Sebelum Menerapkan Diskon, Perhatikan 6 Strategi Ini! – Diskon dapat diartikan sebagai pengurangan harga langsung terhadap produk tertentu sehingga meningkatkan minat beli masyarakat yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian.
Seperti pengertiannya, memberikan diskon merupakan strategi yang cukup banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan. Selain untuk tujuan tersebut, diskon juga biasanya diberikan untuk menghabiskan stok atau memperkenalkan produk baru. Hal ini memang efektif karena mampu memberikan sugesti kepada konsumen bahwa produk tersebut memang lebih murah sehingga meningkatkan keinginan mereka untuk membeli.
Agar strategi diskon Anda berjalan lancar, maka dibutuhkan perencanaan dan perhitungan yang baik. Karena apabila salah penanganan maka bisa jadi strategi diskon ini malah menghilangkan keuntungan bisnis Anda.
Berikut ini beberapa strategi yang perlu dipahami dan ditempuh sebelum menerapkan diskon pada produk Anda.
Table of Contents
Memahami Psikologi Penetapan Harga Sebelum Menerapkan Diskon
Ketika sedang berbelanja, khususnya di swalayan, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa penjual memberikan nominal harga yang tidak dibulatkan. Penjual kerap menampilkan harga 99.999 dibandingkan dengan nominal 100.000.
Hal ini merupakan strategi psikologi marketing dalam penetapan harga yang memperhatikan faktor psikologis konsumen. Anda pasti mengetahui bahwa ketika membeli sesuatu, konsumen tentunya lebih memilih harga yang lebih murah. Dan angka 99.999 biasanya dianggap lebih murah karena tidak menyentuh angka 100.000. Hal ini tetap berpengaruh meskipun hanya selisih 1 rupiah saja.
Walaupun Anda sadar bahwa penggunaan angka tersebut hanyalah permainan harga saja, Anda mungkin akan tetap merasa terganggu dan akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan psikologi harga yang tepat sebelum menerapkan diskon sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Anda.
Menerapkan Strategi Impulse Buying Sebelum Menerapkan Diskon
Impulse buying merupakan mengubah daya tarik konsumen yang awalnya tidak berniat untuk membeli menjadi membeli. Atau bisa dikatakan juga pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya, ebrsifat spontan dan cenderung dipengaurhi oleh emosi konsumen.
Bagi penjual, khususnya toko ritel, tipe pembelian seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Karena memang porsi impulse buying cukup besar di dalam pembelian konsumen. Dan menurut statistik, 88% motivasi melakukan impulse buying adalah karena barang tersebut sedang diskon,
Anda bisa menerapkan strategi ini dengan meningkatkan visibilitas produk yang didiskon. Cara ini bisa ditempuh dengan memajang produk tersebut di bagian depan, seperti di dekat pintu masuk atau di sekitar kasir. Anda juga bisa mengaplikasikan warna-warna yang kiranya mencolok atau mudah dilihat, seperti kuning dan merah.
Strategi ini biasanya digunakan oleh toko ritel yang ingin menghabiskan stok produk lama. Namun, tetap bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan barang diskon, sehingga jangan lupakan cara ini sebelum menerapkan diskon.
Penentuan Persentase Diskon
Penjual yang menerapkan diskon dengan sistem persentase tidak melakukannya dengan sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan diskon agar produk yang dijual tetap mendapatkan keuntungan.
Biasanya penjual akan memberikan diskon dengan persentase kecil seperti 5% atau 10% untuk menarik pelanggan baru. Sementara angka persentase besar seperti 25% hingga 70% biasanya diterapkan untuk produk-produk lama yang berusaha untuk dihabiskan agar tidak menumpuk di gudang.
Berikan Syarat dan Ketentuan yang Mudah
Tujuan diberikannya diskon adalah agar konsumen tertarik membeli produk dan untuk meningkatkan penjualan produk. Sehingga syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan penjual, tetapi juga mempermudah konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membuat syarat dan ketentuan yang terlalu rumit.
Jangan menerapkan minimum pembelian yang terlalu banyak seperti lebih dari 10 kali. Dengan persyarat yang terlalu rumit tentu saja konsumen akan sulit untuk memenuhinya. Hal ini berakibat pada sedikitnya konsumen yang mengikuti program diskon yang Anda tawarkan.
Berikan Durasi Penggunaan Diskon
Agar konsumen segera membeli produk Anda, maka perlu adanya durasi penukaran diskon.
Dengan adanya batas waktu, maka konsumen akan merasa khawatir jika sampai kehilangan kesempatan mendapatkan diskon yang Anda tawarkan. Ddurasi penukaran diskon ini juga dibuat dengan pertimbangan. Jangan sampai terlalu lama, namun jangan pula dengan durasi yang terlalu pendek.
Untuk diskon yang cukup besar, Anda bisa memilih durasi yang cukup pendek. Sementara untuk diskon yang kecil bisa diberikan dengan durasi yang lebih lama. Hal durasi ini perlu diperhatikan sebelum Anda menerapkan strategi diskon pada produk Anda.
Lakukan Promosi Sebelum Menerapkan Diskon
Memberikan diskon tidak serta merta menarik banyak pelanggan jika tidak ada upaya pemberitahuan dan promosi.
Oleh karena itu, sebelum menerapkan diskon, pastikan langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan promosi agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan media-media lainnya yang sekiranya sering dijangkau oleh konsumen Anda. Anda juuga bisa membuat konsumen itu sendiri yang melakukan promosi.
Caranya dengan melakukan persyaratan untuk melakukan repost atau mengajak teman-temannya di media sosial agar mendapatkan diskon yang diinginkan. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mengetahui media sosial usaha Anda serta meramaikannya. Bagi Anda yang memiliki waktu, kemampuan serta modal yang lebih, bisa membuat desain grafis lalu mencetaknya atau membuat video menarik untuk disebarluaskan.
Itu dia beberapa strategi yang perlu dilakukan sebelum menerapkan diskon kepada konsumen. Perlu diingat pula bahwa harus ada perhitungan yang matang agar diskon yang diberikan tidak menimbulkan kerugian pada bisnis Anda. Anda dapat melakukan penyusunan strategi dengan menghitung biaya lebih mudah melalui software toko IPOS.
IPOS adalah software toko yang terintegrasi dengan akuntansi sehingga dapat membantu administrasi keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah, simpel, dan aman. Dengan IPOS, Anda bisa mengontrol budget dan menghitung biaya dengan akurat.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau