...
Mengorganisir Pekerjaan Freelancers dengan 5 Tips ini!

Mengorganisir Pekerjaan Freelancers dengan 5 Tips ini!

Mengorganisir Pekerjaan Freelancers dengan 5 Tips ini – Sekarang ini banyak perusahaan yang tidak hanya mencari pegawai full time tetapi juga mulai tertarik untuk mempekerjakan para freelancers. Hal ini dikarenakan output yang dihasilkan akan lebih maksimal. Terutama dengan organisir yang lebih baik, hasil pekerjaan pun lebih memuaskan dan lebih produktif.

Akan tetapi penggunaan freelancer tidak semudah yang Anda pikirkan. Meskipun mengurangi biaya perusahaan, ada beberapa kesulitan yang harus dihadapi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sribulancer.com, ada beberapa kesulitan yang seringkali dihadapi pelaku UKM dalam mempekerjakan freelancer, diantaranya  Komunikasi yang terhambat karena perbedaan tempat bekerja, freelancer yang belum tentu menyelesaikan tugasnya tempat waktu, serta sistem pembayaran yang bervariasi terutama freelancer Anda tinggal di kota yang berbeda.

5 Tips Mengorganisir Pekerjaan Freelancers

Namun jangan khawatir, bagi Anda pelaku UKM yang berniat untuk mempekerjakan freelancer atau sedang bekerja sama dengan freelancer, berikut ini ada beberapa tips untuk mengorganisir pekerjaan freelancers agar output lebih maksimal.

  1. BANGUN CHEMISTRY SEJAK AWAL

Beberapa freelancer di-hire karena alasan link atau berdasarkan kenalan satu sama lain. Namun, bagaimanapun Anda bertemu atau mengenal freelancer tersebut, ada baiknya untuk membangun chemistry dari awal. Jika freelancer tersebut berdomisili di kota yang sama dengan kantor Anda, sangat dianjurkan untuk mengundang freelancer tersebut untuk interview atau membangun suasana dan berkenalan dengan rekan kerja di kantor lainnya, terlebih lagi jika sang freelancer harus bekerja sama dengan beberapa orang yang terlibat di kantor tersebut. Dengan mengenal satu sama lain secara langsung, chemistry yang terbangun akan membuat keduanya lebih mudah untuk bekerja sama.

Begitu juga halnya dengan freelancer yang berdomisili di luar kota. Jika tak mungkin mengundangnya datang ke kantor, Anda masih memiliki alternatif untuk mengatur jadwal video call untuk berkenalan satu sama lain. Saat mengadakan video call tersebut, ada baiknya Anda mengajak karyawan lainnya yang akan berurusan dengan freelancer tersebut.

  1. UNDANG FREELANCER TERSEBUT KE ACARA-ACARA KANTOR

Freelancer memang merupakan outsider yang bekerja untuk perusahaan Anda. Namun, bekerja bukan hanya bekerja untuk memenuhi atau menyelesaikan pekerjaan kantor, namun juga sudah menjadi bagian dari perusahaan Anda. Menjaga komunikasi dengan para freelancer memang hal yang paling utama. Namun, membangun komunikasi di luar jam kantor merupakan hal yang tidak kalah pentingnya juga. Jadi, usahakan untuk tidak hanya berkomunikasi untuk membicarakan pekerjaan, namun ajaklah ia di setiap acara kantor Anda. Misalnya di acara tahunan kantor, rapat tahunan, acara buka puasa bersama dan berbagai acara besar lainnya. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung sedang memperdalam hubungan chemistry dan juga sense of belongings freelancer tersebut dengan perusahaan Anda.

  1. KOMUNIKASI REGULAR ITU PERLU

Setiap freelancer pasti sudah mengetahui jabatan, tugas dan juga KPI-nya masing-masing. Namun, bukan berarti Anda bisa sebebasnya untuk melepas sang freelancer tersebut bekerja. Ada baiknya Anda melakukan komunikasi regular, harian atau mingguan untuk mengecek pekerjaan dan juga mendengarkan pendapat dari sisi sang freelancer tersebut. Bentuk komunikasi ini bisa anda pertimbangkan atau sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Contohnya, jika sang freelancer dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan lancar, tepat deadline dan juga maksimal, mungkin Anda hanya perlu menjaga komunikasi seminggu sekali untuk memastikan ia tidak mengalami kesulitan atau hanya untuk memberikan bentuk perhatian terhadap freelancer tersebut agar tidak keluar dari SOP yang telah ditentukan.

  1. TERBUKA DENGAN PARA FREELANCER

Meskipun bekerja dari jauh atau dari rumah, namun bukan berarti sang freelancer tak berhak tau hal-hal yang berhubungan dengan pencapaian dan juga kemunduran peusahaan Anda. Dengan sikap transparansi, sang freelancer pasti akan lebih berusaha untuk memaksimalkan hasil dan kontribusi terhadap perusahaan tersebut. Jika Anda bersikap tertutup atau tidak memberikan update perkembangan perusahaan, bukan hal yang mengangetkan bila sang freelancer berjalan di tempat.

Mulai dari hasil rapat, KPI serta kemajuan perusahaan ada baiknya terbuka dengan para freelancer. Hal tersebut akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari perusahaan Anda dan menjadikan mereka termotivasi untuk melakukan dan memberikan kontribusi yang lebih lagi untuk perusahaan Anda.

  1. ADAKAN EVALUASI

Sama halnya dengan pekerja kantoran yang selalu stand by di kantor, ada baiknya Anda juga mengadakan evaluasi terhadap freelancer tersebut dalam jangka waktu berkala, misalnya satu atau tiga bulan sekali. Dengan begitu, sang freelancer bisa mengetahui bagian mana yang bekerja dengan maksimal dan bagian mana yang perlu ia tingkatkan. Dengan begitu pula, Anda juga akan selalu bisa mendapatkan peningkatkan dari sang freelancer.

Permudahkan evaluasi bisnis Anda bersama fitur-fitur IPOS! Dengan IPOS, Anda bisa pantau dan kontrol seluruh kegiatan operasional bisnis di mana saja dan kapan saja dalam satu genggaman. Sangat simple dan kekinian untuk hasil maksimal dan menguntungkan.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off