Strategi Blue Ocean dalam Perspektif Model Bisnis

Strategi Blue Ocean dalam Perspektif Model Bisnis

Strategi Blue Ocean dalam Perspektif Model Bisnis – Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, mencari peluang baru untuk tumbuh dan berkembang menjadi kunci keberhasilan. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah ‘Strategi Blue Ocean’. Artikel ini akan membahas konsep blue ocean dan bagaimana implementasinya membantu bisnis dalam menguasai wilayah pasar baru yang belum terjamah.

Definisi

Strategi blue ocean pertama kali diperkenalkan oleh W. Chan Kim dan Renée Mauborgne dalam bukunya mengusulkan ide bahwa perusahaan tidak harus bersaing dengan red ocean yang penuh persaingan. Sebaliknya, mereka dianjutkan untuk menciptakan “samuder biru” baru, yaitu ruang pasar yang belum terjamah oleh pesaing. Konsep ini menekankan penciptaan nilai yang unik untuk pelanggan, menghindari persaingan secara langsung, dan menciptakan ruang pasar baru yang lebih menguntungkan.

Strategi blue ocean merupakan metode ampuh untuk mengkaji kembali proposisi nilai dan model bisnis serta menggali segmen pelanggan yang baru. Bisnis Model Kanvas melengkapi blue ocean dengan memberikan “gambaran besar” secara visual yang membantu kita memahami bagaimana perubahan satu bagian pada model bisnis akan dapat memengaruhi komponen lainnya.

Untuk mencapai inovasi nilai, Kim dan Mauborgne mengusulkan alat bantu analitis yang mereka sebut Kerangka Kerja Empat Tindakan. Keempat pertanyaan kunci ini mempertanyakan logika strategi industry dan model bisnis yang telah dibentuk.

  1. Faktor apa saja yang dianggap sudah ada dalam industry yang harus dihilangkan?
  2. Faktor apa saja yang harus dikurangi sampai sedikit berada dibawah standar industri?
  3. Faktor apa saja yang harus dinaikkan di atas standar industry?
  4. Faktor apa saja yang harus diciptakan yang tidak pernah ditawarkan standar industri?

Selain inovasi nilai, Kim dan Mauborgne mengusulkan untuk mengeksplorasi kelompok non-pelanggan untuk menciptakan pasar yang tidak ada pesaing dan menangkap pasar yang belum tersentuh. Memadukan konsep inovasi nilai dari Kim dan Mauborgne dan Kerangka Kerja Empat Tindakan dengan Model Bisnis Kanvas menciptakan alat bantu baru yang sangat tepat.

Baca Juga :   Sebelum Menerapkan Diskon, Perhatikan 6 Strategi Ini!

Keuntungan Strategi Blue Ocean

  1. Peningkatan Profitabilitas : Dengan mengeksplorasi wilayah pasar yang belum terjamah, perusahaan memiliki kesempatan untuk menetapkan harga dengan lebih fleksibel, meningkatan profitabilitas, dan menciptakan nilai yang tidak dapat ditandingi oleh pesaing.
  2. Penghindaran Persaingan Langsung : Dengan memasuki blue ocean, perusahaan dapat menghindari persaingan langsung dengan pesaing yang ada. Hal ini seringkali dapat mengakibatkan perang harga dan penurunan keuntungan.
  3. Inovasi Produk dan Layanan : Strategi blue ocean mendorong inovasi. Perusahaan dihadapkan pada kebutuhan untuk menciptakan produk atau layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang unik, meningkatkan nilai perusahaan di mata konsumen.

Langkah-Langkah Implementasi Strategi Blue Ocean

  • Analisis Pasar dan Persaingan : Lakukan analisis menyeluruh terhadap pasar dan pesaing untuk mengidentifikasi segmen pasar yang belum terjamah dan peluang yang belum dimanfaatkan.
  • Inovasi Produk atau Layanan : Berfokus pada pengembangan produk atau layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan secara inovatif. Pertanyaannya adalah bagaimana bisnis dapat memberikan nilai tambah yang unik dan tidak dimiliki oleh pesaing.
  • Pemahaman Pelanggan : Pahami secara mendalam kebutuhan, keinginan, dan preferensi pelanggan potensial di dalam “samudera biru”. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai yang sesuai dengan harapan pelanggan.
  • Pengembangan Strategi Pemasaran : Buat strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produk atau layanan baru ke pasar. Fokus pada cara-cara yang membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Strategi blue ocean merupakan alat yang efektif untuk membantu perusahaan untuk menciptakan ruang pasar baru yang menguntungkan. Dengan beberapa strategi yang dilakukan, perusahaan dapat berhasil mengimplementasikan strategi ini dan berlayar ke “samudera biru” yang penuh potensi.

Kini, pengelolaan akuntansi manajemen menjadi lebih mudah dengan adanya Program IPOS yang sudah terintegrasi lengkap antara program akuntansi dan point of sales.

Baca Juga :   Modal Usaha : Mengenal Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya

Foto-Produk-IPOS

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan akuntansi lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis IPOS disini.

 

 

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off