Perbedaan Sales dan Marketing, Anda Wajib Tahu – Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki departemen, divisi, atau bagian yang memiliki tugasnya masing-masing. Misalnya saja customer service, sales, programmer, marketing, dan masih banyak lagi. Divisi yang sering menjadi perdebatan ialah divisi sales dan marketing. Banyak yang mengira bahwa sales dan marketing adalah bagian yang sama karena fungsi dan tugasnya yang dianggap sama.
Tidak hanya dari sisi pekerja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini.
Table of Contents
Perbedaan Sales dan Marketing
Pada kenyataannya, meskipun sales dan marketing merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tetapi keduanya jelas berbeda. Apakah perbedaan sales dan marketing? Apakah sales dan marketing adalah hal yang sama?
Agar lebih memahami berikut merupakan perbedaan sales dan marketing yang wajib Anda ketahui.
Pengertian Sales dan Marketing
Agar lebih mudah memahaminya, poin pertama dari perbedaan sales dan marketing yakni tentang pengertiannya.
Sales diartikan sebagai bagian dari sebuah perusahaan yang memiliki tugas untuk menjual. Mereka yang biasanya akan bertemu langsung dengan para pembeli atau konsumen. Dalam kerjanya, mereka harus memiliki beberapa keterampilan, diantaranya adlaah keterampilan menjual, baik ke pengecer ataupun pengguna. Juga kemampuan untuk memastikan setiap produk dapat terjual sesuai dengan target harga dan target jumlah yang ditentukan oleh perusahaan.
Sedangkan kata marketing sendiri diartikan sebagai “segala upaya yang harus dilakukan untuk membuat bisnis selalu terlihat baik di mata pasar, dibandingkan bisnis pesaing.”
Sementara menurut Philip Kottler, seorang konsultan pemasaran Amerika Serikat, marketing ialah sebuah proses manajerial dan sosial. Dilakukan oleh perorangan atau kelompok, untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Caranya adalah dengan menciptakan suatu produk dan menukarnya dengan suatu nilai yang diinginkan.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan pengertian marketing ialah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan nilai jual atau meningkatkan bisnis sebuah perusahaan.
Tugas Tim Marketing dan Sales
Perbedaan sales dan marketing selanjutnya terletak pada tugas kedua divisi tersebut. Sebagaimana definisinya, marketing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk dari suatu perusahaan. Ssehingga marketing memiliki beberapa tugas, yaitu.
- Perencanaan
Tugas seorang marketing yang pertama ialah melakukan perencanaan. Mereka dituntut untuk mampu merencanakan strategi pemasaran dan produk apa yang dipasarkan. Sebelum melakukan hal tersebut, mereka biasanya melakukan riset dan pengamatan terhadap kecenderungan pasar. Hasilnya akan digunakan untuk pembuatan rancanagan strategi pemasaran.
-
Menentukan Harga
Tugas selanjutnya ialah menentukan harga jual produk. Hal tersebut dilakukan setelah melewati pertimbangan banyak hal. Salah satunya ialah harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Harga yang tidak tepat akan berpengaruh pada penjualan produk suatu perusahaan.
-
Strategi Pemasaran
Marketing bertugas menentukan strategi pemasaran. Lingkup dari strategi pemasaran adalah promosi, yang kemudian terbagi dalam pemberian bonus dan publikasi. Tujuan dari promosi ini ialah untuk mengenalkan sebuah produk kepada orang banyak.
Publikasi dapat dilakukan melalui berbagai platform atau saluran media massa, baik yang digital maupun konvensional. Sedangkan pemberian bonus maksudnya bisa berupa pemberian hadiah, bisa juga pemberian potongan harga.
-
Perencanaan Distribusi
Tugasnya berikutnya dari tim marketing adalah perencanaan terhadap proses distribusi. Hal tersebut bisa berupa waktu distribusi, hingga tempat distribusi sebuah produk dari sebuah perusahaan.
Namun dari keempat tugas yang sudah dijelaskan tersebut, tugas utama dari seorang anggota tim marketing adalah menjaga dan menjamin adanya pelayanan terbaik bagi para konsumen. Menjaga hubungan baik dan komunikasi yang baik, agar kepercayaan konsumen terhadap perusahaan terus terjaga.
Selanjutnya tugas dari seorang sales ialah :
-
Mencari Target Pasar
Tugas pertama dari seorang sales adalah mencari target pasar. Mereka harus mampu menentukan tempat yang memiliki potensi pasar yang besar. Hal ini dapat dilakukan seorang sales sejak sebelum produk selesai dibuat. Mereka dapat melihat-lihat sebuah lokasi dan karakteristik masyarakatnya, untuk kemudian menentukan calon pembelinya.
-
Merekapitulasi Hasil Penjualan
Seorang sales juga memiliki tugas untuk merekapitulasi hasil penjualan atau menulis secara rapi data hasil penjualan. Hal ini tentunya akan berguna untuk perusahaan kedepannya. Perusahaan dan tim sales dapat dengan mudah melakukan evaluasi kinerja dan menyusun strategi pemsaran yang baru.
-
Menggaet Mitra Kerja
Tugas ketiga dari seorang sales yaitu menggaet mitra kerja. Mereka bisa membantu mengembangkan proses pemasaran dari produk yang kamu pasarkan.
-
Menjamin Kepuasan Pelanggan
Hal yang paling penting dalam tugas seorang sales adalah menjamin kepuasan pelanggan. Menjamin barang yang dipesan diperoleh dalam kondisi yang baik di tangan pelanggan. Sehingga kepercayaan pelanggan akan terjaga.
Proses Kerja
Selanjutnya, perbedaan sales dan marketing yang dapat dilihat yaitu dari sisi proses kerja keduanya.
Merujuk pada pengertian sales yang merupakan penjualan, maka proses kerja sales yaitu langsung menghadapi konsumen. Selain secara langsung, sales juga dapat melakukannya melalui media, seperti media sosial, telepon, atau media lainnya. Pada dasarnya kegiatan sales yakni aktivitas langsung atau interaksi langsung, asal kedua belah pihak menyetujui maka tidak menjadi masalah. Agar tim sales dapat melakukan tugasnya dengan baik maka dibutuhkan tim marketing untuk melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Sehingga marketing ini merupakan kegiatan di belakang sales. Mereka yang memikirkan cara promosi, pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya. Dengan kata lain, perbedaan sales dan marketing ini adalah bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk membuat konsumen tertarik dan sales bertugas melayani para konsumen agar produk laku terjual.
Itulah perbedaan sales dan marketing. Perusahaan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan sales, karena sales tidak akan tercipta tanpa adanya marketing yang baik. Karenanya agar perusahaan terus berkembang dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang benar, baik terkait produksi, marketing, sales, keuangan dan sebagainya.
Untuk membantu Anda mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan software
IPOS adalah salah satu software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi yang mudah dan dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi.
IPOS menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, mencatatkan akuntansi perusahaan dagang, pencatatan persediaan, dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan terotomatis.
Selain itu, IPOS juga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Tertarik? Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4