...
Manajemen Persediaan Produk dan Tips yang Perlu Dilakukan

Manajemen Persediaan Produk dan Tips yang Perlu Dilakukan

Manajemen Persediaan Produk dan Tips yang Perlu Dilakukan – Manajemen persediaan produk adalah proses pengelolaan seluruh siklus hidup produk, mulai dari perencanaan dan pengembangan hingga pemasaran dan penjualan. Dalam pengelolaan produk, penting bagi seorang manajer produk untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar, serta memenuhi tujuan bisnis perusahaan.

Seorang pebisnis awam cenderung kewalahan untuk mengatasi membludaknya permintaan konsumen. Minimnya pengalaman menyebabkan para pebisnis pemula harus berusaha keras untuk membuat manajemen persediaan produk mereka berjalan dengan baik.

Sebuah bisnis tidak akan terlepas dari proses perencanaan produk dan cara mengendalikan persediaan produk. Peran seorang manajer juga sangat penting dalam urusan ini. Tanpa seorang manajer dan sistem manajemen yang baik, sebuah perusahaan mungkin saja melakukan pemborosan pengeluaran.

Padahal tujuan diadakannya manajemen persediaan produk adalah untuk meminimalisir pengeluaran. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai manajemen persediaan produk yang sebaiknya Anda pahami sebagai seorang pebisnis.

Manfaat Manajemen Persediaan Produk

Ada beberapa manfaat dari manajemen persediaan produk, diantaranya mempermudah dalam mengetahui persediaan barang, mengurangi risiko keterlambatan pengiriman, dan mampu mengantisipasi perubahan permintaan secara mendadak.

Jika Anda menerapkan manajemen persediaan produk yang tepat, Anda mampu memaksimalkan persediaan dengan biaya seminimal mungkin.

Manajemen Persediaan Produk secara Manual

Langkah pertama untuk mengetahui apa yang harus dipesan adalah mengetahui apa yang sudah Anda miliki.

Beberapa bisnis mengandalkan sistem pelacakan inventaris yang ketinggalan jaman, melakukan pencatatan setahun sekali untuk menentukan berapa banyak produk yang hilang selama setahun. Sistem seperti ini sangat tidak efektif untuk mengetahui berapa jumlah barang yang hilang setiap harinya.

Dalam bisnis skala kecil, manajemen persediaan produk mungkin masih mudah untuk dilakukan. Juga bukan sesuatu yang mustahil untuk menerapkan sistem manajemen stok barang secara manual.

Namun dalam skala yang lebih besar, tanpa manajemen yang baik maka seorang pebisnis pemula akan berjalan tertatih-tatih. Akan sangat merepotkan jika dalam perusahaan besar masih menggunakan manajemen produk secara manual. Selain tidak efektif, sistem tersebut akan sangat memberatkan kerja seorang manajer.

Tips untuk Melakukan Manajemen Persediaan Produk yang Efektif

Dalam pengelolaan persediaan produk, penting bagi manajer produk untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar, serta memenuhi tujuan bisnis perusahaan.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan manajemen persediaan produk yang efektif :

Kenali Kebutuhan dan Keinginan Pasar

Lakukan riset pasar yang komprehensif untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ini akan membantu Anda mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan menghindari pengembangan produk yang tidak diinginkan. Dalam melakukan riset pasar, Anda dapat mengumpulkan informasi melalui survei, wawancara, atau observasi langsung terhadap perilaku konsumen.

Tetapkan Tujuan Produk

Tentukan tujuan produk yang jelas dan terukur. Tujuan ini harus mencakup target pasar, fitur produk, dan anggaran yang tersedia. Tujuan yang jelas akan membantu Anda memfokuskan usaha dan memastikan produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Buat Roadmap Produk

Buat roadmap produk yang mencakup tahapan pengembangan produk, termasuk waktu dan sumber daya  yang diperlukan. Roadmap produk akan membantu Anda memprioritas fitur produk, mengatur sumber daya yang tersedia, dan memastikan proyek pengembangan produk berjalan lancar.

Lakukan Pengelolaan Proyek yang Efektif

Gunakan metodologi pengelolaan proyek yang efektif, seperti Agile atau Scrum. Metodologi ini akan membantu Anda memecah proyek pengembangan produk menjadi tahapan yang lebih kecil dan lebih mudah diatur. Dengan menggunakan metodologi ini, Anda dapat mengukur kemajuan pengembangan produk secara teratur dan mengidentifikasi masalah yang muncul sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Lakukan Pengujian Produk secara Teratur

Lakukan pengujian produk secara teratur untuk memastikan persediaan produk yang dikembangkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Pengujian ini dapat dilakukan melalui uji coba produk dengan pengguna yang berpotensi atau melalui pengujian internal dengan tim pengembangan. Pengujian produk yang teratur akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang muncul dan memperbaiki produk sebelum diluncurkan ke pasar.

Lakukan Pengelolaan Produk yang Terus-Menerus

Lakukan pengelolaan produk yang terus-menerus setelah produk diluncurkan ke pasar. Pelajari umpan balik dari pelanggan dan identifikasi perbaikan yang harus dilakukan. Dengan melakukan pengelolaan produk yang terus-menerus, Anda dapat meningkatkan kualitas produk dan memastikan produk tetap relevan dengan pasar.

Gunakan Sistem Point-of-Sale (POS) dalam Melakukan Manajemen Persediaan Produk

Sebagian besar perusahaan menggunakan sistem inventaris otomatis dengan pemindai untuk membaca barcode persediaan produk.

Jika alat pemindai gagal dalam menampilkan barang secara real time, manajer akan turun lapangan untuk melakukan pengecekan secara manual. Hal ini tentunya sangat memberatkan tugas seorang manajer. Untuk mengatasi hal tersebut, hadir sistem point-of-sale (POS) yang memudahkan.

Sistem point-of-sale (POS) atau program toko sejauh ini adalah sistem tercanggih untuk melacak inventaris saat barang terjual. Kecanggihan sistem ini berada pada kemampuannya melacak barang saat tiba dan meninggalkan toko. Ddengan begitu, manajer pun dapat mengakses inventaris barang setiap hari. Selain itu, mereka dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi sebelum persediaan semakin menipis.

Manfaatkan juga fitur-fitur yang dimiliki IPOS untuk kelola persediaan barang bisnis Anda.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off