Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inventaris merupakan daftar barang yang dipakai untuk melaksanakan tugas. Namun dalam konteks bisnis, inventaris berarti aset yang dimiliki perusahaan, baik barang jadi maupun barang mentah. Kemudian diolah dan dijual kepada pelanggan guna memperoleh keuntungan.
Sehingga manajemen inventaris merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Ketika Anda baru merintis, mungkin rasanya tidak terlalu sulit untuk melakukan manajemen inventaris. Karena bisa jadi barang-barang yang Anda miliki tidak terlalu banyak. Namun, seiring kemajuan bisnis, Anda perlu memikirkan bagaimana Anda menyusun barang-barang di gudang tanpa teknologi? Akankah Anda melakukannya secara manual?
Table of Contents
5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda
Kehadiran aplikasi gudang dapat memberikan banyak manfaat. Aplikasi gudang tidak hanya menyederhanakan operasional, tetapi juga menyediakan data akurat bagi pemilik bisnis yang pada akhirnya mempengaruhi pengambilan keputusan.
Berikut ini 5 manfaat aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda.
Mengoptimalkan Manajemen Stok Barang
Manfaat aplikasi gudang yang pertama adalah mengoptimalkan manajemen stok barang. Dengan laporan inventaris real-time, Anda dapat selalu mengetahui ketersediaan stok barang tanpa perlu mengecek secara langsung ke gudang. Penggunaan aplikasi ini memudahkan Anda untuk memprediksi kebutuhan inventaris sehingga kekurangan dan kelebihan stok dapat dihindari.
Cara ini akan menghemat waktu Anda di saat Anda melakukan stock opname. Bagi pebisnis yang memiliki gudang dengan ribuan barang di dalamnya, atau memiliki banyak gudang di beberapa tempat akan sangat terbantu dengan fitur Pembelian. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam merencanakan pembelian barang, automatis purchase order, manajemen vendor.
Proses yang cepat selesai, hemat waktu, dan sudah pasti akurat memantau ketersediaan stok. Anda pun bisa meminimalisir terjadinya kerugian pada bisnis Anda.
Mempercepat Proses dengan Mengurangi Lead Time
Dengan aplikasi gudang, waktu antara pembuatan dan penyelesaian produksi dapat dipersingkat. Salah satu manfaat aplikasi gudang yaitu memudahkan produsen memastikan ketersediaan bahan baku untuk proses manufaktur. Barang yang masuk dan keluar gudang dapat termonitor dengan baik. Dengan tingkat persediaan yang maksimal dan akurat yang sesuai dengan permintaan pelanggan, maka pengiriman dapat lebih cepat.
Meningkatkan Hubungan dengan Supplier dan Pelanggan
Kesalahpahaman terhadap pemasok merupakan salah satu dampak buruk yang dapat terjadi akibat ketidakmampuan untuk melacak stok barang yang masuk. Ketika Anda tidak mengetahui berapa banyak barang yang masuk atau kapan gudang menerima pesanan, Anda bisa saja menyalahkan pemasok.
Skenario tersebut dapat dihindari jika menggunakan aplikasi gudang. Pencatatan dan pelacakan setiap barang masuk akan menjadi lebih mudah. Informasi lengkap pemasok tersimpan secara terpusat sehingga mempermudah proses pemesanan barnag. Anda jug dapat mengecek kembali riwayat transaksi dengan setiap pemasok apabila ada kesalahan terkait pembelian. Semuanya dapat terselesaikan dengan bukti yang lengkap dan sebenar-benarnya.
Selain meningkatkan hubungan pemasok, manfaat aplikasi gudang lainnya adalah membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan inventaris secara real-time, Anda dapat menginformasikan ketersediaan barang kepada pelanggan di saat mereka membutuhkannya.
Menghemat Biaya Operasional
Manfaat paling penting dari penggunaan aplikasi gudang adalah biaya operasional yang lebih terkendali. Terdapat beberapa cara yang bisa aplikasi gudang lakukan dalam mengurangi biaya operasional. Pertama, aplikasi gudang akan mengurangi pemborosan dengan mengidentifikasi barang mana yang harus terjual terlebih dahulu. Hal ini dapat mengurangi kerusakan atau pembusukan.
Kedua, aplikasi gudang dapat membantu Anda mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja sehingga mengurangi biaya staff. Ketiga, aplikasi gudang dapat membantu mengurangi kesalahan dalam proses order fulfillment. Sehingga pedagang tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mengirim kembali pesanan pelanggan. Aplikasi ini juga membantu Anda menentukan jenis dan kuantitas barang yang harus tersedia di gudang sesuai dengan permintaan sehingga dapat mengurangi pembelian yang tidak perlu.
Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan
Manfaat aplikasi gudang yang terakhir adalah membantu Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik melalui beberapa cara. Yakni :
- Membantu mengetahui jenis dan jumlah barang yang harus Anda jual ke pelanggan.
- Mengidentifikasi jenis barang yang menguntungkan dan kurang menguntungkan bagi bisnis.
- Memudahkan menilai kerja supplier dan memilih penawaran yang terbaik.
- Membantu menganalisis proses fulfillment dan mengetahui apa yang perlu ditingkatkan untuk layanan pelanggan yang lebih baik.
- Memudahkan alokasi anggaran untuk produk, ruang penyimpanan, kurir, pengiriman barang, dan lain sebagainya.
Itu dia 5 manfaat aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda. Dibanding harus mengerjakan pengelolaan inventaris secara manual, lebih baik serahkan hal-hal yang membuang waktu kepada aplikasi gudang seperti IPOS.
Dengan IPOS, Anda bisa lebih fokus untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Tanpa perlu memusingkan bagaimana cara menyusun barang di gudang atau bagaimana manajemen inventaris yang tepat untuk bisnis. Segala kemudahan di atas bisa Anda dapatkan melalui fitur-fitur keren yang IPOS miliki.
Ingin tahu lebih lanjut mengenai IPOS? Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4