Strategi Bengkel Motor agar Ramai Pelanggan – Usaha bengkel motor menjadi peluang menjanjikan mengingat kendaraan motor yang sudah menjadi kebutuhan mobilitas masyarakat sehari-hari.
Setidaknya ada tiga jenis bengkel yang dapat dibuka untuk mulai membuka usaha. Diantaranya adalah bengkel yang melayani service motor secara umum dan menerima service ringan maupun berat segala merek motor, bengkel spesialis motor tertentu tanpa afiliasi dengan merek motor tertentu, dan bengkel motor custom yang melayani modifikasi motor.
Sama seperti jenis bisnis lainnya, Anda dapat mempelajarinya secara formal lewat sekolah, kampus, atau juga memelajarinya secara informal. Bahkan banyak orang yang berbisnis usaha bengkel motor diawali oleh hobi mereka terhadap dunia roda dua.
Jika Anda sudah memiliki background tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal dan strategi bisnis. Anda bisa melihat perkiraan estimasi modal yang perlu disiapkan untuk membuka sebuah usaha bengkel motor.
Baca juga : Modal Usaha Bengkel Motor, Berapakah Perkiraannya?
Table of Contents
Strategi Bengkel Motor agar Ramai Pelanggan
Memiliki lokasi strategis memang memiliki pengaruh besar terhadap ramai tidaknya bisnis bengkel. Selain lokasi strategis, ada cara lain yang dapat meningkatkan volume pelanggan agar bengkel ramai pengunjung, di antaranya :
Strategi Tentukan Konsep Bengkel Motor
Tentukan konsep bengkel apa yang ingin Anda buka. Apakah Anda ingin membuka bengkel motor tertentu seperti motor matic, motor sport, atau motor gede. Kemudian apakah Anda akan menerima jasa servis saja atau menerima layanan lain seperti modifikasi. Tentukan juga target market yang jelas.
Jika keahlian montir hanya bisa mengatasi permasalahan motor matic saja maka jangan paksa dia untuk menangani jenis motor lainnya. Selain berisiko, Anda juga akan mempertaruhkan reputasi bengkel menjadi lebih buruk.
Lebih baik Anda mempekerjakan montir yang memiliki keahlian di segala bidang. Anda juga bisa bekerja sama dengan seberapa montir dengan keahlian yang berbeda-beda. Semakin banyak pelayanan yang dapat diberikan, maka semakin luas target pasar Anda.
Penentuan konsep ini juga dapat berpengaruh pada besaran modal yang harus Anda keluarkan. Contohnya bengkel khusus moge memungkinkan membutuhkan lahan yang besar dan peralatan yang lebih khusus.
Promosi yang Tepat Sasaran
Promosi dapat dilakukan dengan memasang banner atau spanduk mengenai informasi promo yang ingin Anda tonjolkan agar menarik minat pelanggan. Misalnya pada musim tertentu, Anda dapat memberikan promo gratis cuci motor setelah pelanggan melakukan transaksi dengan jumlah tertentu di bengkel Anda.
Strategi ini dapat dilakukan secara berkala dengan keadaan bengkel motor Anda. Promo lain yang bisa dilakukan adalah pelayanan gratis untuk cek oli dan rem. Selanjutnya keputusan kembali pada pemilik kendaraan, apakah mau melakukan layanan selanjutnya atau tidak.
Dari contoh-contoh promo di atas bisa Anda kembangkan sendiri dan tentukan dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu Anda akan memperoleh pelanggan yang lebih banyak.
Penerapan Strategi Bengkel Motor dengan Kejujuran Mekanik
Banyak terjadi kasus penyalahgunaan pelayanan yang seharusnya tidak perlu. Sehingga pelanggan merasa tertipu karena mekanik menyarankan servis yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Padahal servis tersebut bisa dilakukan pada bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itu, peran dan kejujuran mekanik atau montir sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Banyak pelanggan yang tidak terlalu paham tentang seluk beluk mesin sehingga mereka pastinya membutuhkan tempat konsultasi bengkel yang jujur.
Sehingga berikan informasi yang jelas mengenai kondisi kendaraan, apa saja yang harus diperbaiki, kendala apa yang dialami jika tidak segera diperbaiki, dan kapan waktu yang tetap bagi pelanggan untuk mengganti sparepart.
Dengan melakukan strategi satu ini, pelanggan akan menggunakan jasa bengkel motor Anda kembali karena telah memberikan informasi yang tepat dan pelayanan yang terbaik.
After Service yang Baik
Kembangkan pelayanan Anda demi membangun citra bisnis yang baik. Mintalah data konsumen sebagai bentuk kepedulian usaha Anda.
Setelah perbaikan dalam waktu dua atau tiga hari, tanyakan kepada konsumen mengenai kondisi kendaraan pasca perbaikan melalui pesan singkat atau telepon. Dengan begitu konsumen akan merasa memperoleh kepedulian dari bengkel Anda, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Berikan Layanan yang Tidak Ada di Bengkel Lain
Lakukan riset di beberapa bengkel yang dekat dengan bengkel Anda. Apa saja pelayanan yang belum mereka miliki kemudian lakukan inovasi untuk membuat layanan yang berbeda dari bengkel-bengkel lainnya.
Misalnya membuat layanan antar jemput kendaraan atau servis di tempat. Strategi bengkel motor satu ini mungkin akan menarik lebih banyak pelanggan yang membutuhkan servis lebih cepat dibanding harus mendatangi bengkel Anda.
Cara lain yang dapat menarik hati pelanggan adalah memperbaiki kerusakan yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel lainnya.
Manfaatkan Komunitas
Saat ini banyak komunitas yang tergabung berdasarkan tipe motor. Untuk menarik minat banyak komunitas tersebut, terdapat strategi jitu yang bisa Anda lakukan yaitu aktif mengikuti komunitas motor tertentu.
Dengan begitu, Anda bisa memiliki koneksi yang luas. Jika Anda sudah aktif, Anda dapat dengan mudah merekomendasikan jasa bengkel Anda kepada semua anggota dari komunitas yang Anda ikuti. Berikan promosi atau layanan khusus bagi anggota yang melakukan perbaikan di bengkel Anda. Jika mereka puas, maka kemungkinan besar akan merekomendasikan bengkel Anda ke teman-teman lainnya.
Selain beberapa poin strategi di atas, perhatikan juga waktu perbaikan motor di bengkel Anda. Beberapa pelanggan tidak mau menunggu terlalu lama karena kendaraan akan digunakan. Berikan penjelasan kepada pelanggan mengenai waktu yang dibutuhkan mekanik untuk memperbaiki motor. Pelanggan akan memaklumi dan mengerti jika Anda memberitahunya dnegan baik dan sopan. Itulah beberapa strategi agar bengkel motor Anda ramai pelanggan.
Pastikan juga Anda menggunakan melakukan pembukuan dengan baik. Gunakan IPOS sebagai kan pilihan terbaik mengatasi masalah pembukuan. IPOS akan mencatat seluruh pemasukan serta pengeluaran dari bengkel. Sehingga segala bentuk pencatatan bisa Anda lihat dalam bentuk laporan keuangan yang rapih dan tepat.
Fitur-fitur keren IPOS siap bantu usaha bengkel motor Anda! Coba gratis IPOS di sini.
Transaksi Kasir Lebih Mudah & Efisien dengan Aplikasi IPOS
Untuk mendukung para pengusaha melakukan transaksi kasir dengan lebih mudah dan efisien, Aplikasi kasir IPOS adalah solusi yang tepat untuk Anda. Aplikasi IPOS adalah aplikasi kasir (Point of Sales) yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Akuntansi.
Fitur Aplikasi IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Aplikasi IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.
Coba gratis aplikasi IPOS disini.
Toko Lebih Modern dengan Komputer Kasir Berkualitas
Untuk mendukung para pengusaha menjadikan tokonya lebih modern, Trigonal menyediakan paket komputer kasir yang berkualitas. Silahkan mengontak Sales kami untuk berkonsultasi dengan klik tombol WhatsApp.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4