...
Marketing Plan : Contoh dan Panduan Cara Membuatnya

Marketing Plan : Contoh dan Panduan Cara Membuatnya

Marketing Plan : Contoh dan Panduan Cara Membuatnya – Marketing plan merupakan salah satu dokumen yang harus Anda punya sebagai seorang pemilik bisnis. Karena dengan adanya marketing plan, Anda dapat memasarkan produk dengan lebih maksimal karena telah terencana dengan baik. Untuk itu, setiap pengusaha harus mengetahui langkah-langkah membuat marketing plan yang baik.

Sebelum membahas mengenai cara membuat marketing plan, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Mulai dari pengertian, contoh, dan panduan cara membuatnya.

Pengertian Marketing Plan

Marketing atau pemasaran mungkin memang terasa dekat dengan istilah “perdagangan”. Namun kedua istilah ini biasanya dipergunakan dalam konteks yang berbeda.

Seseorang dengan latar belakang ilmu ekonomi misalnya, perdagangan biasanya lebih lazim digunakan dalam lingkup ekonomi makro, sementara orang dengan latar belakang ilmu manajemen lebih dekat dengan istilah pemasaran. Pemasaran sendiri merupakan suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan menukar produk yang bernilai dengan pihak lain.

Sehingga tidak heran jika dalam pemasaran dibutuhkan koordinasi dana tau sistem manajerial tertentu yang dilanggengkan untuk mencapai suatu capaian atau target tertentu.

Lantas apa yang dimaksud dengan marketing plan atau rencana pemasaran? Rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu di bidang pemasaran pada suatu waktu tertentu di masa yang akan datang.

Contoh Marketing Plan

Bagaimana gambaran perencanaan pemasaran yang baik? Berikut contoh marketing planberdasarkan tipe produk perusahaan.

Contoh Marketing Plan Perusahaan Jasa

Sebagai tipe perusahaan jasa, Trigonal akan mengambil contoh pembuatan perencanaan perusahaan bisnis layanan liburan.

  • Tipe : Perusahaan traveling ABC
  • Visi : menjadikan liburan dalam negeri lebih mudah dan nyaman
  • Misi : meningkatkan kerjasama dengan berbagai korporasi nasional
  • Target pasar : dewasa, kelas sosial menengah ke atas, hobi traveling
  • Kompetitor : perusahaan traveling lainnya
  • Konten dan Media : video Tiktok tips traveling anti ribet ala perusahaan
  • Tujuan AIDA : memunculkan interest pelanggan
  • KPI : target followers Tiktok baru sejumlah 100 orang
  • Anggaran dan PIC : Rp xxx (tim content creator dan social media expert)

Contoh Marketing Plan Perusahaan Barang

Selain contoh marketing plan perusahaan jasa, berikut contoh yang bisa diterapkan oleh perusahaan yang menawarkan barang sebagai produk mereka, adalah

  • Tipe : perusahaan mie instan
  • Visi : menjadikan mie instan makanan yang sehat
  • Misi : meningkatkan kerjasama dengan produsen bahan organic
  • Target pasar : millennial, kelas sosial menengah dan ke atas
  • Kompetitor : perusahaan mie instan lainnya
  • Konten dan Media : infografis Instagram tentang bahan organik yang sehat
  • Tujuan AIDA : memunculkan interest pelanggan
  • KPI : target engagement konten sejumlah 500 akun
  • Anggaran dan PIC : Rp xxx (tim content creator dan social media expert)

Cara Membuat Marketing Plan

Setelah mengetahui bagaimana contoh dari marketing plan dua jenis perusahaan, Anda bisa memulai merancang dan menyusunnya menjadi satu output plan yang dilandasi visi dan misi perusahaan. Lakukanlah beberapa langkah berikut untuk membuatnya.

  1. Target Pasar, Kompetitor, dan Unique Selling Point

Pelanggan dan komptetitor merupakan dua aspek yang sangat penting untuk dipetakan secara tepat. Dengan memperhatikan visi dan juga misi perusahaan, pembuatan perencanaan pemasaran bisa dimulai dengan menentukan pasar yang akan ditarget dan siapa kompetitor yang harus dihadapi.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan target dari cakupan pasar yang luas, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan klasifikasi menggunakan buyer persona atau segmentasi pasar. Selain pelanggan, ketahui juga dnegan siapa perusahaan Anda bersaing melalui riset kompetitor. Cari tahu kelebihan dan kekurangan yang bisa dipelajari dari pesaing. Dengan riset ini, perusahaan juga bisa menentukan dengan jelas apa unique selling point yang bisa ditawarkan ke pelanggan.

  1. Menyusun Strategi Marketing dengan Dasar AIDA

Langkah kedua dalam cara membuat marketing plan adalah menyusun marketing strategy dengan konsep AIDA. Terdapat beberapa unsur yang menyusun konsep AIDA yaitu awareness, interest, desire dan action. Tim marketing dapat merencanakan konsep pemasaran sesuai dengan keempat unsur tersebut.

Kelompokkan dengan rinci mana strategi yang dilakukan untuk memunculkan awareness di benak pelanggan, mengajak pelanggan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk, mempersuasi untuk membeli, hingga mengambil keputusan dengan action terhadap barang yang ditawarkan.

  1. Key Performance Indicator (KPI)

Konsep dan strategi marketing tidak hanya disusun di atas lembar perencanaan saja, sebelum benar-benar diimplementasikan coba tentukan juga indikator keberhasilan dari strategi-strategi tersebut dengan key performance indicator. KPI sendiri adalah alat ukur yang bisa digunakan perusahaan untuk memonitor apakah target dari strategi yang disusun sudah tercapai. Dengan adanya KPI, tahap evaluasai juga lebih efisien dilakukan.

  1. Menetapkan Anggaran

Pastinya seluruh kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cara membuat marketing plan yang baik selanjutnya adalah dengan mengalokasikan dana perusahaan dengan tepat agar tidak ada pengeluaran yang di luar kendali.

  1. Susun Daftar Person in Charge

Tahap melaksanakan pemasaran tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Dalam tim marketing pun bisa ada beberapa orang yang menanggung suatu kewajiban. Menyusun daftar PIC atau person in charge adalah salah satu solusi agar proses monitoring kegiatan juga lebih mudah. Sehingga tidak ada pekerjaan yang terlewat.

Jangan lupa di dalam perjalanan bisnis nanti, Anda tidak hanya membutuhkan marketing plan saja. Anda juga pasti membutuhkan penunjang lain yang mampu membuat operasional bisnis menjadi lebih aman terkendali. Apalagi kalau bukan Software IPOS? Dengan berbagai macam fitur yang IPOS punya, IPOSs akan pastikan operasional bisnis jadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Coba gratis IPOS di sini dan buktikan sendiri bagaimana manfaat IPOS untuk bisnis Anda sekarang!

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off