Mengatasi Pelanggan yang Marah, Ini Dia Tips-Tipsnya – Jika Anda bekerja di bagian ritel, perhotelan, perawatan kesehatan, perusahaan penjualan atau industri lainnya, menghadapi pelanggan yang marah di beberapa titik dalam karir mereka. Meskipun berurusan dengan klien yang marah mungkin menantang, Anda dapat mengatasi konsumen atau pelanggan yang marah dengan cara terbaik dan menghasilkan hasil positif untuk diri sendiri dan perusahaan Anda.
Berurusan dengan pelanggan dengan cara yang tenang, rasional, dan proaktif dapat membantu Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik dan mempertahankan pelanggan itu. Dalam artikel berikut, Akan dijelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk berinteraksi secara positif dan mengatasi dengan pelanggan yang tidak puas, marah, dan kecewa.
Table of Contents
Kenapa Mengatasi Pelanggan yang Marah itu Penting?
Terlepas dari apakah Anda merasa bertanggung jawab atau tidak atas masalah tersebut, selalu bijaksana untuk menangani dan mengatasi pelanggan yang marah atau kesal dengan sopan dan segera. Beberapa alasan mengapa mengatasi pelanggan yang marah itu penting di antaranya :
Dengan berkomunikasi dengan sopan dan menemukan solusi, Anda dapat mempertahankan pelanggan ini untuk transaksi di masa mendatang. Pelanggan yang senang dengan cara Anda mengatasi masalah mungkin membalikkan pandangan mereka dan memberikan umpan balik positif kepada supervisor Anda atau dalam ulasan online.
Memecahkan masalah mungkin menunjukkan kepada And acara memperbaiki masalah di perusahaan untuk mencegah hal ini terjadi lagi dan dengan demikian meningkatkan bagian dari proses perusahaan.
12 Langkah Mengatasi Pelanggan yang Marah dan Kecewa
Baik berinteraksi dengan pelanggan yang kesal dengan Anda atau anggota staff, aspek kunci dari interaksi tersebut adalah tetap tenang dan mendengarkan tanpa bersikap defensif. Berdasarkan laman Hubspot, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda menavigasi situasi secara positif.
Tetap Tenang saat Mengatasi Pelanggan yang Marah
Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin tampak tertekan atau marah. Terlepas dari sikap mereka, gunakan senyuman dan bahasa tubuh seperti kontak mata dan uluran tangan untuk berjabat tangan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk berinterkasi dan berinvestasi dalam memecahkan masalah mereka.
Bahkan saat berkomunikasi dengan klien melalui telepon, tersenyum menyampaikan kehangatan dalam suara Anda meskipun mereka tidak dapat melihat Anda. Menggunakan nada suara yang rendah dapat menyebabkan speaker juga menurunkan nada dan volumenya.
Ubah Pola Pikir Anda
Mungkin wajar untuk berpikir pada diri sendiri bahwa situasinya bukan salah Anda. Namun, keberhasilan interaksi ini sebagian besar bergantung pada Anda untuk tidak menanggapi kemarahan pelanggan secara pribadi. Hal ini dapat dilakukan dengan beralih dari pola pikir mencari kesalahan ke pola pikir yang tujuannya adalah mencari solusi.
Mengatakan sesuatu seperti, “Mari kita lihat bagaimana saya bisa membantu,” adalah cara terbaik untuk menunjukkan pola pikir ini. Hal tersebut akan membantu Anda menangani situasi dengan lebih sedikit stress pada diri sendiri.
Akui Masalah Mereka
Hal pertama yang dicari pelanggan dari Anda adalah pengakuan bahwa sesuatu telah terjadi yang membuat mereka kesal. Anda dapat mengakui perasaan mereka tanpa menerima kesalahan dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saya mengerti masalah Anda, dan saya sangat menyesal.”
Perkenalkan Diri Anda
Memberi tahu pelanggan nama Anda dan mempelajari nama mereka secara alami dapat menempatkan interkasi pada pijakan yang lebih ramah.
Tanyakan kepada pelanggan nama mereka, dan kemudian gunakan sepanjang dan sering selama percakapan Anda. Hal ini membuat interaksi lebih pribadi dan membuat pelanggan tahu bahwa Anda peduli secara khusus tentang mereka daripada jika Anda menggunakan gelar formal seperti “Tuan” atau “Bu”. Contohnya, “Ibu Nina, saya lihat di sini Anda memesan pada tanggal 5 Mei?” atau “Mari kita lihat berapa banyak barang yang ada di keranjangmu.”
Pelajari tentang Orang yang Anda Ajak Bicara selama Mengatasi Pelanggan yang Marah
Memahami detail tentang pelanggan Anda, seperti tingkat pengetahuan mereka tentang subjek, usia atau latar belakang mereka dapat membantu Anda terhubung dengan mereka dan memudahkan interkasi ke tingkat yang lebih ramah. Anda juga dapat menyesuaikan percakapan Anda agar lebih bermanfaat. Beberapa informasi ini dapat disimpulkan dari informasi yang mungkin sudah Anda miliki, tetapi Anda dapat mengajukan pertanyaan ramah untuk memastikan detail lainnya.
Misalnya, jika Anda berbicara dengan pelanggan lanjut usia yang menunjukkan tidak ramah dalam penggunaan teknologi, Anda mungkin perlu lebih meyakinkan dan berbicara tanpa menggunakan jargon, “Jangan khawatir, Bapak. Kami akan memperbaiki dan memastikan komputer Anda baik-baik saja, dan tidak ada masalah.”
Namun, jika Anda berbicara dengan seseorang yang bahasanya menunjukkan bahwa mereka memahami komputer, Anda dapat menjelaskan situasinya pada tingkat teknis yang lebih tinggi.
Dengarkan Pelanggan Anda
Ini mungkin hal terpenting yang Anda lakukan untuk pelanggan. Dengan mengangguk dan bahkan mungkin mencatat saat mereka berbicara, Anda menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda secara aktif mendengarkan apa yang mereka katakan. Dengan tidak menyela, Anda memberi mereka kesempatan untuk mengungkapkan rasa frustrasi mereka, setelah itu mereka kemungkinan besar akan lebih setuju untuk mencari solusi dengan Anda.
Ulangi Kekhawatiran Mereka Kembali ke Pelanggan
Menyatakan masalah menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memperhatikan. Ini juga menegaskan sendiri apa masalahnya sehingga tidak ada kesalahpahaman. Misalnya, “Hanya untuk memastikan bahwa saya mengerti, Anda kesal karena kue yang Anda pesan kurang dari jumlah pesanan seharusnya, dan pada kue itu juga kehilangan lapisan selai stoberi di tengah yang Anda minta.”
Sesuatu yang spesifik lebih jelas daripada sekadar mengatakan, “Saya mengerti Anda tidak menyukai kue yang kami buatkan untuk Anda.”
Bersimpati, Berempati, dan Meminta Maaf
Tunjukkan dengan hormat bahwa Anda memahami mengapa mereka kesal, dan coba tempatkan diri Anda pada posisi mereka untuk melihat bagaimana perasaan Anda dalam situasi yang sama. Ini mungkin membantu menempatkan Anda dalam kerangka berpikir yang lebih memahami untuk membuat solusi. Ucapkan simpati Anda dan minta maaf dengan jelas dan tegas.
Misalnya, “Saya sangat menyesal penata taman kami memotong bibir bunga liar putri Anda di halaman Anda. Saya bisa mengerti betapa kesalnya Anda. Pasti butuh waktu lama untuk tumbuh.”
Tawarkan Solusi saat Mengatasi Pelanggan yang Marah
Beberapa pelanggan yang kecewa hanya ingin mengungkapkan rasa frustrasi mereka, dan mendengarkan Anda adalah yang mereka butuhkan. Yang lain mencari sesuatu yang lebih konkret, seperti pengembalian uang atau penggantian pekerjaan.
Tawarkan solusi dan terbukalah untuk mendiskusinya lebih lanjut. Misalnya, “Saya mengerti bahwa steak tidak dimasak sesuai kebutuhan Anda dan sekali lagi, kami sangat menyesal makanan spesial Anda rusak. Bisakah kami menawarkan steak lain dari restoran kami atau hidangan lain di menu? Kami juga akan ingin menawarkan Anda berdua makanan penutup gratis.”
Ucapkan Terima Kasih kepada Pelanggan
Untuk menutup interaksi, ucapkan terima kasih kepada pelanggan dengan tulus karena telah mengemukakan kekhawatiran mereka.
Tujuan Anda adalah untuk menyediakan barang dan layanan terbaik, dan semua umpan balik membantu dalam hal ini. Anda juga dapat mengungkapkan harapan bahwa Anda telah mempertahankan pelanggan itu untuk masa depan.
Tenangkan Diri Anda selama Mengatasi Pelanggan yang Marah
Bahkan jika Anda berada dalam hubungan pelanggan dan berinteraksi dengan pelanggan yang marah besar dalam obrolan dengan waktu yang lama. Keadaan keseimbangan mental akan membantu Anda menyegarkan pikiran dan berurusan dengan pelanggan berikutnya dengan sama efektifnya.
Bicaralah dengan seorang teman, ambil napas dalam-dalam yang menenangkan atau jika waktu dan aturan mengizinkan, berjalan-jalan sebentar untuk menjernihkan pikiran Anda sebelum kembali bertugas.
Tindak Lanjut
Untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, tindak lanjuti mereka dalam beberapa hari untuk memastikan bahwa mereka puas dengan solusi yang diberikan. Anda dapat mengirimi mereka email, sertifikat hadiah melalui pos atau melakukan panggilan telepon lanjutan. Penting juga untuk menindaklanjuti dalam organisasi Anda untuk mencari tahu mengapa situasi itu terjadi. Lakukan perubahan yang diperlukan untuk menghindari terulangnya masalah.
Misalnya, pesanan yang terlambat mungkin menunjukkan bahwa karyawan datang ke kantor kurir terlalu sore, dan jadwal yang direvisi mungkin perlu diterapkan.
Selalu ingat bahwa jika pelanggan bersikap kasar kepada Anda atau karyawan Anda. Anda harus memikirkan keselamatan terlebih dahulu dan memotong interaksi. Namun, dalam semua kasus lain, dengan tetap tenang dan simpatik, dan dengan tulus berusaha untuk menemukan solusi atas keluhan pelanggan. Pelanggan yang marah dapat meninggalkan bisnis sebagai klien jangka panjang yang puas dan berkomitmen.
Itulah beberapa tips dan cara mengatasi pelanggan marah yang bisa Anda terapkan dalam bisnis. Pelanggan adalah raja dalam suatu bisnis, Anda harus memastikan bahwa hubungan baik antara Anda dan pelanggan selalu berjalan dengan baik. Jika Anda adalah pebisnis yang membutuhkan solusi akuntansi dan pembukuan lebih optimal, lebih baik Anda mencoba menggunakan IPOS.
IPOS adalah software toko yang sudah terintegrasi akuntansi yang sudah berpengalaman dengan fitur-fitur keren yang bisa bantu kemudahan bisnis Anda.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau