Segmentasi Pasar : Pengertian, Jenis, dan Manfaat Mengetahuinya – Segmen pasar adalah salah satu aspek yang penting dalam bisnis karena dapat memberi begitu banyak manfaat terhadap perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan suatu strategi untuk mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun dapat dijalankan dengan langkah tepat.
Namun ternyata masih banyak lho pebisnis yang belum mengetahui secara pasti segmentasi pasar dari produk yang mereka jual. Hal ini mengakibatkan masih banyak bisnis di Indonesia yang tetap berjalan namun tidak memiliki target fokus. Sehingga sumber daya yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia. Bagaimana dengan Anda? Sebagai pebisnis, apakah Anda mengetahui tentang segmentasi pasar?
Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui segmentasi pasar, mulai dari pengertian, jenis, dan manfaat ketika Anda mengetahuinya.
Table of Contents
Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar atau market segmentation merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi target pelanggan yang ingin dicapai dengan membagi kelompok konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, perilaku, demografi, prioritas, ataupun minat pelanggan yang ada.
Dengan adanya market segmentation ini, sebuah bisnis atau perusahaan dapat mengetahui target konsumen yang cocok dan sesuai untuk usaha yang dijalankan. Maka dari itu, dengan menggunakan market segmentation, target dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan hasil yang optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang tinggi.
Jenis-Jenis Segmentasi Pasar
Secara umum, terdapat lima jenis market segmentation, yakni segmentasi perilaku, demografis, psikografis, firmografis, serta geografis. Berikut penjelasan lengkapnya.
-
Segmentasi Perilaku
Jenis segmentasi yang pertama yaitu segmentasi perilaku mengacu pada pengelompokan konsumen berdasarkan tingkah lakunya terhadap produk bisnis yang ditawarkan, mulai dari sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, serta penggunaan produk terkait dari seorang pelanggan. Biasanya jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.
-
Segmentasi Demografis
Jenis lainnya adalah segmentasi demografis, dimana pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya.
-
Segmentasi Psikografis
Jenis segmentasi berikutnya adalah segmentasi psikografis yang lebih cenderung berhubungan dengan aspek psikologis pelanggan. Secara umum, pelaksanaan segmentasi ini cukup rumit lantaran Anda wajib memahami selera target konsumen secara mendalam.
Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan survei seperti pembagian kuesioner agar dapat mengetahui preferensi sebenarnya dari konsumen terkait, seperti gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan semacamnya.
-
Segmentasi Geografis
Jenis terakhir segmentasi pasar adalah segmentasi geografis, yaitu pengelompokan konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya. Segmentasi satu ini tentu tidak kalah penting dari lainnya mengingat kebutuhan maupun kegunaan suatu produk dan jasa selalu akan berbeda-beda tergantung pada lokasi, keadaan, maupun cuaca.
-
Segmentasi Firmografis
Selain keempat jenis segmentasi diatas, jenis segmentasi berikutnya adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan firmografis. Segmentasi firmografis dapat membantu perusahaan dalam memposisikan produk dan layanannya dengan mengumpulkan data untuk mengidentifikasi kondisi sebuah perusahaan.
Segmentasi firmografis juga dapat membantu perusahaan untuk menargetkan klien dan membuat produk yang sesuai dengan pasar mereka. Umumnya, segmentasi firmografis hanya digunakan oleh bisnsi atau perusahaan B2B (Business to Business).
Manfaat Segmentasi Pasar
Seperti penjelasan sebelumnya, segmentasi pasar memiliki peran penting bagi bisnis karena berbagai manfaat yang diberikannya. Adapun manfaat segmentasi pasar adalah sebagai berikut.
- Membantu memenuhi kebutuhan konsumen
- Mempermudah perusahaan mengatur produk maupun jasa yang ditawarkan
- Meningkatkan daya tarik konsumen
- Membantu perusahaan fokus terhadap kelompok target konsumen tertentu saja
- Membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis
- Membantu pemasaran menjadi lebih baik dan terarah
- Mempermudah perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran
- Meningkatkan daya saing bersama kompetitor
Menjalankan sebuah bisnis memang diperlukan berbagai tahapan dan strategi yang tepat. Salah satunya dengan melakukan segmentasi pasar yang bertujuan untuk mengidetinfikasi kebutuhan konsumen secara spesifik dan dapat mengikuti perubahan pasar yang bersifat dinamis.
Selain itu, pengelolaan bisnis secara otomatis juga dapat menjadi salah satu strategi efektif. Seperti dengan melakukan pencatatan dan pembuatan laporan penjualan secara otomatis, penginputan stok barang yang lebih mudah, dan juga pengelolaan dan pemantauan bisnis yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Semua itu bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi IPOS. Dalam hal ini, IPOS hadir dengan berbagai fitur unggulan sebagai solusi Anda untuk meningkatkan dan mengelola bisnis Anda secara efisien.
Tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini untuk merasakan kesempatan mengelola bisnis dengan mudah.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4