...
Manfaat Soft Launching untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

Manfaat Soft Launching untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

Manfaat Soft Launching untuk Bisnis yang Wajib Diketahui – Agar sebuah produk dapat dirilis secara baik dan maksimal, maka salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan soft launching. Jenis perilisan produk ini umumnya dikenal dengan uji coba. Pasalnya, produk atau layanan yang dikenalkan dilakukan secara singkat agar dapat mengetahui feedback pada versi awalnya.

Nah, untuk Anda para pebisnis yang ingin mengenal lebih jauh tentang soft launching, baik itu tujuan dan manfaatnya, pastikan Anda membaca artikel di bawah ini hingga selesai, ya!

Pengertian Soft Launching

Dilansir dari lama Marketing91, soft launching adalah perilisan suatu produk barang atau layanan jasa pada beberapa kelompok pelanggan atau pengguna sebelum dilakukan perilisan secara resmi.

Soft launch ini menjadi salah satu strategi marketing yang mana produsen nantinya akan terlebih dahulu memperkenalkan versi awal suatu produk.

Dengan melakukan soft launching, perusahaan mencoba untuk memperoleh feedback dari pengguna agar dapat meningkatkan produk atau layanan jasanya sebelum memasuki persaingan di pasar. Soft launching banyak dikenal dengan produk beta test, yang mana perusahaan akan memperkenalkan dan memberikan informasi terkait apa saja yang ada dalam tahap akhir suatu produk.

Tujuan Soft Launching

Dikutip dari laman Feed Dough, walaupun terdapat tujuan dari setiap perusahaan, namun tujuan umum dari soft launching adalah sebagai berikut :

Memperoleh Insight dari Kebiasaan Pelanggan

Dengan dilakukannya soft launching, maka perusahaan mencoba agar pelanggannya dapat memberikan feedback demi pengembangan produk akhir atau versi lengkap produk tersebut. Adanya kegiatan ini akan membantu perusahaan untuk dapat memahami kebiasaan pelanggan tentang penggunaan produk atau layanan jasanya.

Mengoptimasi Penawaran

Berdasarkan pengalaman dan juga insight dari penggunaan produk, maka perusahaan nantinya dapat memperbaiki penawaran produknya. Berdasarkan kegiatan ini, nantinya pelanggan akan dapat mengenali kekurangan produk yang terlupakan ketikan proses produksi berlangsung.

Sehingga, perusahaan akan bisa memahami cara paling tepat dalam melakukan optimasi penawaran atau berbagai nilai yang ditonjolkan ketika perilisan resmi produk.

Membangun Strategi Marketing yang Efektif

Selain dapat memperoleh feedback untuk produk, kegiatan soft launching juga akan dapat menentukan strategi marketing apa yang nantinya efektif untuk digunakan. Untuk itu, soft launching hanya memerlukan upaya pemasaran yang rendah.

Setelah mengetahui berbagai nilai yang nantinya akan dikedepankan, maka perusahaan akan dapat membuat strategi pemasaran yang lebih menarik untuk pelanggan.

Membuat Sebuah Buzz

Dalam marketing, buzz adalah promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut. Setiap perusahaan pasti memiliki strategi penjualan yang unik agar dapat menarik perhatian pelanggan. Manfaat dari adanya soft launching, maka perusahaan bisa menggunakan strategi pasar agar bisa memperkenalkan produknya dan juga membuat suatu buzz terkait produk tersebut.

Merencanakan Kesuksesan Produk

Kegiatan soft launching juga akan membantu perusahaan dalam memperoleh gambaran terkait kesuksesan produk atau layanan yang mereka tawarkan di pasar.

Hal tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk membuat rencana dan memperkirakan permintaan produk, serta bagaimana kegiatan perilisan resmi produk harus dilakukan.

Manfaat Soft Launching

Ketika semuanya telah berjalan serba digital, maka soft launching akan mampu memberikan kesan pertama yang baik di mata pelanggan. Selain itu, setidaknya ada lima kelebihan dan manfaat yang dapat Anda peroleh dari menjalankan kegiatan ini, yaitu :

Manfaat Soft Launching : Biaya yang Rendah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, soft launching hanya memerlukan upaya yang minimal. Untuk itu, suatu kegiatan soft launch tidak akan memerlukan biaya yang besar. Tapi, produk tersebut akan tetap bisa dirilis oleh perusahaan dan diperkenalkan secara baik ke pelanggan.

Manfaat Soft Launching : Memperoleh Tambahan Uji Coba/Testing

Suatu soft launch akan menjadi salah satu cara tambahan untuk melakukan uji coba sebuah produk ataupun layanan. Ketikan produk ataupun layanan sedang masuk ke dalam tahapan soft launching dan digunakan oleh para pelanggan yang terpilih, maka hal tersebut menjadi strategi yang baik dalam uji coba.

Selain itu, hal tersebut juga mampu meminimalisir risiko turunnya reputasi brand karena produk itu sendiri.

Manfaat Soft Launching : Memperoleh Feedback yang Lebih Tepat

Membiarkan suatu produk diuji coba oleh pelanggan yang sudah terpilih akan membuat Anda bisa menerapkan perubahan. Kehadiran feedback ini akan memberikan perubahan yang dapat diterapkan agar bisa mengembangkan produk ataupun dilakukan dalam pengembangan produk yang lain.

Perusahaan juga nantinya akan dapat memperoleh feedback dan membangun prioritas perubahan yang akan dilakukan dan memaksimalkan pengalaman pelanggan.

Manfaat Soft Launching : Menarik Pelanggan

Tujuan dari dilakukan perilisan produk atau layanan tentu akan mampu menarik pelanggan dalam melakukan pembelian.

Jika perusahaan mengadakan soft launching, maka pelanggan akan lebih tertarik dalam mengetahui perubahan dan juga pengembangan produk yang akan dilakukan ketika perilisan resmi nanti. Nah, saat itulah strategi pemasaran soft launch akan berhasil, karena akan ada banyak pelanggan yang tertarik ketika dilakukan hard launching.

Manfaat Soft Launching : Menyingkirkan Kekurangan Produk

Setiap insight yang diterima akan menjadi senjata utama dan terbaik perusahaan dalam memperbaiki kekurangan dan juga masalah dalam suatu produk ataupun layanan. Selain itu, hasil dari kegiatan ini juga nantinya bisa membatalkan suatu proyek bila dirasa tidak akan berhasil dalam mencapai target audiens yang diharapkan.

Demikianlah berbagai hal yang harus Anda ketahui terkait soft launching. Namun sebelum dilakukan soft launching, terdapat suatu pengembangan produk atau layanan, dan berbagai tahapan lainnya yang harus dilakukan. Berbagai hal tersebut tentunya memerlukan anggaran yang tepat agar bisa berjalan dengan lancar.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat anggaran atau mengatur anggaran, Anda lebih baik menggunakan software IPOS.

Software adalah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi sehingga bisa menyediakan berbagai laporan keuangan. IPOS akan mempermudah Anda dalam membuat anggaran keuangan perusahaan. Selain itu, fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara menyeluruh.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off