata-mata agar tidak terjadi masalah karena salah pengelolaan yang bisa berakibat fatal.
IPOS sebagai software toko peduli bisnis UKM sangat mengerti kebutuhan tersebut. Dengan berkomitmen ikut membantu para pemilik bisnis UKM di Indonesia, IPOS terintegrasi dengan akuntasi sehingga mempermudah pemilik bisnis dalam kebutuhan akuntansi dan pengelolaan keuangannya. IPOS menyediakan berbagai fitur luar biasa yang sesuai dengan kebutuhan UKM sehingga bisnis Anda bisa berkembang di masa depan.
Jadi tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini sekarang juga!
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau